Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Kawasaki Ninja 2 Tak 150cc Indonesia

Hello Bro n Sis, Sejarah Kawasaki Ninja 2 Tak 150cc Indonesia - Ini merupakan hasil semadi setelah di zestfulx nama panggilan motor kawasaki ninja 150RR CBU di lakukan mani pedi hehe. Penasaran saja dengan sepak terjang gen hijau di segmen satu ini. www.3835.info

kawasaki ninja 150RR CBU Indonesia Hijau 2006

Saat itu generasi motor sport masih di kuasai oleh Suzuki serta yamaha dengan rentetan motor sport naked dan fairing mereka, suzuki misalnya oleh RGR dan yamaha dengan RX Series nya.

Sejarah Kawasaki Ninja 2 Tak 150 cc Indonesia

Tahun 1996 kawasaki mulai terjun di kelas sport dengan model yang pada kala itu mirip dengan honda tiger tetapi mesin 2 tak bernama ninja

Kawasaki Ninja 150

Pertama kali di perkenalkan tahun 1996 sport naked yang lebih ramping di banding honda tiger. lampu sama sama bulat tetapi pilihan velg masih jari jari.

Berbekal velg jari jari ini tenaga mesin makin terlihat apalagi tampilan motor makin keren dengan rangka mengkotak. Selain itu bagian teromol juga tak kalah keren

Teromol ninja 150 jaman tersebut banyak di gunakan untuk modifikasi, tampilannya out of date dan mengesankan bobot ringan.

Kawasaki Ninja 150 R

Setelah itu, dengan respon baik dari biker tanah air, tahun 1997 kawasaki juga memperkenalkan edisi Sport nya, dimana di tambah embel embel R pada belakang angka 150.

Ubahan yang paling mencolok adalah pengaplikasian Velg palang atau racing, depan berukuran 18 inchi dan belakang 17 inchi.

Kawasaki Ninja 150 R VR

Selain itu di tahun 1998 juga di perkenalkan edisi cafe racer mungkin lebih tepatnya ya, karena di bagian lampu depan ada semacam fairing.

Ya karena di jaman itu yamaha juga menyerang dengan RX-Z nya, jadi ya pertarungan ketat di kelas ini. di tambah lagi adanya stiker membuat tampilan lebih racing.

Kawasaki Ninja 150RR 

Setelah sekitar 4 tahun melanglang buana akhirnya segmen sport fairing juga turun di hadirkan, sekitar tahun 2002 sampai dengan 2006 dengan kondisi build up dari negeri tetangga.

Designya hingga tulisan ini aku buat tahun 2021 tak lekang oleh jaman, masih sangat keren bahkan sudah sangat layak bersanding dengan motor jaman now.

Mengenal CDI Ninja 150 RR

Ada dua jenis motor kala itu, penyebabnya bukan hanya kawasaki Indonesia KMI saja yang bawa tetapi importir umum juga melakukannya. jadi ada dua perbedaan dokumen penyerta, penjelasannya sebagai berikut

Ninja ZX150RR atau ZX KRR dengan Ninja 150RR CBU

Importir umum memboyong ini motor dengan keterangan di dokumen seperti STNK dan BPKB termasuk faktur dengan istilah ZX 150

Sedangkan KMI memboyong ini motor juga dalam kondisi build up dengan dokumen penyerta STNK dan BPKB namanya KR 150K

Dari sisi motor sama saja, mesin sama, posisi nomer rangka sama, yang membedakan secara tampilan adalah stiker dan warna velg.

Stiker pada body untuk ZX 150 bertuliskan KRR bagian fairing dan pada bagian belakang bertuliskan ZX berwarna Emas

Untuk motor yang di import KMI stiker pada fairing bertuliskan Ninja dan di bagian belakang ada tulisan RR dengan warna sama sama Gold atau emas.

Selain itu ada perbedaan warna velg serta untuk yang di datangkan KMI ada lampu senja sedangkan yang di bawa importir umum tanpa lampu senja.

Perbedaan lain tentu pada harga, dari importir umum harga lebih mahal sedangkan untuk sepeda motor dari KMI harga lebih murah. Hal ini wajar karena importir juga ada yang ambil di KMI ya ujung ujungnya cuan juga.

Pihak KMI dan Importir umum ada sedikit kesepakatan tak tertulis dimaka untuk membedakan hal itu ada pada dokumen dan hal yang sudah aku uraikan di atas tadi.

ZX150RR atau Ninja 150RR CBU memiliki design snagat sporty, rangka teralis atau membulat, suspensi mantul depan dan belakang. termasuk pengereman depan dan belakang sudah cakram.

Kawasaki Ninja 150RR Old atau CKD

Oleh karena banyak peminat akhirnya pada akhir tahun 2006 tepatnya bulan November di ajang pameran otomotif di Jakarta kawasaki kenalkan Ninja 150RR buatan dalam negeri atau istilahnya CKD dimana ciri mereka adalah warna khusus Orange serta blok silinder berkode 1855.

Jadi Untuk kamu yang memiliki motor dengan kode yang sama tetapi tahun pembuatan di bawah 2006 bulan november itu artinya motor kamu adalah ZX atau CBU dengan kode blok silinder 1878.

Kawasaki Ninja 150 R type L M dan N

Selanjutnya di type naked kawasaki juga memberikan beberapa pilihan sesuai kebutuhan dan gaya pengendaranya, berikut beberapa keterangan yang bisa aku jabarkan ke kamu

Ninja 150R type L adalah penyegaran dari ninja 150R VR, bagian cover lampu depan di benahi modelnya. Bagian body ada tulisan Ninja R, di produksi hingga akhir 2015

Ninja 150R type M penyegaran stiker velg masih jari jadi identik banget dengan generasi pertama hanya perubahan stiker di produksi hingga akhir 2011

Kabar lain Kelebihan dan kekurangan Ninja 150RR Indonesia, atau mengenal Ninja 150RR CBU

Ninja 150R type N atau lebih di kenal dengan istilah Ninja 150 SS di produksi hingga 2015 dan merupakan naker 150 2 tak yang paling di minati. Cirinya sudah velg racing, lalu pakai stang jepit.

Kawasaki Ninja New 150RR

Akhirnya di tahun 2012 kawasaki melakukan penyegaran bentuk sprt fairing 2 tak mereka yang berkubikasi 150cc ini, secara design sih bagus.

Bedanya bagian mody lebih meruncing, kembali lagi ke selera untuk hal ini. rangka mesin sama dengan Ninja 150RR CKD dengan kode 1855. dan di produksi hingga 2015

Pemberhentian produksi ninja 150 series ini karena aturan pemerintah untuk sepeda motor baru yang di jual harus memenuhi aturan gas buang EURO 3 ke atas. jadi gagal deh motor 2 tak memenuhi hal tersebut.

Beruntunglah kamu yang masih punya unitnya di rumah, apapun itu ini motor memang super, perawatan simpel dan begitu lewat semua mata akan memandang.

Apalagi jika kamu memiliki unit 2002 sampai 2006 sebelum kawasaki Indonesia memproduksi Ninja 150RR, itu motor jumlahnya terbatas loh, kode silinder blok 1878 dan tahun bembuatan atau perakitan di bawah November 2006.

Sejarah Kawasaki Ninja 2 Tak 150cc Indonesia - Sekian dulu semoga memberikan sedikit gambaran sepak terjang si geng hijau untuk mesin 2 tak di tanah air.

Post a Comment for "Sejarah Kawasaki Ninja 2 Tak 150cc Indonesia"