Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Karburator PWK dan PE

Hello Bro n Sis, Perbedaan Karburator PE dan PWK - Seiring perkembangan jaman akhirnya mekanisme penyalur bahan bakar beralih ke injeksi, piranti ini di pilih karena perawatan mudah, namun tak sedikit yang juga suka dan tetap mengulik generasi sebelumnya. www.3835.info

Perbedaan PWK dan PE

Karburator ada banyak jenis, rata rata di bedakan dari pabrikan yang memproduksi, tetapi dalam hal ini aku mau jelaskan type PE dan PWK, ini memang banyak banget pro dan kontra bagus mana? mari kita lanjut.

Karburator PWK

Kita mulai dari Karburator PWK, Apa sik arti kata PWK adalah kode atau merek yang di sematkan pabrikan dalam hal ini kawasaki KX dan yamahah YZ. mereka yang pertama memperkenalkan jenis ini

Ciri ciri Karburator PWK

Ok secara garis besar Karburator PWK ini memiliki ciri ciri skep setengah bulat atau hudup D besar dengan lapisan Chrome. Sangat diandalkan untuk respon sempurna dan flow lebih besar, jika untuk settingan lumayan mudah, diawali dari ukuran venturi 24-38 mm. 

Baca juga Mengenal Pilot Jet dan Main Jet

Dan karburator keihin pwk 28 ini berasal dari karburator bawaan kawasaki KX85 yang sudah dijadikan sebagai suku cadang asli. kalau dilihat dari luar, versi PWK mempunyai stelan langsam dan udara dibagian kiri.

Yang demen motor cakep simak nih Modifikasi Kawasaki Serpico 150 SE, duh benar benar menawan

Karburator PWK dilengkapi dengan Quads vens, yang bertujuan untuk mengurangi tenaga saat drop, bahkan dilengkapi dengan air strikers, agar bisa mengarahkan udara secara langsung menuju nosel utama, untuk membangkitkan sinyal dan juga respon gas.

Karburator PE

Yang kedua yaitu karburator PE, karburator ini sering menjadi idola roda dua lover untuk mengupgrade performa motor dan sangat berguna sebagai perangkat pencampur antara bensin dan udara menuju ruang bahan bakar, upgrade karburator menjadi cara yang tepat untuk menambah tenaga mesin. Sejuta umat lah sebab harganya lebih terjangkau

Pengertian Karburator PE adalah sebagai kode produsen kendaraan, dimana dalam hal ini oleh Honda NSR SP, mereka pertama kali memperkenalkan kode PE 28 untuk sepeda motornya.

Ciri Ciri Karburator PE

Secara garis besar ciri cirinya Karburator PE 28 adalah bentuk skep bulat, untuk lapisan sama seiring perkembangan sudah di Chrome.

Perbedaan Karburator PE dan PWK

Dari jenis skep ini sudah mulai kelihatan tujuan pabrikan membedakan bentuk skep ini. sekarang mari kita ulas apa sih perbedaan selain bentuk skep

Ini secara garis besar saja ya, sebab beda pabrikan pasti berbeda juga loh hal yang akan kamu dapatkan, tetapi paling tidak kamu bisa menentukan pilihan mau pakai PE atau PWK

Perbedaan Karburator PE dan PWK

No

PE

PWK

1

Bentuk Skep Bulat

Bentuk Skep Setengah Lingkaran

2

Akselerasi agak lambat

Akselerasi Lebih Baik

3

Top Speed lambat di capai

Mudah Capai Top Speed

4

Sisi masuk kurang landai

Sisi udara masuk sangat landai

5

Irit

Boros

6

Harga lebih Murah

Harga Lebih Mahal

Dari perbedaan di atas bisa di ketahui PWk lebih responsip akibat bentuk skep yang setengah lingkaran, ini artinya jarak ruang bakar dengan si karburator ini dekat, sehingga lebih responsif. Akselerasi lebih jos dan raihan top speed mudah di peroleh.

Pada bagian udara masuk bisa kita lihat PWK lebih landai sehingga udara masuk lebih banyak di banding PE yang banyak ada tonjolan yang menghambat udara untuk masuk.

Tetapi dari semua ini ada kok kelebihan dari PE yakni lebih irit bahan bakar di bandingkan PWK, Untuk kamu yang masih bingung ada tips dari aku dalam pilih Karburator PE atau PWK

Untuk memdapatkan performa harian yang butuh kencang dan irit pilihlah Karburator PE tetapi jika motor kamu khusus lintasan balap ya tentu pilih Karburator PWK.

Semua di sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai spek terlalu tinggi eh cuma di pakai untuk nongkrong saja, ya sangat mubasir pengeluaran kamu.

Seiring perkembangan jaman juga pabrikan memproduksi karburator yang makin sempurna dimana beberapa hal sudah di perbaiki.

Misal Karburator PE yang memiliki lubang aliran udara masuk yang sudah landai, mereka menyebut dengan istilah super flow. hal ini justru memberikan hal positif agar perfoema lebih maksimal.

Selain itu ada juga penambahan airjet atau power jet dimana saat putaran rpm tinggi ada penambahan bahan bakar sehingga membantu penambahan tenaga.

Kabar lain sejarah Ninja 2Tak Indonesia dan sejarah Yamaha RX Indonesia 

Ukuran karburator PE mulai dari 24 26 28 hingga 30 ada juga sekarang ukuran 32, sedangkan untuk Karburator PWK mulai dari 28, 30, 32, 34

Di bawah ini aku kasi gambaran sedikit bagaimana Motor 2tak ninjaku pakai karburator BRT SF 28, selamat menyaksikan


Dari ukuran ini kamu juga jangan salah pilih, sesuaikan dengan kubikasi atau cc motor, misal motor kamu 150cc pakailah ukuran karburator di bawah 28.

Sedangkan jika kubikasi motor kamu 200cc ke atas maka pakai ukuran karburator di atas 28. 

Apapun jenis motor kamu karburator 2tak ataupun karburator 4tak sama saja, pabrikan sudah menyiapkan lubang aliran oli samping juga kok.

Perbedaan Karburator PE dan PWK - Semoga memberikan masukan buat kamu yang sedang memilih, ingat sesuaikan dengan kebutuhan, happy modifikasi.

Team Keneketo
Team Keneketo Content Creator Lifestyle, Technology and Automotive

Posting Komentar untuk "Perbedaan Karburator PWK dan PE"