Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Waralaba Franchise dan Cara Memilihnya

Hello Bro n Sis, Mengenal Apa Itu Waralaba Franchise dan Cara Memilihnya - Semua merek yang aku sebut di tulisan ini sama sekali bukan di bayar, aku menyebut hanya sebagai contoh dimana tanpa kita sadari sangat banyak banet bisnis konglomerasi di lingkungan kita. www.3835.info

Waralaba atau Franchise


Tanpa kita sadari keseharian dari kita pastinya sering berbelanja di Alfa Mart atau Indomaret, ada pula gerai makanan cepat saji yang menawarkan beragam hidangan mengugah. tetapi tahukan kamu jika pemiliknya itu bukanlah sang pendiri merek tetapi sudah di limpahkan ke pemilik lain dalam bentuk waralaba.

Kabar yang sayang di lewatkan lainnya adalah

Waralaba Adalah - Istilah ini di terjemahkan dari bahasa asing, termasuk bahasa Perancis yang lebih di kenal dengan Franchise yang bermakna Hak atau Kebebasan, Sedangkan dalam bahasa Inggris juga bermakna identik dimana merupakan hak untuk menjual sesuatu produk barang atau jasa.

Di Indonesia Waralaba Franchise adalah Perikatan yang salah satu pihaknya di berikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) ataupertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang di tetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Masih bingung? jadi pada dasarnya bisnis ini merupakan cara mudah dalam membuka usaha, karena dengan modal yang kita punya sudah dapat memiliki usaha tanpa perlu membuat sistem dan sang pemilik baru tinggal duduk manis menunggu cuan tiap bulannya.

Pembeli waralaba lebih di kenal dengan istilah Franchisor, pembeli ini akan mendapatkan hak usaha yang sangat siap beroperasi tanpa harus sibuk mengurus tata letak, cara mengolah barang, pegawai, bayar listrik dan beragam tagihan yang ada. Dalam kata lain system sudah di analisis dan siap pakai.

Bisnis Waralaba Franchise Yang Layak Di Miliki - Pandemi mengajarkan kita untuk siap menghadapai sesuatu keadaan yang tak terduga, dan waralaba merupakan salah satu bisnis idaman dimana tanpa perlu turun tangan tetapi duit terus masuk ke kantong pribadi. Berikut jenis jenis type waralaba yang sangat cocok kamu miliki dalam berinvestasi

Jenis Waralaba Franchise yang Layak Di Miliki

  1. Jasa Ekspedisi - Perkembangan cara berbelanja masyarakat sudah berubah, jasa pengantaran ini menjadi pilihan dan omset mereka di pastikan naik di masa pandemi ini. Contoh Waralaba JNE, TIKI DLL
  2. Farmasi - Vitamin, ataupun sarana medis lain yang memang di produksi dan di butuhkan orang, pastinya kamu akan membeli di tempat yang baik. Usaha alat kesehatan ini juga tengah naik tajam konsumennya, contoh Kimia Farma
  3. Mini Market - Di tengah sulitnya distribusi dari pabrikan ke daerah, keberadaan mini market sangat membantu, sebab mereka sudah memiliki jaringan langsung ke produsen, harga yang di tawarkan pun sangat bersaing. dampaknya ya warung kecil menjadi semakin tertindas. Contoh Alfa Mart dll.
  4. Makanan Cepat Saji - Bukan hanya lokasi, keberadaan mereka semakin di rasakan manfaatnya, makanan minuman dengan harga bersaing kini menjamur dan memberikan banyak pilihan. Contoh JFC, dll
  5. Jasa kebersihan - Keberadaan layanan ini sangat membantu mereka yang memiliki hunian komersil, seperti villa atau home stay, dimana saat tak banyak karyawan yang aktif mereka bisa bekerja berdasarkan order harian. contoh Royal laundry, atau rumah rapi dll

Usaha Waralaba memang sangat menarik, membutuhkan modal yang bisa di sesuaikan, tetapi bukan hanya itu meskipun sudah memiliki system yang namanya bisnis pastinya ada resiko, kita sebagai investor kudu paham dan bagaimana mengendalikan nya. berikut sedikit info memilih waralaba.

Cara Membuka Bisnis Waralaba Franchise

  1. Teliti - Sebelum membli sebaiknya kamu pelajari seluk beluknya dahulu, siapa pendiri kemudian rekam jejak usahanya di korek abis termasuk laporan keuangannya, jangan segan segan datang ke kantor dan membandingkan dengan waralaba sejenis.
  2. Hobby - Mudahnya adalah usaha yang kamu pilih sesuai dengan kegemaran kamu, hal ini sangat di rekomendasi karena pengontrolan dan pemahaman jadi semakin mudah. tak banyak istilah asing yang kamu harus pelajari.
  3. Lokasi - Selain sistem yang baik, tempat kamu membuka usaha juga harus mendapatkan prioritas, jangan sembarangan sewa tempat, pastikan apakah lingkungan aman serta tak banyak pungutan liar.
  4. Ijin Waralaba - Seiring meningkatnya usaha jenis ini, banyak para pendiri menganggap produk atau jasanya sudah waralaba, pastikan perijinan sudah benar
  5. Menguntungkan - Ini sudah pasti, membukan usaha tujuannya untuk mencari duit, senada dengan poin pertama lebih teliti dalam melihat laporan keuangan sebelum membeli. 

Yang namanya Usaha pastinya ada kelebihan dan kekurangan, mari kita telisik apa sih hal hal yang kudu di lihat dari metode bisnis ini. 

Kelebihan Bisnis Waralaba Franchise

  1. Manajemen Bisnis telah Di Bangun - Kamu tak pusing lagi membuat sistem, alat yang di perlukan, mengurus Sumber daya, semua sudah siap pakai
  2. Sudah di kenal - Kalangan umum sudah mengenal merek produk dan jasa kamu, tak perlu promosi gencar. mereka sudah ada sistem pemasar termasuk menghadapi pesaing.
  3. Terbuka - Pelaporan dari kerja sama ini sudah sangat baik, mulai dari bahan baku, kemudian karyawan hingga laporan bulanan sangat detail
  4. Keberhasilan - mengingat parsar dan prosuk hingga jasa yang di berikan sudah di kenal maka peluang keberhasilan lebih terbuka.
  5. Bebas Waktu - Pastinya kamu tak perlu turun tangan mengurus operasional usaha, sebab sudah ada sistem yang mengerjakan. evaluasi lakukan ke kantor utama karena kamu investornya, jangan melakukan tindakan yang tak baik misalnya menegur pegawai, kanrena belkum tentu pegawai yang bekerja di sana itu tahu jika kamu pemiliknya hehe.

Kekurangan Bisnis Waralaba Franchise

  1. Akses Terbatas - Seperti yang sudah aku beberkan di atas, meskipun kamu pemilik kamu tak bisa ikut dalam operasional harian. karena sudah ada sistem.
  2. Tred Pasar - Walaupun sudah di kenal, pembeli kadang menginginkan produk yang berbeda, misal sudah berbelanja di MCD ingin juga dong mencoba KFC
  3. Nama Baik - Ini yang sangat riskan, kadang di beberapa daerah membuat sesuatu hal yang tak baik, maka dampaknya ke usaha kamu yang sejatinmya tak melakukan pelanggaran
  4. Modal - Ini yang menjadi momok, sebagai bisnis konglomerasi pastinya duit yang harus di gelontorkan tak sedikit. memang sih sesuai dengan segmen usaha, tetapi tetap saja jumlahnya di atas rata rata.
  5. Royalti - Karena ini merupakan Hak Kekayaan Intelektual kamu otomatis harus bayar royalti tiap tahunnya, pastikan jumlahnya kamu ketahui saat pembelian, jangan sampai kaget setelah usaha berjalan.

Mengenal Apa Itu Waralaba Franchise dan Cara Memilihnya - Membangun susaha ada baiknya menyesuaikan beberapa aspek mulai dari kegemaran dan modal hingga resiko, sebagai investor kamu harus paham dan dapat mengendalikannya.

13 comments for " Mengenal Apa Itu Waralaba Franchise dan Cara Memilihnya"

  1. Ouw ternyata pengusaha yang mau berbisnis waralaba juga masih berkewajiban membayar royalti rupanya, selain modal.

    ReplyDelete
  2. Kalau didasarkan hobi, dan tahu plus minus berbisnis waralaba, tentu para franchisor sudah siap dengan kemungkinan apa yang terjadi di depan nantinya ya.
    Ohh, jadi gini tau deh mekanisme waralaba itu gimana.
    TFS ya mas

    ReplyDelete
  3. Baca waralaba aku langsung ingat booming-nya franschise tahun 2000-an Mas. Mulai dari ketela goreng sampai pisang, menjamur di mana-mana. Emang bener sih, waralaba dipilih orang karena ga perlu mikir konsep bisnis atau manajemen. Semua sudah disiapkan, tapi ya gitu memang mungkin agak susah berkembang melampaui keinginan karena ada akses yang terbatas.. Plus bayar royalti pula, ya ada plus minusnya.Ga harus coba-coba usaha dulu.

    ReplyDelete
  4. Aku pribadi tertarik dengan waralaba expedisi karena untuk saat sekarang dan tahun-tahun mendatang sepertinya jasa pengiriman tetap laris manis mengingat cara belanja masyarakat yang sudah berubah. Selain itu, mungkin untuk penyediaan tenpat dan training karyawan lebih simple kelihatannya. Tapi mungkin juga efek tiap hari kirim paket ke expedisi, jadinya malah tertarik punya usaha sejenis.

    ReplyDelete
  5. Aku dan teman-teman pernah join tuh waralaba minimarket. Ya gitu...kadang engga sesuai ekspektasi BEP-nya. Apalagi minimarket kan head to head ya. Di sini ada brand A, bulan depan brand B, buka sebelah-sebelahan pula. Padahal konsumennya itu-itu aja...Wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah usaha yang baik kak, pasarnya ada makanya berlomba lomba menyediakan barang nya, dan potensi di lokasi itu snagat besar sudah head to head

      Delete
  6. Jadi kalau di waralaba ini, Sistem nya sudah ada tinggal dijalankan ya. Namun tetep harus bayar royalti juga. Ini sangat cocok utk kita yg punya cukup modal tapi kurang menguasai cara menjalankan atau memilih bisnis

    ReplyDelete
  7. Enaknya waralaba memang semuanya sudah ada yang mengatur by sistem. Kita sebagai pemilik nama juga harus mengikuti SOP yg berlaku. Nanti kl ada rejeki aku mau lah beli 1 bisnis waralaba. Aminnn

    ReplyDelete
  8. Looh ternyata ekspedisi sejenis JNE atau Tiki juga itu termasuk ke dalam waralaba ya? Baru tahu banget. Saya kira semuanya dikendalikan pusat seperti cabang saja gitu.

    ReplyDelete
  9. Yap setiap bisnis pasti ada plus minusnya termasuk bisnis waralaba ini ya. Tapi enaknya bisnis inj bisa kita sesuaikan dengan modal yg kita punya .

    ReplyDelete
  10. Waralaba itu klo yg aku tau perputaran balik modal atau bep nya agak lama.

    Tapi dgn perkembangan jaman skrg. Media promosi byk bgt caranya.. bisa jadi bep nya lebih cepet dari rencana..

    Tergantung plan bisnisnya sih ya kak

    ReplyDelete
  11. Aku pernah pengen buka waralaba jasa pengiriman
    Sayangnya nggak jadi karena ga nemu siapa yg mau jaga

    ReplyDelete
  12. Kalo emak emak gini, mungkin saya akan memilih waralaba jenis minimarket, kebutuhannya setiap hari dan mungkin keuntungan juga lebih sering dan lebih banyak kita dapatkan :D.

    ReplyDelete