Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung Saham Untuk Pemula

Hello Bro n Sis, Cara Menabung Saham Untuk Pemula - Selamat datang aku ucapkan ke rekan rekan yang mampir di postingan ini, aku yakin kamu nyasar di sini lantaran ingin menambah pengetahuan termasuk mengatur keuangan selain model yang umum di kenal banyak orang. www.3835.info

Cara Menabung Saham

Sejak sekolah kita hanya di suruh rajib menabung tetapi tak di jelaskan secara spesifik jenis tabungan apa yang bisa paling tidak mempertahankan nilai atau menjaga kepemilikan kita agar aman dan tentu saja bertumbuh, dan pada tulisan kali ini kita mau mengulas Saham

Kabar pilihan yang wajib di simak adalah

Mungkin sebagai pemula kamu bertanya bagaimana cara membeli saham, dimana tempatnya, apakah di daerah aku ada, berapa nominal paling rendah dan lain sebagainya. Ok kita ulas satu per satu dan disini aku hanya berbagi pengalaman, dan bukan sebagai Dosen. serta pastikan kamu memiliki keinginan kuat dalam menyimpan dana bukan sekedar cari keuntungan sesaat.

Dimana Membeli Saham

Kita bahas mulai dari lokasi dimana kamu bisa mendapatkan saham, kamu tak harus ke Jakarta, kamu cukup ke perusahaan securitas di daerah kamu atau di kota kamu, bisa juga di sebuah bank nasional yang memiliki securitas. 

Pada perusahaan tersebut kamu membuka akun atau nomer rekening, dan silakan isi rekening tersebut secara berkelanjutan entah itu setiap minggu ataupun setiap bulan. 

Setelah rekening terisi barulah kamu mulai menabung saham dengan jalan membelikan nominal yang sudah kamu miliki itu dengan saham sesuai dengan harga pasar saat itu. Jadi uraian detailnya adalah sebagai berikut

Cara Menabung Saham Untuk Pemula

Simak langkah langkah ini agar kamu tak bingung dan merasa ribet, beberapa data di kumpulkan lantaran ini resmi dan untuk hak kepemilikan agar tak salah orang

Buka Rekening Saham 

Ini adalah rekening khusus yang kamu pergunakan untuk transasi saham, kamu membukanya berdasarkan rujukan dari perusahaan sekuritas. Tips dari aku pilihlah sekuritas yang terkemuka dan fee nya rendah. Sebab setiap transaksi baik jual maupun beli akan ada biaya fee. tanyakan supaya kamu tak menyesal di belakang.

Beberapa syarat pembukaan rekening Saham atau Efek ini antara lain KTP atau Pasport, lalu NPWP, Buku tabungan, Kartu keluarga dan Materai. 

Top Up Dana Ke Rekening Saham

Setelah rekening kamu selesai biasanya membutuhkan 1 minggu, termasuk kamu akan di berikan nomer Identitas untuk trading. Maka kamu sudah bisa menambahkan dana, kamu tak harus tajir melintir untuk membeli saham, lakukan secara berkelanjutan. 

Instal Aplikasi Saham di Komputer atau Smartphone kamu

Kamu akan di berikan aplikasi untuk bertransaksi, kamu bisa instal di HP atau PC, saran aku lebih baik di PC sebab untuk lebih fokus dan lebih enak dalam melakukan transasi, kecuali kamu sudah pro barulah pakai HP.

Masukkan Nomer ID dan Pasword kamu, alangkah baiknya segera ganti pasword begitu di aktifkan. 

Mulai Membeli Saham

Setelah pengaktiffan dan pengisian dana kamu sudah bisa membeli saham, Saham saham yang kamu pilih pastikan memiliki Market Kapitalization baik serta menghasilkan laba. Rekomendasi Saham Untuk Warisan silakan di lihat biar ada bayangan

Pahami mekanisme aplikasi jual maupun beli, minta pendampingan dalam beberapa kali transasi ke pegawai sekuritas. Setelah lancar kamu bisa melakukan di rumah agar lebih tenang menganalisa, selain itu pastikan jam buka pasar modal agar tak kepagian atau sudah tutup.

Selain hal hal ini kamu juga harus paham ada biaya per transaksi, biaya ini tak besar kok, oleh karena itu ada baiknya kamu tanyakan di atal kepada perusahaan sekuritas. Tapi rata rata tak membebani kok.

Tips Menabung Saham Agar Untung

Pertama tama kamu harus memiliki pemikiran jika ini tabungan bukan sekedar mencari untung sesaat. Jika sudah maka kamu lebih enak dalam menganalisa dan tak terburu buru dalam menekan tombol beli maupun jual. 

Berikut adalah 3 tips dalam menabung Saham antara lain

  1. Pilih Usaha Yang Beragam - Jangan terfokus pada satu jenis usaha saja ketika membeli saham, minimal ada 3 usaha berbeda ketika menabung saham. seperti kata pepatah jangan meletakkan telur pada satu wadah.
  2. Jangan Tergoda Keuntungan Sesaat - ini nih yang membuat kamu jantung berdetak lebih cepat, karena kamu bisa akses pasar modal maka naik turunnya harga dapat kamu ketahui secara langsung. Saat harga saham naik saat inilah kamu harus kontrol keinginan untuk menjual demikian sebaliknya saat turun jangan langsung beranggapan rugi. kamu bukan pegawai yang membutuhkan transaksi harian yang banyak. kamu adalah penanam modal yang memiliki orientasi jangka panjang.
  3. Tenang - Ini adalah ilmu paling harus di asah, kamu bisa cek bagaimana sabarnya para investor kelas dunia, mereka tak panik dalam menghadasi beragam situasi, walaupun untung ratusan kali ataupun harga turun  mereka tetap cool.

Informasi tambahan untuk kamu jika minimal transasi saham di bursa Indonesia adalah 1 lot, jumlah per lot ini adalah 100 lembar saham. 

Contoh beli saham dalam 1 lot, aku berikan ilustrasi saham 3835info misalnya di pasar harga nya 1500 maka dalam 1 lot uang yang kamu kucurkan sebesar

Harga saham harian di kalikan dengan 1 lot yang berjumlah 100 lembar itu adalah nominal uang yang harus kamu bayarkan contohnya sepeti di bawah ini

1500 x 100 lembar = IDR 150.000 

Harga saham hari itu di kalikan dengan jumlah lembar saham yang hendak di beli dalam bentuk Lot, 1 lot sama dengan 100 lembar saham.

Cara Menabung Saham Untuk Pemula - Nilai naik dan turun bisa saja kamu amati per harinya, banyak faktor yang mempengaruhi, alangkah baiknya kita sebelum membeli kamu menganalisa saham incaran berdasarkan teknik Fundamental dan teknik Teknikal.

Post a comment for "Cara Menabung Saham Untuk Pemula"