Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Instrumen Investasi Apa Itu Obligasi

Hello Bro n Sis, Memahami Instrumen Investasi Apa Itu Obligasi - Seiring perkembangan jaman, infomrasi makin mudah di dapat termasuk tentang cara menyimpan atau mengelola uang agar terus bertumbuh dan bukan hanya di simpan di bawah bantal. www.3835.info

Obligasi Adalah


Obligasi

Untuk kamu yang bergerak di bidang keuangan pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah Obligasi, tetapi bagimereka yang awam dan yang nyasar di tulisan aku ini pastinyaingin mengetahui lebih dalam apa sih instrumen investasi yang satu ini.

Pengertian Obligasi

Obligasi Adalah - Pengertian Obligasi merupakan istilah dalam bidang ekonomi dimana surat pernyataan hutang bagi si investor atau yang membeli. mmhh apakah sudah paham atau malah pusing hehe. ok aku coba jabarkan secara ringan

Kabar menarik lain yang wajib di simak adalah

Obligasi ialah surat yang berisi nilai hutang kepada pembeli atau pemilik modal. Contoh simplenya kamu mendirikan sebuah usaha, untuk menambah modal kamu menerbitkan surat ini, misalnya seorang investor membeli obligasi kamu senilai IDR 10 jt rupiah.

Maka kamu sebagai perusahaan menerbitkan surat Obligasi yang berisikan hitang sebanyak IDR 10 jt rupiah dan nominal kupon atau bunga yang akan kamu berikan kepada si pemilik modal setiap bulannya sampai batas waktu yang di tentukan.

Masa berlalu Obligasi ini ada yang jangka pendek dan ada pula yang jangka menengah hingga jangka panjang. Sudah mulai ngerti kan.

Sebelum melangkah ke jenis obligasi ada baiknya kamu paham dulu jika hati hati dalam investasi, jangan sampai tertipu hingga kamu tak mendapatkan imbal balik sesuai harapan, Sebab jika itu benar Obligasi maka sudah sangat matang perhitungan dan mekanisme penerbitan oleh perusahaan yang membutuhkan modal.

Jenis Jenis Obligasi

Karena di ciptakan untuk menambah modal ada beberapa syarat dan ketehtuan ketat bagi sebuah perusahaan dalam menebitkan Obligasi ini, tak sembarangan kamu sebagai pengusaha menerbitkan obligasi karena harus memperhitungkan nilai kupon, kemudian nilai jaminan jika kamu gagal membayar kupon atau mengembalikan modal saat jatuh tempo dan beberapa syarat lainnya. Oleh karena itu berikut adalah jenis jenis obligasi berdasarkan Penerbit

Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbit

Berikut aku jabarkan ada obligasi berdasarkan penerbit yaitu

Corporate Bonds 

Sesuai dengan namanya maka jenis Obligasi ini di terbitkan oleh perusahaan baik swasta atau BUMN, perusahaan disini adalah perusahaan go publik dimana kamu bisa dengan mudah mengetahui keuangan mereka, seperti Indofood untuk swasta atau untuk perusahaan BUMN ada Jasa Marga. Jangka waktu Obligasi Corporate Bonds adalah jangka pendek hingga menengah di bawah 5 tahun. ada juga sih yang jangka panjang.

Goverment Bonds

Ini adalah Obligasi Pemerintah, Untuk Indonesia pertama kali menerbitkan obligasi tahun 2006 hingga kini di kenal dengan istilah ORI. Jangka waktu jenis obligasi pemerintah ini mulai dari jangka pendek jangka menengah hingga jangka panjang. tujuan peneritan sudah barang tentu menghimpun dana dari masyarakat untuk pembangunan.

Minicipal Bons

Ini merupakan segmen kecil di tingkat daerah, pemerintah daerah menerbitkan Obligasi guna pembangunan di wilayahnya. Sama juga jangka kepemilikan mulai dari jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 

Selain berdasarkan penerbit Obligasi juga di bedakan berdasarkan dengan cara pembayaran kupon. maksudnya adalah kopun atau bunga akan di berikan tak hanya bulanan tetapi ada pula yang memberikan saat secara berjangka. berikut penjelasannya

Jenis Obligasi Bersadarkan Kupon atau Bunga

Selanjutnya ada juga yang di bedakan dari kupon atau bunga, antara lain

Zero Coupon Bonds 

Jenis pembayaran kupon atau bunga di lakukan pada saat jatuh tempo. artinya kamu sebagai pembeli tak akan mendapatkan imbalan sampai dengan tanggal jatuh tempo, biasanya model ini untuk obligasi jangka pendek. misal dalam periode tiap satu tahun.

Coupon Bonds

Ini yang paling lumrah dimana penerbit membayarkan kupun secara teratur biasanya dalam waktu bulanan setiap tanggal 10 atau tanggal 15. 

Fixed Coupon Bonds

Nominal kupun sudah di tetapkan tiap pembayarannya, jadi selama masa kontrak pihak penerbit dan penerima sudah sepakat dengan besaran nilai kupon. mulai dari terbit sampai dengan berakhirnya kontrak.

Floating Coupon Bonds

Kupon yang di terbitkan akan naik atau turun pada jangka waktu tertentu, misal untuk tahun pertama di tetapkan 8 % sedangkan di tahun berikutnya mengikuti suku bunga acuan atau ketentuan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Obligasi 

Bagi yang hendak berinvestasi pada produk Obligasi aku sarankan kamu mengetahui beberapa hal supaya tak merasa di rugikan. Pahami dan yang namanya investasi pasti ada resiko, resiko ini minimal kamu sudah siapkan cara menghadapinya.

Kelebihan Obligasi

Secara mudahnya beberapa nilai tambah sebuah obligasi adalah

  1. Nilai Kupon atau Bunga Obligasi di atas deposito - Jadi sangat menarik untuk menaruh modal anda di instrumen ini
  2. Sangat Liquid atau mudah di perdagangkan, jika kamu membutuhkan modal atau uang tunai cepat kamu bisa menjualnya di pasar sekunder, nilai juga sangat stabil
  3. Nilai Tambah - yang namanya investasi pastinya ada nilai tambah, selain bunga atau kupun kamu akan mendapatkan harga yang meningkat jika di jual di pasar sekunder.
  4. Jaminan - Selain menjual di pasar sekunder kamu bisa menjaminkan kepemilikan obligasi ini di bank sebagai jaminan kredit.
  5. Aman - Dijamin oleh pemerintah berupa undang undang, pembayaran kupon atau bunga dan pokok obligasi di jamin.

Kekurangan Obligasi

Aku menemukan 2 saja tetapi ini sangat jarang terjadi, sebab proses penerbitan ketat hingga kemungkinan sangat kecil

  1. Gagal Bayar - ketentuan ini berlaku jika kamu membeli obligasi tak resmi, jika kamu membeli di tempat resmi di Indonesia khususnya pasti sudah di jamin pemerintah
  2. Tak Dapat Merubah nilai Kupon - Hal ini akan kamu rasakan jika memiliki obligasi dalam tempo jangka panjang, karena nilai termasuk kecil
  3. Nilai Menurun - Nilai investasi kamu akan berkurang jika kamu menjual Obligasi secara buru buru, karenanya harga menjadi lebih murah dari saat kamu membelinya.

Sebagai pemilik modal kamu harus memahami kemana dana akan kamu tempatkan, pahami kelebihan dan kekurangan agar kamu lebih tanggap dalam menghadapi resiko.

Memahami Instrumen Investasi Apa Itu Obligasi - Merupakan salah satu sarana penempatan dana bagi investor dan juga bagi pengusaha dalam menyerap modal dari masyarakat. Be Smart Invesment

3835info keneketo
3835info keneketo Content Creator Lifestyle, Technology and Automotive

10 komentar untuk "Memahami Instrumen Investasi Apa Itu Obligasi"

  1. Jadi harus pilih-pilih juga obligasinya ya lebih aman yang resmi dari pemerintah. Aku sebetulnya belum terlalu ngerti sih cara kerjanya obligasi ini tadinya, skarang baca penjelasannya lumayan membuka wawasan

    BalasHapus
  2. Pernah dengar juga soal Obligasi tapi masih awam gimana pengaplikasiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ke perusahaan recuritas atau ke bank nasional kak cari info cara belinya

      Hapus
  3. Owh jadi obligasi kayak kita pinjem orang buat nambahin modal usaha gitu ya Mas. Baru tau aku. Dan obligasi pun ternyata banyak jenisnya. Wah, harus dipahami betul betul kalau gitu ya

    BalasHapus
  4. Aku termasuk yang awam nih soal investment, termasuk soal obligasi. Makasih pencerahannya ya. Jadi nambah wawasan nih.

    BalasHapus
  5. Udah baca tapi masih blank aja pemahamanku. Ya intinya kudu waspada ya Mas kalau mau investasi. Obligasi ini kayak upaya ekstra keamanan investasi gitu bukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu metode menyimpan uang, seperti deposito dan tabungan emas

      Hapus
  6. obligai juga harus pilih pilh ya, kalau mau cari atau beli obligasi itu bisa di bank ga ya mba? atau harus perusahaan sekuritas ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa di sekuritas atau bisa di bank nasional

      Hapus