Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Market Capitalization

Hello Bro n Sis, Market Capitalization - Untuk kamu yang bergerak di bidang ekonomi pastinya sudah tak asing pada Istilah satu ini, tetapi bagi kamu yang berkunjung ke sini pastinya adalah seorang yang hendak pindah dari zona pegawai ataupun dari zona profesional ke zona Investor. www.3835.info

Market Capitalization


Aku ucapkan selamat datang pada zona dimana kamu akan menempatkan modal kamu dan duit berkerja untuk kamu, dan ini adalah sebuah proses panjang dari sebelumnya bekerja dari pagi hingga sore terkadang hingga malam. Pada area ini kamu harus jeli menempatkan uang, ingat ini bukanlah area uji coba melainkan berdasarkan analisa Kapitalisasi Pasar.

Benar banget, sebelum kamu mempercayakan uang yang kamu miliki ke perusahaan resmi yang ada di negeri ini ada baiknya kamu analisa bagaimana tekni dan fundamental termasuk sejarah minimal 5 tahun belakangan. Salah satu teknik dalam menilai perusahaan Go Publik adalah dengan menghitung Market Capitalization atau sering di sebut Market Cap.

Pengertian Market Captitalization atau Kapitalisasi Pasar

Market Capitalization Adalah Nilai total suatu perusahaan yang sudah go public, Harga sebuah perusahaan bisa kita hitung dari jumlah lembar saham yang beredar dikalikan dengan harga saham pada lantai bursa berjalan. Dari jumlah tersebut dapat kita ketahui bagaimana gambaran suatu bisnis yang di jalankan.

Cara Menghitung Market Capitalization - Mungkin kamu akan bertanya bagaimana sih cara mengetahui kapitalisasi pasar? Cukup mudah dimana kamu tinggal mengalikan nilai per lembar saham dengan jumlah saham yang beredar.

Aku akan urai satu per satu ya mengenai Cara Mengetahui Harga Saham Per Lembar up to date sebuah perusahan yang sudah Go Public. Jika kamu seorang investor kamu dapat mengetikkan pada kolom pencarian di aplikasi sekuritas. Tetapi jika kamu calon investor kamu bisa ketik di mesin pencariharga saham perusaan 3835info hari ini misalnya. Harga otomatis akan muncul.

Lalu bagaimana dengan Cara Mengetahui Jumlah Saham Yang Beredar? Hal ini memang sedikit membutuhkan kepercayaan dalam mengakses, jika kamu investor kamu bisa dengan mudah mengetahui dari aplikasi tetapi jika tidak kamu tetap bisa mengetahui gambaran secara umum dari mesin pencari. karena setiap tahun perusahaan yang go public harus mempublikasikan laporan mereka.

Langkah terakhir adalah dengan mengalikan harga perlembar saham dengan jumlah saham beredar, nilai akan muncul dan inilah yang di sebut dengan Market Capitalization. 

Contoh Nilai Kapitalisasi Pasar 

Aku berikan sebuah ilustrasi ya, misal perusahaan 3835info tbk sudah IPO dan memiliki 10 juta lembar saham, harga perlembar adalah IDR 10.000. dengan mengalikan jumlah saham dengan harga saham maka di peroleh harga IDR 1 Triliun. 

Kabar menarik lain jangan sampai terlewatkan adalah 

Angka sebesar 1T ini di pergunakan oleh investor lain guna mengambil keputusan entah itu mau menanamkan modal atau akan mengakuisisi perusahaan tersebut secara utuh. Info lain harga 1T bukanlah mencerminkan nilai penjualan, laga atau rugi hingga aset perusahaan loh ya. Harga ini hanyalah bobot sebuah Perusahaan.

Jadi jika kamu ingin mengambil alih secara utuh nih perusahaan kamu cukup membayar sejumlah IDR 1T sesuai dengan Kapitasisasi Pasar. Atau jika tak ada dana sejumlah itu kamu bisa membeli lembar saham sesuai keinginan, jadi dengan memiliki saham otomatis saat pembagian deviden kamu juga berhak mendapatkan.

Faktor Yang Mempengaruhi Market Capitalization

Berdasarkan uraian di atas maka ada beberapa hal yang menyebabkan nilai kapitalisasi pasar sebuah perusahaan naik maupun turun, Tetapi secara umum ada 2 yang mempengaruhi yakni Harga saham per lembar dan Jumlah Saham yang ada di publik.

Dua hal ini memiliki faktor penemtu juga sesuai dengan kondisi, Seperti misalnya harga per lembar saham akan senantiasa berfluktuasi setiap harinya, kadang naik kadang turun seperti yang sudah aku jabarkan di atas, Begitupun dengan jumlah saham di masyarakat pasti ada perubahan.

Jika kamu hendak membeli saham kamu harus memiliki target dan pahami modal yang kamu miliki, sesuaikan dengan klasifikasi pasar berikut aku berikan sedikit info perusahaan yang sudah di bagi berdasarkan kapitalisasi pasarnya

Jenis Market Capitalization Berdasarkan Nilai 

Perusahaan yang sudah Go publik memiliki kontrol ketat dari pemerintah, sebab sebelum mereka berhak menerbitkan dan menjual saham di pasar mereka harus memenuhi beberapa kreteria, berikut perusahaan yang kapitalisasi pasarnya sudah aku uraikan berdasarkan nilai

Market Capitalization Small | Small Caps memiliki nilai $300 juta sampai dengan $2 Milliar di klasifikasikan dalam perusahaan dengan Kapitalisasi pasar kecil - Ada beberapa faktor mengapa nilainya kecil, bisa lantaran sebagai perusahaan baru, Sebagai penanam modal kamu harus jeli melihat bagaimana masa depan atau manajemen ini perusahaan. Bukan berarti jelek, mereka adalah pendatang baru, dan semua perusahaan yang sekarang besar juga awalnya melewati tahap ini.

Market Capitalization Midle | Midle Caps memiliki nilai $ 2 Miliar dampai dengan % 10 miliar di sebut kelas perusahaan menengah - Ini merupakan perusahaan yang sudah lebih mapan dan lebih berpengalaman, Sedang naik naiknya, tetapi tetap kamu kudu teliti dalam membeli saham. Perusahaan pada tahap ini sedang gencar gencarnya melakukan terobosan usaha.

Market Capitalization Big | Big Caps atau Blue Chip memiliki nilai di atas $10 miliar di sebut perusahaan ber kapitalisasi besar - Selain karena usia yang sudah lama, perusahaan jenis ini menjadi merek di setiap segmennya. misalnya Apple, Microsoft dan jika di tanah air contohnya Telkom, Gudang Garam.

Kesalah Paham Market Kapitalization  

Sebagai seorang investor yang hendak membeli lembar saham ini merupakan salah satu acuan saat membeli, Tak ada jaminan jika sebuah perusahaan yang memiliki Market Cap baik harga sahamnya tak pernah turun, Namanya di pasar harga pastinya akan naik turun sesuai permintaan dan penawaran dan masih banyak faktor lainnya.

Keadaan politik dan beragam informasi dari luar negeri juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi harga saham per lembarnya. Yang pasti jika saham dengan kapitalisasi pasar besar nilainya naik atau turun akan mempengaruhi nilai indek bursa saham negara setempat. 

Fungsi Market Capitalization 

Apa sih  manfaat atau tujuan kita dalam mengetahui nilai sebuah perusahaan? Ini sangat erat kaitannya bagi seorang investor maupun bagi perusahaan itu sendiri

  1. Strategi perusahaan - Jika kamu memiliki usaha pastinya kamu juga menganalisa dong bagaimana perusahaan kamu di bandingkan pesaing, dari nilai kapitalisasi pasar kamu dapat menentukan strategi kedepan
  2. IHSG - Market Caps juga sangat berpengaruh ke indek pasar modal negara dalam hal ini jika di Indonesia bernama IHSG Indeks Harga Saham gabungan, Sebuah perusahaan besar atau Bluchips misal jika harga perlembar naik atau turun juga akan berpengaruh ke nilai indek secara menyeluruh
  3. Investor - Acuan bagi seorang investor dalam membeli saham, baik buruknya sebuah usaha salah satu indikatornya adalah dari nilai kapitalisasi pasar ini.

Kesimpulan 

Market Capitalization merupakan salah satu indikator bagi seorang investor dalam mengambil keputusan, baik itu akan membeli ataupun jika sudah memiliki akan menjual di pasar modal.

Sebuah perusahaan yang memiliki pengelolaan baik tentu memiliki nilai Kapitalisasi pasar yang tinggi, Nilai Market Capitalization di pengaruhi oleh dua indikator yakni harga saham perlembar dan jumlah saham yang beredar.

14 comments for "Market Capitalization"

  1. Market Capitalization istilah baru buat aku nih, baru tau sekarang pengertiannya. Jadi semacam menanamkan modal gitu ya di perusahaan yang sudah go public.
    Harus tau ilmu lebih dalam lagi ya untuk mengetahui jumlah saham yang beredar juga, masih belum mengerti tentang investasi saham soalnya

    ReplyDelete
  2. Aku ga ada latar belakang ekonomi dan baru mengenal tentang market capitalization akhir-akhir ini. Tapi sekarang sudah ada gambaran umum tentang market capitalization. Ternyata bahasan dalam saham dan perusahaan itu banyak juga ya. Salut banget sama orang-orang yang paham sama hal ini.

    ReplyDelete
  3. Ini memang perlu sekali ya, Mas. Selain untuk mengetahui nilai perusahan sendiri, juga bagi investor yang ingin membeli saham perusahaan itu, lebih jelas dan mendetail. Baca psotingan Mas Manik pengetahuan saya seputar saham jadi bertambah.

    ReplyDelete
  4. Penting banget berarti ya untuk mengenal market capitalization sebuah perusahaan sebelum menentukan kita akan menginvestasikan dana di sana atau tidak

    ReplyDelete
  5. Market Capitalization ini penting bangst dipelajari sebelum ikutan beli saham dsri perusahaan yang disasar ya. Banyak banget yang perlu dipertimbangkan kalau mau main saham ya.

    ReplyDelete
  6. Masalah saham sebenarnya saya masih kurang mengerti nih mbak, sepertinya memang harus banyak belajar mengenai saham ya apalagi di zaman sekarang

    ReplyDelete
  7. beberapa bulan lalu, aku selalu mendengar istilah "market cap" tapi ngga paham maksudnya. Hihi

    Ternyata market capitalization. Istilah ini aku temui di situs-situs baru yang menawarkan investasi dalam bentuk koin digital.

    ReplyDelete
  8. Baru tercerahkan dengan istilah market capitalizaton. Hal yang penting diketahui apabila ingin berinvestasi dalam bentuk saham ya...

    ReplyDelete
  9. Ehk, aku seperti ikut kuliah Ekonomi 3 SKS :D Kalau mau investasi saham tapi nggak mau repot ngikutin fluktuasi harga saham, bisa pakai manejer investasi kan ya?

    ReplyDelete
  10. menganalisa pasar ni, apakah bisa dipelajari dari buku atau YouTube, ataukah akhirnya memang orang yang memiliki intuisi bagus lah yang memang berbakat jadi analis pasar?

    Aku tuh masih takut lho mas, kalau mo belajar tentang saham begini.

    ReplyDelete
  11. Jadi market capitalization itu melepas saham buat dibeli publik gitu ya Mas? Aku auto ingat film Wolf of Wallstreet pas tokoh utama dibohongi soal usaha sepatu yang ternyata ga bermutu hehe. Dari film itu belajar banget soal bisnis.

    ReplyDelete
  12. Wah, istilah baru nih Market Capitalization. Baru tau juga Market Cap ini jadi acuan investor dalam investasi saham

    ReplyDelete
  13. Kalo udah masuk ke fase 'duit' yang bekerja untuk kita, dahlah tinggal nikmatin hidup banget itu. Tapi sayangnya untuk bisa sampai ke fase ini, harus ada pengorbanan dan usaha yang tidak sedikit.

    ReplyDelete
  14. Awal baca kirain istilah d sosiologi atau apa gt wkwkwk ternyata untuk salah satu penentuan apabila kalau mau invest. Itupun baru satu pertimbangan, bener2 kudu emang udah matang kalau mau k ranah saham ya

    ReplyDelete