Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

Hello Bro n Sis, Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham - Menanam modal bisa di lakukan siapa saja dalam bentuk bermacam macam, salah satu yang akan kita ulas kali ini asalah Surat berharga yang di jual belikan pada Bursa Efek Indonesia, Seperti apa sih lika liku kepemilikan dan nilai tambah yang akan di dapatkan. www.3835.info

Kelebihan dan kekurangan Saham

Sebagai salah satu instrumen menyimpan dana keberadaan saham memang tak semua orang melirik, ada beberapa faktor yang sudah melekat di masyarakat jika saham membuat rugi dan bahkan ada yang lebih ekstrim menyatakan jika ini bukan menyimpan dana melainkan bakar duit. Apakah benar seperti itu? Mari kita uraikan nilai tambah hingga sisi yang harus kita hindari ketika membeli saham.

Kabar pilihan yang wajib di simak antara lain

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita ketahui dulu pengertian Saham Adalah Surat berharga sebagai bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau penyertaan modal, dimana pemiliknya berhak atas klaim penghasilan dan kekayaan Perseroan Terbatas

Kelebihan dan Kekurangan Saham

Menyimpan uang dalam surat berharga yang paling aman mungkin pada kebanyakan orang adalah berupa deposito di Bank pemerintah. karena nilai di bawah 2 M akan di jamin, tetapi nilai imbal balik kurang besar rata rata 4.5 % sampai dengan 6 % Setahun, belum lagi di kurangi pajak hampir 20%. 

Memilih Deposito ini benar benar menyimpan menurut aku, bukan ingin meningkatkan uang. Pilihan lain untuk mengembangkan uang kini sudah ada yakni surat berharga yang bernama Saham

Kekurangan Saham

Di bawah ini adalah beberapa hal yang aku temui dan apabila tak paham akan merasakan kekurangan atau keburukan dari memilih saham untuk menyimpan uangnya

  1. Resiko dan Keuntungan Besar - Ini yang paling tertanam dalam benak masyarakat jika saham itu memiliki potensi kerugian besar meskipun keuntungan juga besar.
  2. Harga Tak sesuai Harapan - Saham ini sangat mudah di cairkan, harga berubah tiap detik, jadi beberapa investor saat menjual sahamnya kadang nilai tak sesuai dengan apa yang di inginkan.
  3. Lepas Kontrol - Karena pemilik modal sibuk jadi lupa memiliki saham yang harus minimal di pantau, jadi mereka beranggapan kerugian sudah di depan mata.
  4. Emosi - Harga saham dapat dengan mudah kita ketahui naik maupun turun, jika emosi tak stabil maka akan jantungan memang.
  5. Pola Pikir Salah - Ini kekurang para penanam modal yang menyatakan saham itu pasti merugikan, mereka berhitunug dalam waktu singkat dan terkadang terlalu berharap untung besar dalam waktu singkat.

Kelebihan Saham

Aku akan uraikan beberapa nilai tambah buat kamu yang ingin investasi saham antara lain

  1. Keuntungan yang berkesinambungan - Bukan hanya keuntungan nilai jual dan beli, saham juga memberikan keuntungan berupa Deviden 
  2. Mudah Di Cairkan - Kamu tak harus mencari jasa jual dan pasang iklan, karena sudah ada di sediakan Bursa tersendiri dalam jual maupun beli
  3. Tak butuh Karyawan - Kamu tak perlu menggaji karyawan, untuk menjalankan usaha.
  4. Tanpa Perawatan - Selain itu tak ada biaya perawatan, misalnya gedung, ataupun kendaraan operasional
  5. Bebas Pajak - Saat kamu memiliki Saham kamu tak akan di kenai pajak, pajak akan di kenakan saat jual maupun saat beli, itupun nilainya sangat kecil.
  6. Harga Saham Sangat Terbuka - Sebagai pemilik saham kamu bisa dengan mudah mengetahui nilai saham kamu, karena sangat terbuka kepada publik.
  7. Mendapatkan Deviden - Ini adalah nilai tambah utama, kamu akan memperoleh penghasilan sesuai nilai yang kamu tanamkan.

Setelah mengetahui kekurangan saham, sebagai seorang investor tentunya kamu sudah mulai terbayangkan apa tindakan pencegahan, supaya uang yang kamu tanamkan itu dapat bertumbuh dan menghasilkan.

Resiko pasti akan selalu ada dalam pengelolaan uang, jangan kira menyimpan uang di bank dalam bentuk tabungan atau deposito tanpa resiko, Memang resiko pengurangan nominal tak ada, tetapi ada sebuah masalah yang muncul yakni Inflasi pada duit kamu.

Selain yang sudah aku uraikan di atas ada juga yang harus kamu ketahui dari kepemilikan saham ini, misal perusahaan tempat kamu menanam modal ini tutup alias gulung tikar apa yang akan terjadi? dana hilang?

Jika perusahaan tutup maka perusahaan akan menjual aset kemudian membayar hak haknya seperti karyawan yang di berhentikan dan sisa hutang. sisanya barulah akan di bagikan ke para penanam modal.

Masyarakat umum mengenal saham masih setengah setengah, mereka memahami hanya dari para broker yang hanya mengejar trading harian.

Trading harian inilah yang membuat emosi pemilik modal meningkat, Harga pasar itu sangat berirama naik maupun turun.

Saran dari aku sebagai penanam modal kamu kudu cermat menilai saham yang akan di beli, jangan tergoda keuntungan sesaat. Kamu harus paham Market Capitalization sebuah perusahaan

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham - Bukan hanya dalam hal surat berharga kamu di harapkan memahami tempat kamu menginvestasikan dana, jangan hanya tergiur hasil yang tinggi semata. Be Smart For Your Invesment.

Team Keneketo
Team Keneketo Content Creator Lifestyle, Technology and Automotive

10 komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham"

  1. Segala sesuatu pasti ada kelebhan dan kekurangan ya, Mas. termasuk saham ini. Jadi memang harus dipilih saam yang pas dan sesuai untuk kita. Pastinya, biar hasilnya maksimal, harus dipelajari juga saham yang dipilih itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, bahkan tiap equity memiliki nilai lebih dan kelemahan juga, kudu benar benar di analisa

      Hapus
  2. Saham memang sebaiknya untuk investasi jangka panjang. Seperti saat pandemi ini banyak saham yang harganya terpuruk jadi tantangan juga buat investor untuk terus tetap mempertahankan atau melepasnya.

    BalasHapus
  3. Saham ini memang menguntungkan. Kerabat dekatku bikin rumah ratusan juta hanya dengan menjual saham-sahamnya. Tapi aku belum berani sih. Sepertinya terlalu beresiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuaikan invertasi dengan target masa depan dan kebutuhan juga kak, salam berinvestasi

      Hapus
  4. Saham selalu sifatnya high risk high return begitu juga sebaliknya.

    Klo mau invest saham beneran harus belajar dulu teknikal dan fundamentalnya saham biar ga salah kaprah ya mbakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo i kak, jangan sampai terjebak rayuan para broker, dan cepat panik dimana justru membuat kita menjadi rugi

      Hapus
  5. Pengen banget nih nyemplung ke dunia saham tapi masih kurang ilmu dan kurang pergaulan dengan para pengguna sehingga infonya terbatas.

    BalasHapus
  6. Huhuhu ngomongin saham, aku jadi prihatin dengan saham yang sudah terbeli
    Karena sekarang bingung juga investasi apa

    BalasHapus
  7. Saham ini sebelum memulai memang perlu dipelajari dahulu ya, aku pernha baca kalau mau invest saham itu dipentingin dulu tabungan dan dana darurat baru saham krn masuknya ke jangka panjang dan perlu kehati2a

    BalasHapus