Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resesi adalah, Apakah Indonesia Mengalami?

Hello Bro n Sis, Resesi adalah, Apakah Indonesia Mengalami? Semua sisi mengalami penurunan, bahkan beberapa dari kita harus kehilangan mata pencaharian lantaran tak ada yang membeli atau menggunakan jasa yang di tawarkan. www.3835.info

Resesi Adalah


Bukan hanya mereka yang bekerja, pemilik perusahaan hingga kaum konglomerasi juga merasakan bagaimana dampak yang di timbulkan oleh sebuah wabah yang melanda dunia dari akhir 2019 hingga tulisan ini aku buat di tahun 2020.

Kondisi pelemahan daya beli lantaran penurunan jumlah penjualan hingga jasa yang di gunakan, termasuk berhentinya operasional perusahaan atau pabrik yang otomatis merumahkan pegawainya secara berkepanjangan merupakan salah satu tanda sebuah Resesi melanda.

Resesi adalah - Melihat kenyataan ini dan sudah berlangsung hampir 3 catur wulan, pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk Indonesia sudah negatif, Kondisi ini sudah berlangsung hampir 2 catur wulan dan masih terus berlangsung.

Berdasarkan hal ini maka Resesi adalah sebuah kondisi dimana suatu negara mengalami pertumbuhan ekonomi negatif secara berturut turut selama 2 hingga 3 kuartal dalam satu tahun. 

Kabar menarik lain jangan sampai terlewatkan antara lain

Para ekonom menyebutkan keadaan ekonomi sebuah negara produk domestik brutonya (PDB) negatif, ciri ciri secara umum seperti penurunan penjualan ritel, Perusahaan banyak yang tutup, UMKM gulung tikar, pengangguran bertambah, otomatis pendapatan juga tidak ada.

Penyebab Resesi - Sebetulnya resesi ini sudah pernah terjadi di beberapa negara, sebab musababnya juga beragam, berikut ini adalah uraian mengapa sebuah negara bisa mengalami kejadian ini.

Penyeban Terjadinya Resesi

Teknologi

Hal ini sangat di khawatirkan manusia kedepan, sebab tenaga akan tergantikan oleh robot semua, otomatis tak ada lagi lapangan kerja

Deflasi

Suatu keadaan sebuah barang bernilai sangat murah, Hal ini di sebabkan lantaran uang tidak ada atau sedikit. Pengertian Deflasi adalah Suatu keadaan dimana nilai uang bertambah karena jumlahnya sedikit dampaknya harga harga barang turun.

Inflasi

Nilai mata uang yang terlalu tiggi atau rendah. Sebenarnya sangat normal tetapi jika jaraknya jauh itu berdampak besar. Inflasi adalah Suatu kondisi dimana harga harga meningkat pada suatu negara secara berkelanjutan, yang di sebabkan karena tidak seimbangnya arus barang dan uang.

Aset

Kepemilikan sudah melampaui batas pada sebuah aset baik saham maupun properti, sehingga harga tak menentu, kemudian terjadi aksi jual berlebih

Hutang

kemampuan membayar hutang sudah sampai di titik akhir, atau bahkan hutang lebih banyak dari pemasukan.

Musibah

Inilah yang melanda dunia saat ini, semua lini kehidupan di serang, tak ada yang terbebas satupun. Datangnya secara tiba tiba dan menyebabkan goncangan secara berkelanjutan.

Apakah Indonesia mengalami Resesi? Aku bukan ahli dan berhak menyatakan ini, pemerintah nanti pasti akan mengumumkan secara resmi apakah negeri tercinta kita akan ikut terjatuh ke jurang tersebut.

Tetapi melihat dari ciri ciri dan penyebab serta dampaknya di masyarakat, negeri +62 sudah sangat dekat dengan Resesi, Sekarang bagaimana cara atau upaya kita untuk bertahan hingga semua berlaku.

Hal Hal Yang di Lakukan Saat Resesi

Hutang

Sebisa mungkin kamu harus menghindari hutang, sebab akan terus menggerogoti apalagi di saat kamu sudah tak memiliki pekerjaan.

Maksimalkan Sumber Daya

Segala sumberdaya yang kamu miliki di optimalkan, Cari nilai tambah untuk dapat duit.

Irit

Jangan boros, atur pengeluaran, karena penghasilan sedikit atau bahkan tidak ada.

Jangan Panik

Tetap jalin silaturahmi dengan rekan rekan, sambil mencari peluang. Jangan panik yang justru menghambat kreatifitas kamu.

Investasi

Jika kamu memiliki dana lebih, saat seperti resesi di jadikan peluang dalam berinvestasi, Cari sektor yang menjanjikan, misalnya logam mulia dan lain lain.

Resesi memang harus di hadapi, tanpa terkecuali, mulai dari pengusaha besar sampai Start up, kita harus siap dan jangan mudah panik, khususnya 5 hal yang sudah aku uraikan di atas tadi, apalahi berhutang, kamu bisa negosiasi jika memang hutang tak bisa di tangguhkan. 

Resesi adalah apakah Indonesia Mengalami? - Suka tidak suka kita harus siap, semoga segera berlalu bencana ini agar kita bisa membangun masa depan yang lebih baik, salam sehat untuk kita semua.

14 comments for "Resesi adalah, Apakah Indonesia Mengalami?"

  1. Di video-video Bossman Mardigu Wowiek yang mengupas banyak ilmu ekonomi dunia, ilmu bernegara dan politik luar negeri mengatakan sekarang adalah masa dimana Economic at War dan ketika satu negara dalam dua kuartal berturut-turut mengalami resesi alias pertumbuhan ekonominya minus, maka kuartal atau tahun depannya ekonomi akan menjadi depresi. Ini tahapan terparah dimana ekonomi sangat sulit untuk bangkit karena tidak tumbuh sama sekali. Peran pemerintah dan para pemilik modal adalah menggenjot sektor produksi terutama UKM sehingga masyarakat mulai dapat bekerja, menghasilkan sesuatu barang dan ekonomi mulai berputar kembali. Bukan seperti BLT yang bersifat sementara yang walaupun sudah trilyunan dikucurkan tetap tidak berpengaruh.

    ReplyDelete
  2. Berbagai cara harus dilakukan ya Kak supaya bangkit dan tidak tergantung orang lain, baik suntikan dana berupa hutang, maupun donasi. Tetangga juga mulai jualan makanan, buah, herbal, kopi dll. Ya kami saling membeli saja...

    ReplyDelete
  3. Rasanya gimanaaaa gitu ketika mengalami cuma terima gaji separuh. Tapi ya mau gimana lagi. Ketika resesi melanda dunia, semua terkena imbasnya. Ya sudah, hadapi saja.

    ReplyDelete
  4. Nah, mikir cara melunasi hutang itu yang perlu strategi apik. Soalnya kondisi keuangan sendiri lagi gak bagus selama pandemi. Jadi y, selain cari income tambahan, kudu rajin berhemat salah satu solusi untuk bertahan supaya terhindar dari "resesi." ☹️

    ReplyDelete
  5. Ketika membaca kata resesi jadi semakin takut, apakah Indonesia nantinya bakal mengalami resesi? Kalau seandainya benar adanya itu artinya mulai sekarang kita harus siap2 dari sekarang...mulai irit dan tidak terlalu besak pasak daripada tiang...semoga pula tak berimbas ke UMKM...sungguh kasihan bila pandemi ini akhirnya berujung pada resesi...bagaimana nasib penggiat ekonomi?

    ReplyDelete
  6. Semoga kita bisa membangun keadaan yang lebih baik dari sebelumnya. Dampak Resesi sdh kerasa banget di lingkungan sekitar Dewi, namun untungnya ada komunitas pedagang ibu-ibu di lingkungan jd semangat masih terpacu utk promosi...

    ReplyDelete
  7. Semoga semua siap menghadapi ya.. Saling membantu dan mendukung mungkin itu bisa jadi solusi. Tetap berusaha, berdoa, dan semangat. Semoga semua bisa diatasi. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Keadaan memang sedang tidak baik. Jadi ya harus pinter2 mengatur keuangan ya. Mudah2an tahun 2021 ekonomi kita bisa bangkit lagi

    ReplyDelete
  9. Keadaan saat ini memang cukup ngeri. Ekonomi sudah terjun bebas di berbagai sektor. Semoga saja resesi tidak terjadi di negara kita, meskipun kelihatannya kita semakin mendekat ke resesi.

    Semoga para pelaku UMKM terus semangat dan dapat bertahan sehingga perputaran uang cukup dan perlahan akan pulih.

    ReplyDelete
  10. Di masa pandemi ini kita memang harus lebih bijak mengelola keuangan. Bersiap menghadapi kondisi yang terburuk. Semoga saja, UMKM di negeri kita masih terus bertahan dan lebih maju.

    ReplyDelete
  11. Jujur aja sih saya baru ngeh dengan istilah-istilah ekonomi semenjak pandemi kayak gini, salah satunya itu soal resesi. Hemm, ga mau gimana lagi ya, intinya kita juga harus tetap semangat, kerjakan apapun yang bisa dikerjakan. Daaann tetep produktif.

    ReplyDelete
  12. Pertumbuhan ekonomi negatif berturut hingga resesi, sepertinya akan segera dialami Indonesia. Efek di sekitarku sudah kerasa nih, termasuk di kantorku dengan mulai tidak bisa membayar take home pay penuh. Tapi, aku optimis kita bisa melewati semuanya ini.

    ReplyDelete
  13. kondisi saat ini mengharuskan indonesia resesi,, tapi ini wajib dipahami semua org juga,, biar mulai bijak mengatur keuangan masing2


    btw sbg pekerja aku juga mulai was was kak, PHK bukan lagi hal fana, di kantor sendiri udah puluhan terdampak PHK ini, tapi perusahaan juga pasti pusing mikir arus kas nya,,

    balik lagi kita ga tau ini mau sampai kapan, harus siapin plan A B C dan seterusnya jika mau bertahan kak

    ReplyDelete
  14. Semoga Indonesia terhindar dari yang namanya "Resesi". Kalau sudah terjadi resesi akan semakin banyak orang-orang diluar sana yang akan kehilangan pekerjaan dan kemakmuran, orang yang masih bekerjapun kemungkinan besarnya akan mengalami penurunan jumlah gaji.

    ReplyDelete