Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Hari Raya Nyepi

Hello Bro n Sis, Selamat Hari Raya Nyepi - Peringatan agama yang satu ini merupakan hal yang paling bermakna menurut aku, karena selain sebagai momentum pergantian tahun baru dalam kalender Bali yang di sebut Saka, Nyepi Day juga di menutup semua akses pulau Bali dengan dunia baik itu dari darat laut dan udara selama 24 jam. www.3835.info

Selamat Hari Raya Nyepi

Sebagai seorang Blogger Bali aku akan kasi sedikit gambaran jika semua penduduk yang ada di pulau dewata pada saat Nyepi tidak melakukan aktivitas seperti ke sekolah, ke kantor, ke pasar hingga menikmati hiburan lainnya, wujud tak melakukan aktifitas ini di tandai juga dengan tak menyalakan api lampu saat malam hari hingga pembatasan pengunaan internet.

Nyepi dalam ajaran hindu merupakan hari dimana setiap pribadi bisa lebih dekat dengan penciptanya, dengan introspeksi diri, puasa dan sembahyang dalam suasana yang hening di harapkan dapat lebih mengevaluasi hal hal yang sudah di lakukan dan yang akan di rencanakan.

Dalam Nyepi Day ada istilahnya Catur Brata penyepian, Makna dari hal ini adalah Catur berarti empat  brata merupakan makna dari larangan jadi Catur Brapa penyepian artinya 4 Larangan atau pantangan ketika Hari raya Nyepi. ke Empat Catur Berata ini adalah
  1. Amati Geni - Geni adalah Api, jadi saat nyepi setiap umat di larang menyalakan api, dalam perkembangan jalan api bisa berupa lampu, dan alat alat electronik lainnya
  2. Amati Karya - Karya adalah Kerja, ini pantangan selanjutnya, Umat hindu Bali sangat di anjurkan untuk tidak bekerja dan aktifitas fikik lainnya, termasuk belajar kecuali di beberapa instansi seperti rumah sakit dan tempat fital lainnya.
  3. Amati Lelanguan - Lelanguan adalah Hiburan, Ketika Nyepi di larang  mendapatkan hiburan atau menghibur dan melakukan hal hal kesenangan lain. seiring perkembangan jaman tentu menikmati hiburan dari gadget dan lain sebagianya.
  4. Amati Lelungaan - Lelungaan adalah bepergian, pantangan ini adalah kita tak boleh bepergian, baik kerja ataupun mengunjungi rekan bisnis. 

Itu tadi 4 larangan atau catur Brata Penyepian saat perayaan hari raya Nyepi di Bali, Umat Hindu bali di harapkan melakukan hal hal di rumah masing masing untuk mendekatkan diri dengan tuhan bersama keluarga tercinta, bisa berupa Yoga dan Semadi.

Nyepi tak serta merta langsung sepi tanpa adanya ritual sebelum dan sesudahnya. berikut beberapa Rangkaian dan rentetan hari Raya Nyepi di Bali
  1. Melasti - Di beberapa daerah di kenal dengan Melis atau Mekiis  yang di laksanakan 3 atau 4 hari sebelum hari raya nyepi, makna dari upacara ini adalah menyucikan benda pusaka pralingga atau pratima yang ada di pura ke laut. 
  2. Pangerupukan - Atau bahasa lainnya adalah Tawur kesanga ada juga yang mengebut Ngerupuk, maknanya adalah memberikan keseimbangan antara Tuhan Manusia dan alam dalam menyingkirkan Buta Kala dengan upacara pecaruan. Buta kala sudah di berikan persembahan Caru agar tak mengganggu Manusia ketika Nyepi Day. Saat pangerupukan ini juga masyarakat Hindu membuat ogoh ogoh sebagai wujud Buta yang di arak keliling kampung. Ogoh ogoh juga merupakan karya seni tinggi sehingga di beberapa daerah proses ogoh ogoh ini juga di lombakan. Di bagian bawah nanti adalah beberapa video ogoh ogoh di Kota Denpasar
  3. Nyepi Day - Setelah 2 tahapan tadi barulah perayaan Nyepi yang berlangsung 24 Jam mulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 06.00 hari berikutnya. Saat Nyepi ini semua umat melakukan Catur Brata Penyepian.
  4. Ngembak Geni - Setelah menyepi 24 jam maka tahapan selanjutnya adah Ngembak geni, Makna dari Ngembak geni adalah saling silaturahmi dengan anggota keluarga dan sanak saudara.

Bali Sebagai salah satu Pulau dengan mayoritas umat Hindu masih sangat kental melaksanakan Nyepi, Satu pulau selama 24 jam terisolasi dari dunia luar, Catur Brata penyepian di lakukan termasuk pemutusan akses Internet. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Video Ogoh ogoh Terbaru






Wisatawan yang hendak mengetahui seperti apa sih nyepi bisa kok, tentunya dengan berkunjung ke Bali dan menyewa akomodasi di Bali bisa di Ubud, Badung atau Singaraja. selain itu wisatawan juga harus taat kepada aturan yang berlaku, jangan keluar hotel atau tempat menginap saat Nyepi berlangsung selama 24 jam.

Selamat Hari Raya Nyepi - Semoga Dengan perayaan Nyepi keseimbangan Manusia Alam Dan penciptanya bisa terwujud, Semua Umat bisa berbahagia Salam untuk semua dari Bali Blogger

Post a comment for "Selamat Hari Raya Nyepi"

banner yamaha bali