Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami 5 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang di Bank

Hello Bro n Sis, Pahami 5 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang di Bank - Siapa sih yang tak ingin memiliki kendaraan keren, lalu rumah dengan beragam fasilitas, semua itu adalah impian setiap orang. Tetapi terkadang ada beberapa orang yang ingin tampil beda dengan jalan pintas yakni meminjam uang di Bank. www.3835.info

Sebelum Pinjam Uang ke Bank


Sebenarnya sih sah sah saja kamu mau pinjam uang di Bank, itu adalah uang pribadi kamu tetapi jika pinjaman kamu besar atau di atas IDR 100 jt pastinya bank akan meminta jaminan. Jaminan di sini fungsinya adalah sebagai barang yang akan di ambil alih oleh bank jika pinjaman kamu gagal bayar hingga proses akhir.

Kabar menarik lainnya yang juga wajib kamu baca adalah

Pinjam uang di Bank ini untuk beberapa uang bisa di pergunakan sebagai pemenuhan gaya hidup atau sebagai usaha, bagi aku pribadi alangkah baiknya jika pinjaman di bank kamu gunakan untuk usaha bukan sekedar gaya gayaan biar tampil keren.

Untuk yang berencana pinjam uang di bank berikut ada hal yang wajib kamu ketahui dan kamu jangan asal tanda tangan di formulir. Tujuannya sudah barang tentu esok hari kamu tak merasa di tipu atau istilahnya sudah jatuh malah tertimpa tangga segala.

5 Hal Yang Wajib di Pahami Sebelum Pinjam Uang di Bank

Anulitas

Apa itu anuitas, Anuitas adalah bunga menurun. Kamu pasti sudah pernah mendengar istilah ini. Celakanya adalah jika tak cermat kamu akan merasa pokok pinjaman kok masih tetap tinggi, padahal jumlah bayar tiap bulan lumayan besar ke bank. Benar banget, bank akan mengenakan bunga yang sangat tinggi di depan, pokok cicilan sangatlah sedikit. sehingga jika kamu hendak membayar lunas cicilan kurang dari 2 tahun pokok pinjaman masih sangat banyak.

Proses Lelang

Buat kamu yang punya kredit di Bank yang dimasa ini sulit bayar, sebaiknya kamu pahami seperti apa sih sebuah bank mengambil jaminan kamu. Pertama Bank akan memberikan Surat Peringatan Pertama, lalu surat peringatan ke dua, setelah itu ada negosiasi, barulah tahap pelelangan. Proses ini bukan dalam waktu singkat, lebih dari 6 bulan loh. Jadi jangan panik saat kredit kamu sedikit tersendat.

Biaya Pelunasan

Ini kamu juga harus teliti saat pinjam duit di Bank, Berapa persenkah biaya pelunasan dari total hutang kamu. Wajib kamu tahu agar saat ada rejeki dan hendak melunasi kamu tak kaget.

Proses Pemulihan

hal ini kamu juga harus manfaatkan jika meminjam uang di Bank, misalnya kamu mengalami kendala pembayaran , kamu bisa kok kek Bank untuk bernegosiasi sebelum terbitnya Surat peringatan atau bahkan surat lelang. Setiap perusahaan pasti memiliki bidang ini jadi jangan ragu untuk mempertanyakan saat pengajuan kredit

Hak Penguasaan Jaminan

Kamu jangan panik saat gagal bayar atau kredit kamu macet, misalkan kamu menjaminkan rumah yang kamu tempati, jangan ragu untuk tetap tinggal di rumah hingga tahapan proses lelang benar benar berlalu, Tak mungkin bank langsung menyita jaminan dan mengusir kamu. Pahamilah prosedur lelang.

Beberapa info ini sangat penting bagi kamu yang ingin pinjam uang, jangan di abaikan, Kita harus berpikir jika gagal bayar seperti apa. Jika hal tersebut terjadi maka kita sudah siap dan bisa lebih fokus ke pemecahan masalah bagaimana untuk menambah penghasilan guna membayar cicilan bank.

Sedikit tips buat kamu jika sudah pernah gagal bayar sebaiknya kamu jangan tambah pinjaman lagi, apalagi gesek kartu kredit. please jangan lakukan itu semua akan menambah masalah dan membuat kamu tidak fokus ke penambahan penghasilan.

Bank adalah salah satu solusi bagi mereka yang benar benar membutuhkan modal atau uang, alangkah bijaknya jika kamu memang tak mempergunakan kredit bank dalam memenuhi kebutuhan atau usaha kamu.

Tetapi sangat manusiawi kok jika kita tergiur dengan rendahnya bunga atau bahkan mudahnya proses kredit, Kamu jangan sampai lengah harus pahami beberapa ketentuan khususnya bunga dan jaminan sebelum nanti merasa di curangi.

Pahami 5 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang di Bank - Ingat gaya berbanding lurus dengan beban, jika kamu tak mau beban hidup tinggi janganlah kamu banyak gaya.

14 comments for "Pahami 5 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang di Bank "

  1. Sebagai orang yang sudah pernah minjam bank, saya tahu poin-poin di atas. Tapi saya yakin artikel ini sangat berguna untuk teman-teman yang baru ada niatan untuk pinjam ke bank. Semoga saya dimudahkan untuk melunasi pinjaman di Bank. Bantu do'a ya kak, hehhehe.

    ReplyDelete
  2. pinjam jika untuk kebutuhan produktif atau jelas gpp ya, asal jangan sampai untuk konsumtif, semoga kita semua dimudahkan melunasi hutang hutang

    ReplyDelete
  3. Iya, kudu teliti banget ya kalau mau pinjam uang ke bank. Dna kita juga mesti siap, setiap bulan kita harus bayar cicilannya sampai lunas.

    Bener banget, pinjam uang ke bank itu kudi bijak, jangan hanya tergiur bunga rendah dan prosesnya mudah.

    ReplyDelete
  4. Yang pasti saat kita meminjam uang di Bank kita harus siap menyicil nya.
    Karena kalau nggak ya siap siap aja barang jaminan di sita Bank.

    Memang meminjam uang di Bank nggak ada yang melarang,tapi alangkah baiknya dipikirkan dulu kedepan nya bagaimana, sanggup atau nggak saat menyicil.

    ReplyDelete
  5. Saya pun pinjam uang di bank hanya untuk membeli aset yang harganya memang naik terus kalau nggak dibeli sekarang, rumah.

    Sepakat deh. Pinjam uang di bank sebaiknya untuk keperluan penting semisal usaha atau rumah pertama. Kalau untuk gaya hidup mendingan dipikir berkali kali.

    ReplyDelete
  6. Pinjam uang memang harus disesuaikan dengan keperluan mendesak, bukan pemenuhan kebutuhan. Dan harus memang jumlah pinjaman disesuaikan dengan kemampuan bayar. Apalagi kalau jaminannya rumah. Tidak bisa bayar, rumah pun disita.

    ReplyDelete
  7. Mengenai anuitas, orang perlu paham hal tsb saat mau melakukan pinjaman ke bank. Biasanya banyak orang mengira pokok pinjaman dibagi rata dengan jumlah periode cicilan. Padahal nggak seperti itu ya. Di awal, malah bunga yg dibayar duluan dalam porsi yg besar

    ReplyDelete
  8. Saya pernah ambil kredit bank dengan bunga rendah dari salah satu Bank BUMN. Emang kalau yg program bunga rendah terasa ringan, apalagi saat itu usaha saya masih kecil jadi omzet pun blm besar. Nah giliran sekarang saya jadi mikir-mikir atau lebih tepatnya nggak berani gegabah kayak dulu. Apalagi kalau buat gaya hiudp, Waduh, gak berani deh.

    ReplyDelete
  9. Temenku ada nih yg kredit untuk gaya hidup. Jadi gajinya abis aja untuk bayar cicilan. Tiap ada bonus, disisihkan untuk bayar hutang. Capek euy denger keluhannya. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  10. Makasih kak, jadi belajar soal anuitas dkk. Bener jangan asal minjem dan ttd isi formulif tanpa dibaca dulu. Dan bener pinjem ke bank jangan dipakai untuk konsumtif nanti pusing. Kalaupun buat modal harus tahu dulu mau berbisnis apa.

    ReplyDelete
  11. Waktu pas adanya Corona saya meminjam uang lewat pinjaman online memang udah dan gampang namun bunganya tinggi

    ReplyDelete
  12. Sampe skrg minjem ke bank cuman berani dari kartu kredit untuk pinjam bank dalam jumlah besar misal buat KPR dan sebagainya harus mikir matang2m terutama harus amanin dlu kondisi finansialnyam jgn sampe uang pemasukan ngepress tapi dipaksain

    ReplyDelete
  13. Pinjem uang di bank itu jadi salah satu pilihan paling utama kalo udah kepepet. Walau prosesnya agak ribet. Tapi kalo bener² udah biasa dan tau caranya, pasti dapet

    ReplyDelete
  14. memang pinjam uang bank itu harus penuh pertimbangan
    kalau lagi kepepet banget baru pinjam
    aku sekarang lagi nyicil juga btw
    3 bulan lagi selesai alhamdulillah amin

    ReplyDelete