Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Cruise Control Adalah

Hello Bro n Sis, Pengertian Cruise Control Adalah - Bagi kamu yang merapat ke tulisan ini aku ucapkan selamat datang karena pastinya kamu ingin tahu lebih banyak tentang beberapa arti di dunia otomotif, dan yang mau kita bahas kali ini adalah teknologi yang di ciptakan untuk mempermudah berkendara dan memberikan kenyamanan. www.3835.info

Cruise Control

Fitur ini sangat mermanfaat saat perjalanan jauh, dimana bisa kita aktifkan saat masuk jalan toll atau jalan bebas hambatan, sebelumnya fitur ini hanya ada di mobil mewah tetapi seiring perkembangan jaman beberapa pabrikan akhirnya menyematkannya di mobil menengahnya pula. Fitur tersebut bernama Cruise Control

Pengertian Cruise Control

Penamaan ini tentu datang dari negeri tetangga dimana di sanalah di ciptakan teknologi ini lalu di bawa ke tanah air, beberpa pecinta otomotif juga menyebutnya dengan istilah Speed Control dan ada pula yang menamai dengan Auto Cruise. 

Cruise Control adalah Sebuah fiitur pada kendaraan dimana menciptakan kecepatan konstan dimana pengemudinya tak harus menginjak pedal gas secara terus menerus.

Contoh Cruise Control

Untuk mempermudah pengertian aku akan berikan ilustrasi dimana kamu sudah mengendarai mobil dengan fitur Auto Cruise ini di dalamnya. 

Cara Mengaktifkan Cruise Control

Saat berkendara di jalan bebas hambatan atau tol misal kamu ingin konstan pada kecepatan 7- km per jam, cara aktifkan cruise control sangat mudah, tinggal menekan tuas yang biasanya ada di kemudi stir atau stang.

Kabar lain yang sayang untuk di lewatkan

Setelah kecepatan 70 km per jam tercapai tekan atau aktifkan cruise control maka kecepatan itu sudah di rekan komputer dengan tanpa di panel meter terlihat aktif.

Setelah aktif kamu tak perlu lagi menekan pedal gas, kendaraan akan melalu konstan pada kecepatan yang sudah kamu setting tadi.

Cara Menonaktifkan Cruice Control

Lalu bagaimana cara non aktifkan? di setiap mobil berbeda beda caranya, namun rata rata dengan menekan tuas rem atau menekan tombol non aktif di kemudi maka fitur sudah bisa dimatikan.

Kelebihan dan Kekurangan Cruise Control

Yang namanya teknologi pasti ada nilai tambah dan nilai minus, begitupun pengendali kecepatan ini, bagi yang mengemudi pemula harus lebih waspada jika memakai nya sebab bisa menyebabkan terlena.

Kelebihan Cruise Control 

Sebagai fitur tambahan pastinya penyematan ini bertujuan mempermudah pengendara dalam pengoperasian mobil. ketika melalui jalan tol atau bebas hambatan pengendara tak harus terus menginjak pedas gas.

Dengan tak harus terus menginjak pedal gas pengendara bisa lebih santuy selama drive mobil dan tak mudah lelah.

Kekurangan Cruise Control 

Tetapi bagi pengemudi pemula jangan sampai tertidur atau bahkan lupa nemekan pegas rem, ingat posisi rem dan posisi gas di sebelah mana.

Tak sedikit kecelakaan di sebabkan pengemudi lupa dimana dirinya hendak menekan rem eh malah menginjak gas. 

Atau paling tidak sebagai pengemudi pemula kamu harus paham cara menonaktifkan Cruise Control ini.

Penggunaan Cruise Control

Fitur Cruise Control ada baiknya kamu gunakan di jalan bebas hambatan atau tol, dimana kamu memang melakukan perjalanan jauh dan agar kecepatan konstan di peroleh. 

Sangat di hindari penggunaan Cruise Control di jalan jalan dalam kota atau jalan naik dan jalan turunan. 

Jenis jenis Cruise Control

Secara umum Cruse Control terbagi 2 dimana sebagai pecipta ternyata masih ada perbedaan fitur untuk mobil mewah ataupun mobil menengah

Cruise Control Standar 

Fiturnya sangat standar dimana hanya bisa mengontrol kecepatan setelah di aktifkan demikian sebaliknya, tak di sertai dengan fitur tambahan lainnya.

Cruise Control Adaptive

Selain bisa mengontrol atau memberikan kecepatan konstan ada fitur tambahan yang dioberinama adaptive, dimana dengan adanya teknologi ini mobil bisa memperlambat laju kendaraan sesuai dengan kecepatan kendaraan yang ada di depannya.

kesimpulan

Teknologi memang di ciptakan untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi seseorang, tetapi kita sebagai pengguna juga tetap harus siaga sebab kontrol utama masih pada si pengendara.

Pengertian Cruise Control Adalah - Pastikan cara pengaktifan dan penonakktifan sebelum kamu menggunakannya, selain itu lihat kondisi jalan yang sesuai dalam menggunakan fitur kendaraan.

3835info keneketo
3835info keneketo Content Creator Lifestyle, Technology and Automotive

12 komentar untuk "Pengertian Cruise Control Adalah"

  1. Pernah anatar istri test drive mobil bekas, ya gitu deh Mas bawaanya berat karena setir belum dilengkapi teknologi cruise control. Teknologi seperti ini memang memudahkan, terutama mengendalikan kecepatan saat berkendara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, apalagi perjalanan jauh biar tak pegal tetapi tetap harus siaga sebagai pengemudi

      Hapus
  2. Jadi semacam auto pilot gitu ya cruise control ini. Tapi gak bisa di jalanan macet pastinya ya, enak nih kalau nyetir di Cipali atau Trans Jawa pakai cruise control

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo di tol atau bebas hambatan enak banget kak drive nya

      Hapus
  3. Aslinya memang memudahkan ya itu cruise control. Tapi pengemudi tidak boleh lengah sedikit pun. Kalau pengemudi pemula memang sebaiknya tak perlu mengaktifkan tombol cruise control, takutnya ya itu, harusnya injak rem malah injak gas. Kan ngeri jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kak, harus sangat ahli dalam berkendara agar tak sampai salah injak pedal, karena keasikan

      Hapus
  4. Aku baru tahu ada istilah cruise control ini. Keren yak bisa bikin pengemudi enggak terlalu cape saat berkendara jarak jauh karena kecepatannya bisa konstan. Ada 2 jenis pula. Iya ya kalau di jalanan bukan tol kan nanggung, belum lagi jalanan tiba-tiba macet

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jika di jalan umum lebih baik tak memakai ini,

      Hapus
  5. Cruise control ini seperti AI yang dipasang dikendaraan roda 4 ya mas. Bisa sampe mengatur lagu dengan konstan.
    Sepertinya ngga semua kendaraan memilikinya ya, perlu dipelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bang, sementara menengah ke atas baru ada ni fitur

      Hapus
  6. saya belum mahir nyetir, tapi gak ada salahnya juga sih ya tahu dan kenal dengan fitur-fitur pada kendaraan.
    tapi kayaknya sih mobil di rumah belum ada fasilitas ini :D

    BalasHapus
  7. Di Indonesia sudah ada belum ya teknologi cruise control ini? Sepertinya boleh juga ni punya mobil yang sudah ada cruise controlnya, jadi saat perjalanan jauh, kaki tak pegal injak gas terus.

    BalasHapus