Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943

Hello Bro n Sis, Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943 - Tak terasa pergantian tahun khusus rekan umat Hindu sudah kembali, kali ini masih dalam kondisi jaga jarak. www.3835.info

Untuk Bali sendiri tahun ini adalah yang ke dua kalinya tak melaksanakan pangerupukan, yup sebenarnya yang di nanti adalah sehari sebelum nyepi dimana kita semua pelakukan upacara yang bernama tawur kesanga.

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943

Tanpa Upacara Tawur Kesanga terasa sangat hambar, biasanya setelah mecaru di rumah masing masing pukul 18:00, semua mata tertuju pada parade ogoh ogoh.

Yup benar, Ogoh ogoh karya masing masing banjar akan di arak keliling kota Denpasar, hingga larut malam dengan beragam alunan gambelan Bali yang sangat semarak.

Selain itu beberapa bulan sebelumnya, para teruna teruni atau karang taruna sudah sibuk, keakraban makin terasa di masing masing wilayah. Mereka berkreasi dalam membangun ogoh ogoh guna memenuhi Ketentuan Penjuarian Lomba Ogoh Ogoh

Tahun lalu di 2020 masih ada lomba ogoh ogoh tetapi tak sampai di arak sebab pemerintah sudah melalukan himbauan untuk jaga jarak.

Tahun 2021 ini tak ada sama sekali, jangankan mengarak ogoh ogoh, lomba dan kegiatan rekan rekan di banjar yang setiap tahun selalu penuh canda tawa tak terdengar lagi.

Tapi semua itu adalah untuk mencegah penularan penyakit, kita di himbau menahan kegiatan keagamaan atau budaya yang menimbulkan kerumunan.

Meskipun tanpa Upacara Semarak khususnya di pangerupukan, makna hari raya Nyepi tak berubah, Kita sebagai umat harus bisa menyeimbangkan antara kegiatan manusia dengan alam, dalam hal ini alam juga butuh istirahat, khusus di Bali di maknai dengan waktu 24 jam dari pukul 6 pagi hingga 6 pagi esoknya.

Selain itu Nyepi juga memiliki makna ke pribadi masing masing, makin dekat dengan keluarga, kemudian melakukan kegiatan keagaan bersama di rumah masing masing. 

Selama 24 jam kita bisa saling instrospeksi diri, hal hal apa yang sudah di capai dan hal hal apa yang masih dalam proses menuju keberhasilan.

Momentun 24 jam kita bersama sama di rumah ini merupakan kesempatan yang sangat langka, melihat perkembangan Ayak, Ibu, Adik, Kakak, hingga kerabat adalah hal spesial, kita bisa meminta kritikan dan masukan dalam mencapai cita cita.

Tapa Bratha Penyepian Atau Pantangan Umat Hindu Saat Hari Raya Nyepi

Makna Nyepi lainnya adalah kita harus bisa menaham keinginan, secara agama Hindu ada 4 bernama Tapa Bratha Penyepian yakni

Amati Karya 

yang di maksud dengan amati karya adalah kita sama sekali tak boleh bekerja, jadi selama di rumah kita instrospeksi diri, Sekaligus sembahyang di Sanggah Atau pura masing masing bersama anggota keluarga

Amati Geni

Secara makna maksudnya adalah tak boleh menyalakan api atau lampu, hal ini juga bertujuan untuk pribadi masing masing untuk bisa mengontrol emosi.

Amati Lelungan

Kita tak boleh melakukan keluar rumah apalagi bepergian, maknanya agar bumi atau alam juga bisa merasakan ketenangan.

Amati Lelanguan

Ini juga sangat berperan dimana kita tak boleh bersenang senang, Tujuannya jelas adalah untuk memfokuskan diri pada ibadah dan keluarga.

Sebagai pribadi yang tak luput dari kesalahan, secara pribadi aku mengucapkan Maaf kepada seluruh teman teman baik di sengaja maupun yang tak di sengaja.

Lewat perayaan hari raya Nyepi ini aku pribadi akan instrospeksi diri hal hal yang sudah di perbuat, dan berharap kita terus bisa berkarya dan berbagi hal positif

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943 - Semoga di tahun mendatang kerja sama dan kolaborasi yang kita ciptakan selalu bermanfaat dan kita semua bisa segera terbebas dari belenggu pandemi ini.

Post a comment for "Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943"