Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaku UMKM Pakailah Software Cloud ERP Indonesia supaya Usahanya Makin Go Digital

Hello Bro n Sis, Pelaku UMKM Pakailah software  Cloud ERP Indonesia supaya Usahanya Makin Go Digital - Pada tulisan kali ini ada sesuatu yang menarik nih buat para rekan rekan yang memiliki jiwa pengusaha, sebab dengan bantuan teknologi, pergerakan dan perencanaan kegiatan akan menjadi lebih mudah. www.3835.info

ERP (Enterprise Resource Planning)
ERP (Enterprise Resource Planning)

Tahu sendirikan yang namanya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) pastinya belum memiliki sumberdaya yang banyak apalagi yang sudah ahli di bidangnya, Sektor usaha sangat rentang terjadi kegagalan pengelolaan akibat tak pahamnya pemilik atau pekerja lain, yang berdampak terhambatnya beberapa proses selanjutnya pada perencanaan lainnya.

Oleh karena itu kamu pemilik UMKM sangat di anjurkan memiliki ERP (Enterprise Resource Planning), Ada yang sudah paham akan hal ini, tentunya banyak yang belum, makanya rekan rekan mampir di mari hehe. oleh karena itu kita sedikit ulas yuk seperti apa sih cara kerjanya dan hal hal apa saja yang akan di permudah sambil menyongsong New Normal.

Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) - Sebelum melangkah lebih dalam apa sih artinya perangkat lunak ini? ERP adalah Suatu Program perencanaan dan pengelolaan Sumber daya dalam suatu perusahaan. Yang namanya sumber daya tahu sendirikan ada Manusia, ada Biaya, ada Waktu, kemudian ada bahan baku sampai dengan jumlah produksi dan masih banyak lagi lainnya.

Berdasarkan hal hal atau kendala yang ada di lapangan maka terciptalah sebuah system berupa aplikasi untuk komputer yang sudah di design sedemikian rupa untuk mempermudah penggunanya dalam merencanakan dan mengelola sumber daya yang di miliki. Sudah mulai terbayangkan apa itu ERP.

Software Cloud ERP Indonesia - Mau tak mau sebuah usaha yang ingin maju harus mengikuti tren, dimana konsumen memang lebih banyak berada di dunia digital, jangan sampai rutinitas usaha kamu di sibukkan oleh urusan urusan basik seperti jam kerja berantakan, lalu produk basuk dan keluar yang tidak teratur hingga pengelolaan keuangan yang berantakan.

Usaha yang bisa beradaptasilah yang bisa bertahan, salah satu cara agar bisa beradaptasi adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi, manfaatnya adalah kegiatan setiap sektor usaha kita jadi lebih terbantu dan lebih mudah. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah harus investasi banyak untuk menggunakan jasa ERP ini?

Investasi tetap ada tetapi tak sebanyak jika kamu membuatnya sendiri, ERP ini menggunakan Cloud atau penyimpanan digital, jadi kita hanya membutuhkan pernagkat komputer yang terkoneksi internet maka sebuah tugas bisa di laksanakan dan pekerjaan menjadi terbantu.

Kelebihan dan Kekurangan Enterprise Resource Planning (ERP) - Oleh karena menggunakan penyimpanan digital ada beberapa keunggulan dan kelemahan yang bisa di rasakan oleh kamu sebagai pelaku usaha dalam menggunakan sistem operasi atau aplikasi ini. selengkapnya simak penjabaran singkat di bawah ini.

Kelebihan ERP (Enterprise Resource Planning) yang wajib kamu ketahui adalah Simple dan mudah bisa mengintegrasikan usaha dari hulu hingga hilir, mempermudah menyusun rencana, efisien selengkapnya adalah sebagai berikut

Kelebihan Enterprise Resource Planning (ERP)

No

Kelebihan Enterprise Resource Planning (ERP)

1

Tak membutuhkan tempat luas - karena penyimpanan digital maka penggunanya tak lagi membutuhkan perakat keras yang banyak dan tempat besar, cukup dengan komputer atau Laptop dan akses internet saja

2

Pengendalian dan pemantauan usaha berjalan mudah, mulai dari input hingga output produksi

3

Informasi terpapar jelas saat bahan baku datang hingga produk jadi siap jual

4

Masing masing bagian bisa saling terkoneksi atau tersambung, jadi sangat mempermudah operasional perusahaan

5

Tampilan yang sangat simple, Setiap orang bisa dengan mudah beradaptasi dan terus di kembangkan agar pengguna nyaman dalam pemakaian

Kekurangan ERP (Enterprise Resource Planning) di balik kelebihan tentu ada kekurangan, kamu harus menyimak ini agar lebih siap menghadapi kendala kedepannya.

Kekurangan Enterprise Resource Planning (ERP)

No

Kekurangan Enterprise Resource Planning (ERP)

1

Membutuhkan tambahan modal usaha, seperti akses internet dan komputer

2

Membutuhkan waktu bagia pengguna untuk beradaptasi dengan system

3

ERP merupakan System yang saling terkait, jadi setiap bagian di perusahaan kamu harus benar benar pahami sesuai dengan kebutuhan

4

Keterbatasan menu, karena ini aplikasi sudah jadi maka kamu yang harus menyesuaikan, kamu tak bisa merubah menu seenaknya.

5

Data - karena ini menggunakan penyimpanan digital pastikan data perusahaan kamu aman. Jangan sampai malah di curi atau di perjual belikan

Tujuan di ciptakaannya software cloud erp Indonesia tidak lain adalah untuk mempermudah pekerjaan sehingga menjadi lebih efisien. bukan hanya untuk perusahaan itu sendiri melainkan untuk pihak pihak terkaitdi luar perusahaan. sehingga ada nilai tambah dimana jumlah hingga kualitas produksi bisa meningkat lebih baik.

Untuk kmau yang hendak menggunakan ERP (Enterprise Resource Planning) pada Usaha kamu pahami kelebihan dan kekurangan dulu, setelah itu pilih perusahaan yang sudah berpengalaman di bidang ini, jangan tergiur dengan promosi.

Ingat ini adalah usaha kamu, jangan coba coba, jika memang hendak menggunakan ERp siapkan betul tambahan biaya yang akan keluar serta siap mendidik pegawai atau pengguna untuk memahami system terkait.

Belilah ERP sesuai kebutuhan kamu, karena ini system sangatlah komplek, ada manajemen akutansi, ada manajemen penggajian, kemudian ada pula manajemen persediaan sampai dengan manajemen penjualan, pastikan tepat saat membeli agar sesuai dengan kegiatan usaha kamu.

Selain itu pilih juga menu yang di tampilkan adalah minimal bahasa Inggris atau jika ada adalah bahasa Indonesia tentu tujuannya agar pengguna dimana dalam hal ini pegawai kamu bisa memakai dengan baik.

Ada beberapa hal lain yang juga bisa menjadi pertimbangan kamu ketika hendak membeli atau menggunakan Aplikasi ERP  (Enterprise Resource Planning) di perusahaan kamu adalah layanan purna jual mereka, apakah ada dukungan teknisi jika terjadi kendala, pastikan juga kamu paham biaya yang di timbulkan dari dukungan mereka ini.

kesimpulan: 

Pelaku UMKM Pakailah Software Cloud ERP Indonesia supaya Usahanya Makin Go Digital - Go digital memang sudah di depan mata, aku yakin sebelum melangkah kamu sebagai usahawan akan melirik kelebihan dan kekurangan dulu. Tujuannya adalah untuk mengelola resiko yang akan timbul. Pilih perusahaan penerbit ERP yang memang bverkualitas, memiliki layanan purna jual dan layanan dukungan teknisi. Selain itu pastikan kapan waktu yang tepat dalam mengaplikasikan system ERP di perusahaan kamu. Salam Wirausaha

Post a comment for "Pelaku UMKM Pakailah Software Cloud ERP Indonesia supaya Usahanya Makin Go Digital"