Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Pakai Oli Motul 510 2T Pada Ninja RR

Hello Bro n Sis, Review oli Motul 510 2T Pada Ninja RR - Kali ini aku mau sedikit berbagi cerita menggunakan sepeda motor 2 tak, dimana khusus ke pemakaian oli samping. www.3835.info

Oli Motul 510 2T pada Ninja RR dari 3835info

Oli samping adalah salah satu yang membedakan mesin 2tak dan 4tak, selain isi bensin kamu juga butuh tambahan pelumas satu ini agar motor bisa berfungsi dengan baik.

Oli Motul 510 2T

Pelumas untuk oli atas ini di tujukan bagi kamu yang memiliki sepeda motor 2 tak dari pabrikan ternama motul.


Secara data ini oli sudah lebih di sempurnakan, mereka menyebut dengan istilah technosynthese Ester, selain itu berkat penyematan bahan tersebut standar oli sudah meningkat jadi Jaso FD dan API TC

Fitur Oli Motul 510 2T

Dari pabrikan menyebutkan jika penguna motor 2 tak yang pakai ini oli merasakan beberapa kelebihan seperti

Fitur oli Motul 510 2T Anti Smoke 

Hal ini karena adanya technosynthese jadi motor tidak ngebul banget, dari pemakaian aku sebotol sih merasakan asap lebih tipis

Yang suka motor ganteng simak Modifikasi Kawasaki Serpico 150 SE

Selain itu aroma oli lebih baik seperti sabun mandi tidak sangit.

Fitur Oli Motul 510 2T Premix atau Oil Injector

Ini yang aku suka, karena motor aku di modif tipis tipis dan tidak suka ribet aku pilih ini motor, bisa di pergunakan di tabung oli samping atau di campur ke tangki pensin

Dari pengalaman aku lebih baik saat beli bensin untuk perjalanan jauh kamu sedikit campur ke tangki agar lebih aman.

Cara Campur Oli Samping Motul 510 2T Pada Tangki

Bagi yang masih bingun seperti apa sih perbandingan saat campur oli samping ke tangki bensin? aku akan jelaskan bersadarkan data pabrikan ya

Menurut pabrikan rasio perbandingan adalah 2% atau 4% dari bahan bakar, atau 50:1, jadi setiap liter bahan bakar di kasi 20ml saja

Untuk mudahnya kamu bisa pergunakan takaran drop bayi atau anak anak, kan ada tuh alat ukurnya. mudah banget kok pakai.

Sedikit masukan dari aku jika pompa oli kamu masih aktif jangan pakai perbandingan ini ya, nanti bisa basah banget settingan.

Dampak jika terlalu basah adalah motor susah menyala. jadi dari pengalaman aku jika mau touring beli satu liter kasi 5-10ml saja, jika beli 5 liter jadi kasi 20-25 ml.

Spesifikasi Data Seat Oli Motul 510 2T

Mari kita simak data seat ini produk dan sesuaikan sendiri dengan kondisi motor kamu ya

Color: Green
Density at 20 derajat Celsius ASTM D 1298: 0.857
Viscosity at 40derajat celsius ASTM d445: 64 mm/s
Viscosity at 100 derajat celsius ASTM d445: 9.6 mm/s
Viscosity index ASTM D2270: 132
TBN ASTM D2896: 1.0 mg KOH/g
Flash Point ASTM d92: 122 derajat celsius

Dari data di atas bisa aku sampaikan info seperti viscosity atau keenceran oli saat suhu dingin adalah 64mm/s sedangkan saat mesin panas 9.6mm/s

Kemudian ada info flashpoint atau mudah di mengerti titik bakar hingga 144 derajat celsius. ini artinya oli masih bisa melumasi dan tak mudah terbakar hingga panas segitu.

Kelebihan Kekurangan Oli Motul 510 2T VS Ninja RR

Ini pengalaman aku pada si ZestfulX, motor 2 tak ninja rr yang sudah di rubah sedikit pada sektor radiator b pro almunium dan karburator BRT SF 28

Kelebihan Oli Motul 510 2T Pada Ninja RR

Yang aku rasakan pertama adalah settingan terkesan agak basah, aroma enak dan mesin tetap adem meski sering aku pakai perjalanan di Bali khususnya ke Gianyar Ubud dan ke Tabanan dari Denpasar.

Tarikan motor sangat responsif, open kips lancar, suara mesin lebih halus. 

Hal ini sangat bisa di tebak, sebab secara standar oli ini sudah di atas rata rata, jadi untuk mesin aku yang termasuk tipis tipis ubahan sudah baik banget.

Kekurangan Oli Motul 510 2T Pada Ninja RR

Setelah 2 tahun pemakaian mulai dari kondisi motor standar hingga sekarang ada ubahan di karburator aku nyaman saja dengan oli ini.

Cuma setelah pabrikan motul tidak mendatangkan langsung dari Perancis dan dialihkan produksinya termasuk rubah kemasan aku sedikit merasakan motor jadi susah di nyalakan.

Oli jadi sedikit lebih encer jadi settingan oli pun harus di rubah agar tidak basah, sebab jika aku tidak rubah ya rasanya basah settingannya. jadi untuk harian termasuk boros, so harus di setting ulang

Dari sisi Aroma juga kurang racing, memang identik dengan yang lama tetapi ini lebih keras gilu aroma sabun mandinya.

Yang penasaran lebih visual aku sudah buat juga dalam bentuk video di channel 3835info, selamat menyaksikan



Harga Oli Motul 510 2T

Berbicara banderol oli ini sangat bersaing, harga oli motul 510 2T adalah Rp 110.000 - Rp 125.000. mengapa aku uraikan kisaran, karena pastinya berbeda di daerah kamu.

Daerah Bali saja beda beda, tergantung toko yang jual apalagi beli di motul online shop kadang dapet gratis ongkir kadang tidak hehe.

Kesimpulan

Oli Motul 510 2T sangat rekomendasi untuk harian dan perjalanan jauh, dari sisi harga serta kualitas sudah sangat baik.

Cuma setelah kemasan baru dan di pindahkan produksinya aku merasakan agak sedikit encer dan wajib setting ulang pompa oli samping kendaraan agar tidak terlalu basah.

Review oli Motul 510 2T Pada Ninja RR - Untuk kamu yang hendak pilih oli kenali juga kendarana kamu jangan tergiur merek semata, cocok untuk kendaran mereka belum tentu untuk kendaraan kita juga.
Team Keneketo
Team Keneketo Content Creator Lifestyle, Technology and Automotive

1 komentar untuk "Pengalaman Pakai Oli Motul 510 2T Pada Ninja RR"

  1. Lihat ninja RR berasa wow...keren deh motor ini. Kalau pakai oli Motul 510 2T buat perjalanan jauh lebih nyaman kali ya...secara sudah lama nih gak dibonceng motor ginian hahaha

    BalasHapus