Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saham Telkom Indonesia

Hello Bro n Sis, Saham Telkom Indonesia - Pada kesempatan kali in iaku mau sedikit berbagi tentang saham milik Negera yang menjadi salah satu perusahaan yang Pasar Kapitalisasi sangat besar di negeri +62. Layanan bisnis nya mulai dari satelit hingga produk consumer. www.3835.info

Saham Telkom Indonesia


Saham Telkom Indonesia memiliki kode TLKM di Bursa Efek Indonesia, Equity ini menjadi salah satu incaan para penanam modal bukan hanya dalam negeri tetapi juga mancanegara. Hal ini tak lepas dari produk dan layanan mereka memang sangat di perlukan serta menjanjikan kedepannya.

Sejarah Saham Telkom 

Di Indonesia perusahaan ini memiliki nama PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk. Sejak aku lahir dan mengenal dunia merek satu ini sudah ada dan akrab di lingkungan rumah, sebab aku bergerak di bidang jasa otomatis Telpon rumah sering berdering dan setiap bulan aku di ajak membayar tagihan ke kantor ataupun ke bank.

Kabar lain yang menarik dan wajib di simak antara lain


Tanggal 6 Juli 1965 menjadi titik tolak lahirnya Telkom di tanah air, sebelumnya perusahaan ini masih satu atap dengan industri pos yang di kelola oleh pemerintah.

Tujuan pemisahan ini tentu tak lain lantaran untuk mempermudah pengembangan dan mempermudah pengarahan. Meskipun sudah di pisah tetapi Perusahaan ini termasuk sangat lama dalam go publik atau melantai di pasar modal.

Secara resmi 14 November 1995 perusahan BUMN ini melakukan Initial Public Offering (IPO) dengan jumlah saham 8.400.000.000 yang terbagi menjadi 2 yakni seri B dan 1 saham Seri A Dwiwarna

1 Saham seri A Dwiwarna ini merupakan special karena punya hak istimewa, dimana dalam hal ini adalah pemerintah Republik Indonesia, sisanya adalah seri B yang bisa di miliki oleh publik.

Saat pertama kali di jual belikan di pasar modal, Harga Saham Telkom dengan Kode TLKM ini adalah IDR 2050 per lembar. Bukan hanya di Indonesia, Telkom juga turut menawarkan sahamnya di Bursa Efek New York (NYSE) dan Bursa Efek London (LSE).

Pada tahun 1995 pertumbuhan sangat pesat pada industri telekominikasi Indonesia, saat itu juga telkom melahirkan jaringan GSM atau Mobile yang lebih kita kenal dengan Telkomsel yang produknya berupa kartu Simpati dan Kartu Halo.

Mungkin itu yang secara umum di kenal banyak orang, dan faktanya ada beragam sektor yang di garap oleh Telkom ini ,atau bisa di sebut dengan lini Bisnis. Mari kita rangkum secara garis besar biar lebih mudah ternyata secara fundamental memang sangat besar nih perusahaan.

Lini Bisnis PT Telkom Indonesia

Lini Bisnis Upstream PT Telkom - Tak banyak yang tahu jika perusahaan ini juga mengelola satelit, dan salah satu sateli terbaru PT telkom adalah telkom 4 yang berhasil mengorbit pada tanggal 17 Agustus 2018 lalu.

Lini Bisnis Downstream PT Telkom - Sektor inilah yang lebih mencuat ke publik, beragam layanan mobile dan enterprice mereka juga kembangkan, salah satu yang paling populer adalah kartu GSM untuk pengguna smartphone.

Dari lini bisnis PT Telkom Indonesia ini yang berdasarkan laporan keuangan yang sudah di publikasi ternyata layanan mobile menjadi penopang utama, memang sektor ini sangat menjangkau banyak orang dan sangat di butuhkan juga.

Selain itu ada beberapa infomrasi yang bisa aku kabarkan dimana Saham telkom hingga tulisan ini aku buat di pertengahan 2020 ini merupakan salah satu saham yang keuntungannya terus meningkat.

Bagi penanam modal tentunya membutuhkan informasi ROE atau Return On Equity, Khusus untuk saham TLKM ini ROE nya sangat stabil di kisaran 19% sampai dengan 24% salam satu tahun.

Kelebihan PT Telkom 

Selain sebagai berusahaan milik negara, Telkom juga membuktikan jika bisa mendominasi dan sebagai market leader di segmennya.

  1. Market Leader - Secara kasat mata PT Telkom merupakan pemimpin pasar di segmen telekominikasi, bisa kita lihat dari data jika pengguna mereka mencapai 171 jt pelanggan atau di kisaran 60%.
  2. Base Transceiver Station (BTS) 4G - Selain satelit Telkom juga memiliki banyak BTS, BTS PT telkom ini juga sudah siap untuk teknologi kecepatan data lebih cepat yakni 4G. Terus meningkat dan menjangkau nyaris seluruh wilayah Indonesia
  3. Layanan Data - Internet berupa kuota PT telkom terus meningkat, hal ini sudah di baca oleh perusahaan sehingga layanan data mereka merupakan yang paling stabil.
Kekurangan PT Telkom

Dalam pengelolaan perusahaan ada juga beberapa anak usaha perseroan yang kurang baik hingga menyebabkan kerugian, Termasuk PT Telkom dimana anak usahanya menyebabkan induk usaha namanya tercoreng.

Tetapi berkat manajemen yang baik akhirnya kinerja anak usaha yang kurang baik ini di gabungkan atau merger. 

Secara umum kekurangan yang aku temui ini bukan karena PT telkomnya yang tak baik, tetapi kinerja anak peruhsaan yang jumlahnya banyak yang merongrong induk usahanya.

Potensi atau Peluang Saham Telkom

Penanam modal tentu harus paham apa sih potensi di masa yang akan datang pada sektor industri ini, Khusus untuk perseroan telkom ini ada beberapa poin yang aku cermati adalah sebagai berikut

  1. Pelanggal Terus Meningkat - Ini yang menjadi prioritas sebuah usaha, apakah akan da pembeli atau pelanggan, jawaban sudah bisa kamu ketahui jika pertumbuhan terus meningkat setiap bulan, apalagi di saat pandemi.
  2. Layanan Data - Selain Telpon dan SMS Data menjadi daya tarik uatama seiring perkembangan Smartphone, Saling ketergantungan. dan Telkom sudah mempersiapkan hal ini
  3. Jumlah Smartphone - perkembangan gadget sangat pesat, dan pastinya membutuhkan layanan data. termasuk penggunanya juga makin banyak
  4. Pengguna Internet Meningkat - Bukan hanya layanan mobile, layanan internet rumah atau kantor secara umum juga bertumbuh, kini hampir setengah penduduk Indonesia sudah terjangkau internet.
  5. Waktu Akses Internet - Ini juga merupakan nilai tambah di mana masing masing orang itu mengakses data per harinya lebih dari 4 jam. baik itu main game, mendengarkan musik, hingga bermedia sosial. 

Pemegang Saham Telkom 

Sebagai perusahaan go public tentu kamu sebagai masyarakat bisa memiliki saham ini, dan berdasarkan data dari telkom kepemilikan perseroan adalah 52% di miliki Negara Indonesia, lalu sisanya 47 % oleh masyarakat umum dan sisanya ada kepemilikan dari Direksi

Dalam menjalankan bisnisnya Telkom juga tak bisa sendiri, dan pada akhirnya mendirikan beberapa anak perusahaan guna memperlancar dan mengembangkan usaha. Anak usaha PT Telkom ini juga sudah sangat baik dan memiliki aset yang besar. beberapa anak perusahaan Telkom yang ternama antara lain

  • Telkomsel - Ini adalah salah satu ujung tombak PT Telkom bergerak di bidang mobile GMS
  • Telkom Akses - Sebuah jasa pembangunan dan pengembangan industri telekomunikasi.
  • Patrakom - Bergerak di bidang jaringan tetap.
  • Napsindo - Layanan Network dan access point, termasuk Suara dan data lainnya.
  • Insfrastruktur Telekomunikasi Indonesia - Bergerak di bidang pembangunan, perdagangan dan jasa telekomunikasi di Indonesia

Selain yang aku sebutkan ini masih ada banyak lagi anak usaha PT Telkom, Semua segmen tersebut pastinya di didirikan guna memperluas jangkauan dan layanan menjadi semakin baik.

Saham Telkom Indonesia - Ini adalah salah satu emiten terbaik di Indonesia, keberadaannya menjadi market leader di industri yang di geluti. Be Smart For Your Invesment

Post a Comment for "Saham Telkom Indonesia"