Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Waktu Sangat Penting Dalam Kesuksesan

Hello Bro n Sis, Manajemen Waktu Sangat Penting Dalam Kesuksesan - Siapa yang tak ingin berhasil, pastinya yang membaca tulisan ini memiliki tujuan atau goal di masa depan lebih baik dari pada hari ini. www.3835.info

Manajemen Waktu

Modal, Nilai akademis saja tak cukup untuk meraih kesuksesan, ada yang satu kamu lupakan dimana setiap orang memiliki dengan jumlah yang sama, apakah itu? jawabannya adalah Waktu, Ya benar sekali kemampuan mengatur waktu adalah jawabannya.

Pengaturan waktu ini sangat penting, bahkan jika menurut aku, kamu di masa yang akan datang di tentukan oleh kemampuan manajemen waktu ini, mengapa demikian, mari kita kupas lebih lanjut.

Manajemen Waktu

Sebelumnya mari kita ketahui pengertian dari Manajemen Waktu adalah sebuah proses perencanaan kegiatan baik dalam sebuah perusahaan ataupun untuk pribadi yang harus selesai pada jangka waktu sesuai kesepakatan.

Dalam pengertian ini ada dua hal yang harus di tekankan yakni perusahaan dan pribadi. Untuk perusahaan kamu tak usah ragukan setiap orang pastinya sudah tahu dan biasanya sudah ada begitu kamu bekerja di sana.

Tetapi untuk pribadi masing masing ini yang tak banyak orang paham dan melakukannya. Poin manajemen waktu untuk personal sangat penting, karena dari sinilah masa depan kamu bisa di arahkan.

Kita jangan membahas manajemen wkatu sebuah perusahaan dulu, kita bercermin ke personal masing masing, karena kesuksesan perusahaan di awali dari keberhasilan orang orang yang ada di dalamnya dalam disiplin atau berkomitmen dalam mengatur dan merencanakan.

Fungsi Manajemen Waktu

Secara umum ada 4 fungsi dari Time manajemen ini dimana pertama merupakan Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian dan satu lagi berupa Pengawsan. Mari kita telisik satu per satu.

  • Perencanaan Waktu

Untuk model pertama ini kamu harus fokus ke proses penentuan tujuan dengan beragam langkah dalam jangka waktu tertentu. adapun ciri ciri  dari perencanaan waktu ini sebagai berikut

  1. Jelas - Agar kamu mudah memahami aku uraikan seperti jadwal kegiatan secara harian mingguan atau bulanan, gambarkan secara detail agar yang melaksanakan paham apa tugas mereka.
  2. Ralistis - Dalam pembuatan juga kamu harus mengukur kemampuan, misal memindahkan semen 100 sak dalam waktu 10 menit secara manual. itu artinya tak masuk akal. Jadi sesuaikan dengan kemampuan.
  3. Fleksibel - Agenda itu bisa berubah karena sesuatu dan lain hal. siapkan opsi jika ada keadaan yang menyebabkan tertunda.
  4. Berkesinambungan - Agenda kamu tak berhenti, harus berlanjut sebagai wujud nyata kamu terus berinovasi. 
Pastikan dalam membuat sesuai dengan kemampuan agar kamu juga melakukannya tak dalam tekanan dan semangat.

  • Pengorganisasian Waktu

Tahapan ini sangat berkaitan dengan yang pertama, dimana dalam motode ini setiap pelaku disiplin sesuai aturan yang sudah di buat. 

Kabar Menarik Yang Sayang di Lewatkan

Pengorganisasian waktu adalah sebuah perintah untuk seseorang atau kelompok dalam mengerjakan sesuatu sesuai waktu yang telah di tentukan. Adapun hal yang harus di perhatikan untuk mengorganisasikan waktu adalah sebagai berikut

  1. Membuat daftar kerja atau pembagian kerjaan jika dalam jumlah orang lebih dari 5
  2. Menentukan waktu yang di perlukan dalam menyelesaikan tugas tersebut
  3. Mengatur jumlah orang yang akan menyelesaikan kerjaan
  4. Menetapkan skala prioritas, mana hal yang lebih penting dan mana hal yang bisa di kerjakan kemudian. 

  • Pengkoordinasian Waktu

Pengkoordinasian Waktu adalah sebuah proses untuk mengatur dan mengarahkan diri sendiri atau kelompok orang untuk mau melakukan sesuatu secara efektif dan efisien.

Kamu harus bisa mengatur bagaimana kamu bekerja, bahan yang di butuhkan hingga proses untuk mencapainya

  • Pengawasan Waktu

Sebuah proses yang saling berhubungan dan in adalah tahap akhir dimana melakukan cek ulang terhadap seluruh kegiatan apakah sudah sesuai dengan rencana awal.

Pengawasan waktu adalah kegiatan penyesuaian agenda yang telah di tentukan dengan hasil yang di peroleh. Apakah ada yang belum atau tertunda dengan alasan khusus?

Tujuan Pengawasan waktu ini adalah untuk memperbaiki jadwal bahkan untuk mengevaluasi target perusahaan atau target personal dan di pergunakan untuk menyusun agenda selanjutnya.

Setelah memaparkan semua itu di atas sekarang adalah sebuah proses yang setiap orang baik kaya maupun miskin memilikinya, dan bisa kamu peroleh secara gratis, cuma jika terlewatkan tak akan bisa di beli sengan uang.

Waktu, ya benar sekali, semua punya waktu yang sama, dan keberhasilan setiap orang adalah di tentukan dari kemampuannya dalam manajemen waktu ini. 

Untuk memcapai Sukses tentu kamu karus memiliki kemampuan mengatur waktu, seperti apa sih metodenya agar berhasil?

Cara Manajemen Waktu

Proses mengatur waktu kali ini aku kasi gambaran mudahnya saja, jika setiap orang punya 24 jam, dan dari 24 ini ada hasil berbeda yang di peroleh tiap individu, apakah penyebabnya?

Setelah aku gabungkan dari beberapa literasi pembagian waktu dari 24 jam ini sebaiknya kamu bagi menjadi 3 dengan jumlah 8 jam dalam sehari. dengan rincian sebagai berikut

  • 8 jam awal adalah waktu untuk istirahat atau tidur. 
  • 8 jam selanjutnya adalah untuk bekerja atau sekolah.
  • 8 jam terakhir adalah untuk pengembangan diri.

Perbedaan orang sukses dan orang yang biasa biasa saja terletak di 8 jam terakhir ini. bagaimana mereka memanajemen waktu sisa sebelum tidur. 

Rata rata kesuksesan datang dari 8 jam terakhir bukan dari 8 jam untuk tidur dan 8 jam untuk bekerja atau sekolah ini.

Lalu 8 jam terakhir ini cara mengaturnya seperti apa? lewat sisa waktu ini kamu bisa membekali diri dengan beragam hal untuk menambah pengetahuan bukan justru sebaliknya menghabiskan uang.

Yup benar banget, kegiatan kamu harus bermanfaat, misalknya kamu ikut seminar, lalu menekuni hobby hingga membaca buku.

Buku hingga detik ini masih merupakan gudang ilmu, tak di ragukan orang berhasil karena membaca, bahkan jaman sekarang makin mudah dengan hadirnya dunia digital kita bisa langganan buku secara online.

Jadi kamu harus menggunakan waktu 8 jam terakhir ini untuk Investasi leher ke atas. karena dari sinilah masa depan kamu akan tertata baik.

Jangan sebaliknya, 8 jam sisa kamu gunakan untuk menghamburkan uang kerjaan kamu, itu sudah sangat jelas membuat masa depan kamu suram.

Manajemen Waktu Sangat Penting Dalam Kesuksesan - Jika kamu memiliki hal lain yang di rasa kurnag bisa lengkapi pada kolom komentar, saling berbagi sesama untuk capai kesuksesan. 

Post a comment for "Manajemen Waktu Sangat Penting Dalam Kesuksesan"