Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat KIA Kartu Identitas Anak, Wajib Untuk Kamu di Bawah 17 tahun

Hello Bro n Sis, Cara Buat KIA Kartu Identitas Anak, Wajib Untuk Kamu di Bawah 17 tahun. Mungkin dari kamu ada yang sudah tahu tentang Kartu Identitas Anak atau KIA ini, yup ini adalah sebuah kartu identitas bagi warga negara indonesia yang berusia di bawah 17 tahun. Fungsinya sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk. www.3835.info

Kedepannya jika kamu ingin mengurus KTP maka kamu di wajibkan menyerahlan KIA ini sebagai salah satu syarat penerbitan Kartu tanda penduduk KTP, Selain sebagai pengganti KTP KIA ini juga berfungsi sebagai perlindungan serta pemenuhan hak warga negara +62. Maksudnya adalah berfungsi sebagai salah satu syarat utama jika kamu itu adalah warna negara Indonesia.

Syarat dan Cara Membuat KIA Kartu Identitas Anak

Fungsi Kartu Kia ini juga sangat di butuhkan ketika kamu mencari sekolah, mulai dari sekolah dasar, kemudian tingkat SLTP dan SLTA sebelum nantinya usia kamu 17 tahun barulah berganti menjadi sebuah KTP, KIa juga menjadi salah satu persyaratan administrasi dalam membuka tabungan di bank.

Kartu Indentitas anak (KIA) dibedakan menjadi 2 sesuai dengan Permendagri No 2 tahun 2016, yakni KIA untuk anak berusia 0-5 tahun dan KIA untuk anak berusia 5 sampai dengan 17 tahun.

Sebelum menuju syarat bagaimana Cara Buat KIA Kartu Identitas Anak, Wajib Untuk Kamu di bawah 17 tahun, ada baiknya kamu siapkan dahulu dokumen pendukung di bawah ini.

  1. Akta Kelahiran - Tahukan akta kelahiran, itu loh kartu yang berisikan data tentang tanggal kelahiran kamu, nama ayah dan nama ibu kamu. 
  2. Kartu keluarga (KK) - Pada kartu keluarga ini berisi informasi kepala keluarga, termasuk nama kamu juga ada di sini.
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Ayah dan Ibu - Sertakan juga KTP ayah dan Ibu kamu
  4. Foto diri Full Color - Buat foto diri terbaru kamu dengan full warna dengan ukuran 2x3 dengan jumlah 2 lembar.


Setelah 4 dokumen stau syarat pembuatan KIA di atas tersedia, kamu bisa membawanya ke Kantor Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil terdekat di Kota kamu.

Cara Membuat Kartu Identitas Anak (KIA)

  1. Ambil Formulir - Ambil formulir pendaftaran yang tersedia bisa di kantor Dinas Penduduk dan pencatatan Sipil atau bisa juga kamu peroleh di kantor kepala desa terdekat sesuai dengan domisili kamu,
  2. Isi FOrmulir - Isi formulir tersebut termasuk tanda tangan kedua orang tua kamu, kamu juga di minta mencari tanta tangan kepala RT RW dan kepala desa, sebelum kamu bawa ke dinas kependudukan.
  3. Serahkan Syarat - Setelah semua lengkap maka kamu tinggal menyerahkan formulir dan semua syarat ke Dinas Kependudukan, kamu pun akan di infokan beberapa hari lagi bisa kembali untuk mengambil KIA.


Selain langkah di atas untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA), kamu juga bisa secara bersama sama mengurusnya lewat sekolah, dengan bantuan guru kamu akan di suruh melengkapi syarat pengurusan KIA seperti yang sudah di uraikan di atas, setelah lengkap maka bapak atau ibu guru akan membantu pengurusan ke dinas kependudukan.

Cara Buat KIA Kartu Identitas Anak, Wajib Untuk Kamu di Bawah 17 tahun. Jika kamu berusia di bawah 17 tahun wajib memiliki KIA, so buatlah KIA, sebagai salah satu syarat administrasi warna negara Indonesia. Oiya setelah Kia ini jadi kamu harus menjaga, jangan di sebar informasinya ke media social atau manapun, karena oidentitas kamu dan nomer KIA kamu ini rahasia, Jika jatuh di tangan orang tak tepat maka akan muncul masalah yang tidak di inginkan.

19 comments for "Cara Buat KIA Kartu Identitas Anak, Wajib Untuk Kamu di Bawah 17 tahun"

  1. Anakku sudah bikin, sekolahnya yang bikinin, udah kayak pengganti ktp aja ya mbak..

    ReplyDelete
  2. Anakku yang sulung kayaknya dah dibikinin sekolahnya, nah yang kedua nih belum. Tapi santai dulu deh yang penting udah nemu caranya hehe. Ga ribet ternyata ya Kak bikinnya, catatannya ya itu jangan disebar datanya, bisa disalahgunakan. Mendingan sebar harapan palsu aja, wkwkwkw

    ReplyDelete
  3. meskipun terlihat ribet (anak kecil aja dibikinin kartu!) tapi sebenarnya di negara-negara lain sudah lebih dulu dibikinkan kartu ini. Supaya jelas dan dapat menikmati fasilitas kesehatan, keamanan dan kesejahteraan dari negara.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Bagus sekali memanh anak-anak sudha punya KIA sejak dini ya. Bahkan saat umur masih 0 tahun pun sudah dibuatkan KIA. Jadi identitasnya jelas.
    Saya jadi ingat saat masih SMP dan SMU. Selalu mengandalkan kartu pelajar, termasuk saat akan mencairkan wesel honor menulis di kantor pos hehehe.

    ReplyDelete
  7. Duh, zaman saya dulu ngga ada sih ini hehehe, dengan begini saya punya pengetahuan baru kelak kalau sudah memiliki anak.
    Dengan syarat yang lengkap maka semua urusan akan gampang. Semoga di Pontianak urusannya ngga ribet sih ya hehehe

    ReplyDelete
  8. Untung anak ku langsung ku buatin KIA jd g repot kl kemana2 semisal naik kereta api. Di cek jg lho

    ReplyDelete
  9. Anakku belum buat KIA ini nih, karena saat ada himbauan di lingkungan kemaren-kemaren, ntar-ntar walau persyaratan sudah lengkap, akhirnya belum kesampaian udah keburu ada pandemi ini, Ntar cari info sama yang punya akses ke kelurahan, siapa tahu bisa secara online.
    Terima kasih, tulisannya sudah mengingatkan :) .

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau nih ada KIA (soalnya di rumah aku yang paling kecil hehe). Dulu pas aku masih sekolah belum ada semacam KIA ini. Mau bikin tabungan di bank pun dulu cuma diminta surat domisili sebagai ganti ktp.

    ReplyDelete
  11. Wah baru tau kalo KIA sudah mulai dijalankan. Memang perlu banget sih, supaya anak2 pun memiliki tanda pengenal. Banyak manfaat yg nantinya bisa diperoleh dari KIA ini

    ReplyDelete
  12. Wah aku baru tahu klo KIA ini sudah dijakankan, anak anakku belum pada punya KIA

    ReplyDelete
  13. Wah iya nih. Anakku yang bungsu belum punya KIA. Sempet kepikiran mau bikin, tapi keburu datang musim pagebluk :( Nunggu keadaan kondusif dulu deh.

    ReplyDelete
  14. Akhir tahun lalu, keponakanku dapat KIA. ternyata yang usianya di bawah 5 tahun KIA di buat tanpa foto anak dan wajib bikin lagi setelah umur 5 tahun. Yang diatas 5 tahun sudah ada fotonya dan bisa digunakan sampai usia 17 tahun

    ReplyDelete
  15. Pengurusannya kalau sesuai prosedur nggak akan ribet ya.

    Btw kak, mungkin typo nya bisa dikurangin dan juga dalam penulisan kata depan, misalnya kata diinginkan seharusnya disambung bukan dipisah. Biar makin asik lagi bacanya 😊

    ReplyDelete
  16. Terima kasih admin infonya tentang persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat kartu identitas anak (KIA). Walaupun kelihatan sepele tapi sebenarnya memang kartu KIA ini sangat dibutuhkan ya min.

    ReplyDelete
  17. Nanti kalau aku sudah punya anak, aku akan buat kartu KIA ini sesegera mungkin. Caranya mudah dan manfaatnya juga banyak. Terima kasih infonya Kak.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah bayi millenials udah langsung dapat sekalian sama aktanya ya, jadi nggak perlu repot daftar lagi. btw kia ini makin penting ya

    ReplyDelete
  19. Anakku KIAnya kolektif dari sekolah. Enaknya, ga pakai ribet ngurusin. Tapi ternyata, ngga semua skeolah memfasilitasi pembuatan KIA.

    ReplyDelete
banner yamaha bali