Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berpikir Inovatif Agar Usaha Makin Berkembang

Hello Bro n Sis, Cara Untuk Mengembangkan Upaya Berpikir Inovatif - Sebagai seorang yang bergrak di konten kreator atau usaha kita harus bisa memberikan terobosan baru bukan sekedar mengikuti tetapi juga sebagai pemimpin. www.3835.info

Cara Berpikir Inovasi

Satu hal yang paling utama untuk kamu adalah merubah cara pandang atau Cara berpikir kamu, dimana yang sejak belajar di cengkoki sebagai pegawai kini menjelma sebagai yang memproduksi. Bagaimana solusinya?

Kabar lain adalah cara Merubah Cara Pandang Dari Buku Atomic Habits

Cara Berpikir Inovatif

Pada beberapa literasi yang sudah aku pertah uraikan, rata rata kamu harus merubah cara pandang yang selama ini sudah kamu ketahui. Berikut hal hal yang harus kamu mulai tahap demi tahap

  • Menentukan Tujuan

Ini hal yang paling penting, kamu mau melangkah ke mana, tetapkan secara tertulis tetapi jangan terlalu muluk muluk.

Maksudnya jangan terlalu tinggi tetapi jangan juga terlalu mudah. Mengapa aku sebut demikian, ini wajib di pikir karena otak bawah sadar kamu akan terus bekerja.

Jika pencapaian yang kamu buat tinggi maka kamu akan mudah menyerah di tengah jalan, demikian juga jika terlalu mudah maka kamu akan menyepelekan hal tersebut.

  • Selalu Berpikir Positif

Ini penting banget sebab dengan menanamkan pola pikir yang baik kamu akan mencari solusi dan keputusan yang baik pula.

Jangan mengganggap semua yang ada di depan atau peluang sebagai hal negatif, Jika hal ini terjadi kamu tak akan berkembang dan melangkah.

Pola pikir positif ini mengarahkan kamu ke solusi serta mengatur waktu atau Manajemen Waktu, Mengapa aku sebut demikian sebab semua orang memiliki waktu sama tetapi mengapa ada yang gagal dan ada yang berhasil.

Kamu harus terus mencari jawaban dan jangan cepat puas akan yang sudah di capai. Tak mudah menyerah tetap fokus pada tujuan.

  • Belajar Dari Pengalaman

Pelajaran bukan datang dari diri sendiri, kamu juga bisa bercermin dari pengalaman orang lain.

Satu yang penting adalah belajar dari mereka yang sudah sukses, Mereka yang berhasil tak akan pelit ilmu, mereka justru senang berbagi bahkan dalam bentuk sebuah buku.

Rajin membaca solusi serta keberhasilan termasuk jalan menuju sukses yang sudah di raih, Hal ini pasti makin membuat kamu menemukan jalan keluar untuk kendala yang kamu hadapi.

  • Evaluasi

Ingat kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, kembali ke pola pikir yang wajib kamu rubah dan semangat pantang menyerah. 

Biasakan mencatat apa yang sudah di lakukan setiap hari, lalu secara berkelanjutan kamu harus lihat hal hal yang keluar jalur sehingga menghambat tujuan kamu.

Selain itu dengan melakukan evaluasi rutin kamu tahu kebutuhan lain sehingga bisa menambah sumber daya agar usaha produk atau jasa kamu makin berkembang.

  • Jalan Alternatif

Ini juga wajib kamu susun ketika menentukan target, siapkan jalan ke dua jika jalan utama ada kendala.

Seperti yang kita ketahui jalan di depan tak bisa di prediksi, maka kamu harus juga menyiapkan solusi alternatif saat jalan utama macet.

Cara Mendirikan Usaha Pertama Kamu

Setelah tahapan ini kamu lewati maka saatnya kamu wujudkan keinginan kamu untuk memiliki sebuah usaha yang mandiri.

Sedikit saran dalam mewujudkan ini ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan, agar produk atau jasa kamu bisa di terima.

Info lain Mengenal Bisnis Waralaba

Jangan sampai kamu terlalu fokus ke produksi tetapi lupa akan keinginan konsumen sehingga jasa atau produk kamu tak laku.

  • Lingkungan Sekitar

Ini penting banget, dimana lokasi usaha kamu, pahami apa kebutuhan mereka, lalu rata rata berprofesi sebagai apa. 

Hal ini penting karena merekalah yang akan menjadi konsumen pertama kamu, sekaligus menentukan harga jual yang pas.

  • Bahan Baku

Jasa atau produk kamu buat harus mudah mendapatkan bahan baku, jikapun sulit kamu sudah memiliki jaringan untuk memperolehnya.

Pastikan juga jika bahan baku ini harus di kirim akan ada biaya tambahan yang mempengaruhi harga jual.

  • Pesaing Terdekat

Lihat juga apakah sudah ada usaha sejenis di lingkungan kamu, jika ada amati beberapa hal yang bisa kamu modifikasi

Ini wajib kamu lakukan, modifikasi dan berikan manfaat lebih akan suatu produk atau jasa yang kamu ciptakan

  • Nilai Tambah

Faktor terakhir adalah apa alasan kuat konsumen memilik produk kamu? Harga, Kualitas atau Rasa

Disinilah di tuntut kreatifitas kamu menambahkan sebuah nilai pada karya yang siap kamu jual nanti.

Ok Mari kita lanjut untuk Cara Mengembangkan Upaya Berpikir Inovatif Berwirausaha, Sebelum itu wajib kamu tahu apa sih yang di maksud dengan Inovatif

Inovatif adalah Sebuah proses seseorang untuk menciptakan karya baru dengan menggunakan kemampuan dan teknik yang di miliki.

Inovasi ini di harapkan berkelanjutan, tak hanya sekali ataupun dua kali, melainkan terus menerus.

Hal inilah yang menjadi ujung tombak sebuah usaha bisa bertahan, Dalam perusahaan di sebut sebagai team kreatif.

Bagaimana Cara Membuat Inovasi?

Untuk bisa ber inovasi seseorang harus memiliki pola pikir yang kritis, tak sekedar menunggu perintah saja, atau mental pegawai.

Mental pegawai ini harus kamu tinggalkan, dengan demikian kamu akan memutar otak untuk menciptakan sebuah produk atau jasa yang sangat berkarakter dan bermanfaat.

Dalam berinovasi kamu harus melakukan hal hal sebagai berikut.

  • Mengamati atau Survey

Ini hal yang paling penting jika ingin berkarya, pahami keinginan konsumen kamu. Jangan ikut ikutan

Minimal ada 3 atau 4 jenis produk atau jasa yang kamu teliti sebelum kamu produksi, bagaimana kemasan, bagaimana rasa atau bagaimana promosi mereka

  • Serupa Tapi Tak Sama

Setelah itu tahap selanjutnya adalah membuat hal yang sejenis seperti hasil pengamatan yang sudah kamu lakukan.

Selanjutnya jika berhasil jangan langsung senang dulu, dan kamu jangan melakukan produksi dulu, karena ada proses lebih lanjut

  • Modifikasi

Ini tahap akhir yang membuat produk atau jasa kamu di lirik, berikanlah nilai tambah.

Nilai tambah ini bisa dari sisi harga, bisa dari sisi kemasan, atau bisa dari sisi waktu pengerjaan.

Setelah Kamu mewujudkan dan membuka usaha kamu maka tahapan akhir adalah promosi, Proses pengenalan ini bisa beragam jenis

Jika kamu memiliki modal kamu bisa pasang iklan di media cetak atau elektronik, tetapi jika modal kecil bisa melakukan dengan memanfaatkan media sosial.

Usaha di jaman now tak harus memiliki lokasi strategis dan modal besar. Kamu bisa berkolaborasi dengan rekan lain yang memiliki produk atau jasa pendukung

Kolaborasi Solusi Berpikir Inovatif Dalam Berwirausaha

Aku langsung ke contoh saja ya, misal kamu membuat usaha foto pernikahan, dimana kamu sudah investasi berupa kamera, lensa serta perangkat lain

Kamu bisa kolaborasi dengan pengusaha salon, dimana mereka mampu untuk memberikan pelayanan terbaik dari sisi tata rias termasuk pakaian yang di sewakan.

Jadi kamu tak harus juga punya salon untuk mewujudkan impian kamu sebagai usaha foto pernikahan.

Dari penjelasan di atas semoga memberikan kamu ide dan semangat menciptakan jiwa inovasi dan menjadi wirausaha.

Menjadi pengusaha bukan berarti kamu duduk dengan tenang tak memperdulikan perkembangan yang ada, kamu harus terus menggali apa kebutuhan konsumen sehingga bisa selalu memberikan inovasi agar mereka suka.

Cara Untuk Mengembangkan Upaya Berpikir Inovatif - Selain itu kamu juga harus bisa mengatur keuangan, jangan menempatkan uang hasil usaha di campur dengan uang sehari hari. Selamat Berinovasi

Post a Comment for "Berpikir Inovatif Agar Usaha Makin Berkembang"