Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menabung, Kelebihan dan Kekurangan Jika Lewat Bank

Hello Bro n Sis, Menabung Kelebihan dan Kekurangan Jika Lewat Bank - Aku ucapkan selamat datang bagi yang baru mampir di sini, Pasti nya kamu datang karena mempertanyakan menabung itu seperti apa sih, simpanan kita kan seharusnya bertambah bukan berkurang. www.3835.info

Menabung Atau Simpan Uang

Benar banget sejak kecil kita sudah di kasi info jika menabung itu harus di Bank atau koperasi di sekolah, sebab jika di simpan di rumah atau di bawah tempat tidur uang akan rusak dalam jangka waktu tertentu. 

Pengertian Menabung adalah

Sebelum melangkah lebih lanjut ada baiknya kita ketahui dulu pengertian dan cara menabung yang baik, Menabung berasal dari kata Tabung yang berarti sebuah tempat berbentuk lonjong biasanya terbuat dari bambu seruas atau pipa selonjoran utuh.

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang, baik itu di tempat berupa tabung, ataupun di jasa keuangan lainnya. Pada awalnya kegiatan menabung ini memang banyak di rumah saja dengan membuat tempat menyimpan yang beraneka ragam itu.

Masyarakat menyebutnya dengan celengan, tetapi ada kelebihan dan kekurangan ketika memakai ini, uang yang kita simpan bisa rusah apalagi jika berupa uang kertas. selain itu ada juga kelemahannya yakni kita jadi tak konsisten dan tak mendapatkan bunga dari kegiatan kita simpan uang.

Seiring perkembangan akhirnya kegiatan menabungpun mulai di minati sebab makin banyak ada jasa keuangan baik di sekolah maupun di desa, selain itu mereka juga memberikan imbal balik berupa bunga pada nominal tertentu jika nasabahnya rajin menabung.

Menabungpun menjadi salah satu solusi dalam menyimpan harta kekayaan, tetapi ada juga yang ingin banget menabung atau menyimpan uang karena pendapatannya selalu habis setiap bulannya.

Cara Menabung Untuk Pemula

Baiklah mari kita samakan persepsi dulu, seperti apa sih cara menyimpan uang agar pendapatan yang kita peroleh tak serta merta habis, begitu terus setiap bulan.

Sebagai karyawan atau pekerja harus memiliki beberapa hal ini untuk dapat melakukannya, termasuk Rubah Kebiasaan Untuk Bisa Menabung berikut cara menabung untuk pemula.

Tujuan Menabung

Pastikan kamu memiliki niatan lebih spesifik dalam hal menyimpan uang ini, jangan hanya menyatakan menyimpan gaji saja, tetapi lebih detail keperluannya. 

Salah satu contohnya adalah membeli sepeda motor atau mobil terbaru. Setelah itu tulis angkanya, kemudian kamu bagi sesuai kemampuan setiap bulan harus di sishkan berapa dari pendapatan.

Tulis Atau Catat

Sebagai personal yang memang berniat menabung harus mencatat segala pengeluaran dan pemasukan tiap bulan, anggap saja ini sebuah perusahana kecil.

Terlihat sepele tetapi kamu akan merasakan dampaknya beberapa tahun kedepan, Tujuan mencatat atau menulis ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi kondisi keuangan kamu, boros atau hemat.

Pahami Bank Tempat Menabung

Selanjutnya adalah cari info ke beberapa bank, minimal 3 jenis bank nasional agar kamu ada gambaran kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan sebagai nasabah.

Misal saldo mengendap, lalu biaya administrasi, bunga dan jika ada biaya kartu ATM. Hal ini sangat penting, sebab jika kamu salah pilih uang kamu akan berkurang terus tiap bulan.

Buat Rekening Terpisah

Untuk menunjukan kegigihan kamu dalam menabung kamu bisa membuka rekening baru, jangan di satukan dengan rekening gaji.

Benar banget jadi setiap bulan kamu gajian langsung kamu tarik dan simpan di rekening terpisah ini. Sedikir saran aku kalo bisa pilih bank yang tak ada kartu ATM biar kamu ga bisa tarik, hehe.

Disiplin

Ini kunci keberhasilan kamu dalam menyimpan uang, tentukan sesuai kemampuan kemudian kasi jangka waktu yang ingin di  capai, misal 3 tahun atau 5 tahun mendatang.

Jangan mudah patah semangat di jalan, apalagi adalany promosi diskon di setiap mall atau toko online hahaha.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung Lewat Bank

Setelah kamu mengetahui cara menabung selanjutnya ada hal hal yang juga tak kalah penting dimana khusus untuk kamu yang ingin menabung jangka panjang.

Kabar menarik lain 

Jangka panjang dalam hal ini sudah di atas 5 tahun, dan aku lebih suka menyebutnya dengan investasi.

Kelebihan Menabung Di Bank

  • Simpanan akan di jamin oleh lembaga keuangan di Indonesia - Negara dalam hal ini di tanah air menjamin simpanan nasabah sebesar 2 Miliar, pastikan simpanan kamu di tempat yang di awasi Otoritas Jasa keuangan
  • Simpanan akan mendapatkan bunga - Simpanan kamu akan mendapatkan bunga sesuai ketentuan berlaku
  • Bebas bertransaksi di seluruh jaringan bank - Bebas melakukan tarik dan simpan di seluruh jaringan bank, jadi pastikan bank nasional biar lebih luas jangkauannya
  • Ada undian berhadiah - Berhak mengikuti promosi undian yang di laksanakan oleh bank
  • Mudah di ambil kapan saja - Dengan hadirnya ATM kamu bisa tarik tunai dimanapun termasuk berbelanja di toko asalkan saldonya mencukupi

Kekurangan Menabung Di Bank

  • Biaya Administrasi - Adanya biaya administrasi yang terkadang terabaikan, oleh sebab itu kamu di awal harus memastikan saat buka rekening
  • Nilai Tabungan Susah Berkembang - Simpanan kamu akan sulit berkembang jika nominalnya masih sedikit, selain itu bunga tabungan sangatlah kecil pertahunnya, kadang lebih kecil dari inflasi.
  • Harus Sangat Disiplin - Jika tidak disiplin maka tabungan kamu akan makin menipis lantaran sangat mudahnya kamu tariklewat ATM bahkan gesek di toko.
  • Biaya lain lain - Selain administrasi ada juga biaya ATM, tahukah kamu biaya nya ini lumayan besar di bandingkan dengan bunga yang kamu peroleh
  • Bukan untuk Investasi - Sangat tidak rekomendasi sebagai instrumen dlam mengembangkan modal, kamu harus cari metode lain untuk membuat dana kamu terus bertumbuh.
Menabung jaman sekarang sangat tidak di rekomendasi untuk jangka panjang, sebab dana kamu tak mudah berkembang, menabung lebih tepat untuk jangka pendek.

Menabung Kelebihan dan Kekurangan Jika Lewat Bank - Sesuai pengertian menabung lebih cocok hanya sebagai metode simpan uang bulanan saja, bukan untuk investasi, jika mau menanam modal kamu bisa simak postingan lainnya yang lebih menarik dan membuat uang kamu bertumbuh.

Post a Comment for "Menabung, Kelebihan dan Kekurangan Jika Lewat Bank"