Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Investasi Adalah

Hello Bro n Sis, Pengertian Investasi Adalah - Di tanah air berdasarkan pengalaman pribadi kita di ajarkan sejak kecil selalu menabung, itu tidak salah tetapi tahapan selanjutnmya dari menabung yang tak banyak orang paham. www.3835.info

Investasi

Simpanan yang sudah kita miliki dan di simpan beberapa lama tersebut akhirnya habis karena kita konsumsi, yang benar simpanan itu tumbuh dan berkembang sehingga nilainya makin banyak bahkan melebihi nilai yang di harapkan.

Loh kok bisa meningkat, kan bunga atau imbal balik tabungan pada Bank di Indonesia sangat kecil? benar banget oleh karena itu jika kamu ada rejeki jangan di tabung istilahnya tetapi di Investasikan. Apa sih Investasi itu?

Investasi

OK mari kita telusuri lebih dalam akan metode pengembangan kekayaan ini, Pengertian Investasi Adalah Penanaman dana atau aset yang di lakukan oleh perseorangan atau perusahaan pada jangka waktu tertentu, yang namanya menanam pastinya memiliki tujuan untuk panen.

Panen di sini adalah berupa keuntungan di masa yang akan datang. Pertanyaannya dimana kita melakukan penanaman modal ini? 

Aku bukan bermaksud menggurui hanya berbagi, jika kamu sudah bepengalaman pastinya tak akan mampir di mari kan, tulisan ini di tujukan bagi rekan rekan yang hendak terjun ke dunia Investasi untuk pemula.

Cara Investasi

Investasi ini berbeda dengan menabung, tetapi memiliki konsep yang identik dengan menabung, yang penasaran dengan simpanan ini kamu bisa meluncur ke Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

Untuk berinvestasi ini ada beberapa cara atau metode, maksudnya kamu mau menyimpan dana kamu dalam bentuk apa dan dalam jangka waktu berapa lama.

Kamu bisa menanam modal sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya dan memang dalam berinvestasi haru di bagi bagi menjadi berapa jenis jangan terpaku pada satu metode saja.

Jenis Jenis Investasi

Ini yang sebagian orang masih keliru, lembaga pengembangan modal ini di tanah aior ada banyak kamu harus teliti dalam memilihnya dan sesuaikan dengan kondisi daerah kamu, hal ini khusus untuk penanaman modal di bidang property dan Emas.

Berdasarkan waktu investasi di bedakan menjadi 2 yakni jangka pendek dan jangka panjang, dengan uraian sebagai berikut

  • Investasi Jangka Pendek

Yang namanya penanaman modal atau Investasi Jangka pendek adalah waktu memperoleh imbal hasil tak leboih dari 3 tahun, hal ini biasanya di lakukan untuk menunggu waktu yang tepat bagi pengusaha untuk memasukkan dananya ke investasi yang lebih besar atau jangka panjang.

Ciri ciri investasi jangka pendek ini adalah simpel, tak membutuhkan analisa mendalam resiko rendah dan sangat mudah di cairkan.

Contoh investasi jangka pendek adalah Reksa dana, dan Deposito. Ke dua jenis penanam modal ini paling sering di lakukan karena prosesnya mudah dan tak membutuhkan pemahaman lebih lanjut.

  • Investasi Jangka Panjang

Ini yang lebih menjurus, investasi jangka panjang ini biasanya memiliki target keuntungan di atas 10 tahun. Return atau imbal balik atau panennya sangat besar hasilnya.

Tapi jangan salah resiko dari investasi jangka panjang ini juga besar, selain itu kamu harus melakukan beberapa metode semacam pengetahuan sebelum menanam modal.

Ciri ciri investasi jangka panjang adalah membutuhkan pengetahuan serta analisa lebih dalam menanam modal selain itu kamu harus paham resiko dan cara mengendalikan nya.

Contoh Investasi jangka panjang adalah Property dan Saham, kedua ini sangat populer di Indonesia 

Instrumen Investasi Yang Populer

Aku mau berbagi beberapa Instrumen investasi yang paling sering di pilih masyarakat Indonesia mulai dari yang mudah sampai yang membutuhkan analisa lebih dalam melakukannya.

  • Deposito 

Aku yakin 100 % seluruh yang baca pasti paham akan jenis ini, sebab ada di seluruh Bank dan kamu pasti pernah memilikinya.

Pendapatan investasi Deposito hanyalah dari bunga, bunga deposito rata rata 5-8% per tahun, serta potongan pajak.

Jangka waktu deposito ada yang bulanan, lalu ada juga per 3 bulan, kemudian jangka waktu 6 bulan dan setiap tahun atau 12 bulan.

  • Emas

Metode ini sebetulkan lebih tepat untuk jangka panjang dan lebih fokus ke penyimpanan, untuk imbal baliknya nyaris tak ada bunga

Pendapatan investasi jenis emas ini adalah nilai yang meningkat saat kita jual di masa yang akan datang, untu yang penasaran dengan model ini kamu bisa baca Cara Menabung Emas

Emas kini tak harus dimiliki dalam bentuk fisik, tetapi bisa juga dalam bentuk simpanan di rekening, kamu baca selengkapnya di tulisan aku sebelumnya

Investasi emas ini sangat liquid mudah di cairkan dimanapun bisa, saran aku surat surat atau dokumen penyertanya jangan sampai hilang untuk memberikan keyakinan ke pembeli

  • Property

Model ini juga nyaris identik dengan emas, ada fisik serta ada biaya gono gini dalam proses pemilikan selain itu ada biaya pajak serta biaya perawatan jika adalam bentuk bangunan.

Tak ada imbal balik yang bisa kita peroleh, kecuali kamu sewakan jika dalam bentuk bangunan atau ada hasil usaha berupa bagi hasil jika berupa sawah dan ladang.

Investasi property ini sangat tak liquid, kamu membutuhkan waktu untuk melakukan pencairan, dalam hal ini hingga prosuk kamu laku. Selain itu ini merupakan investasi jangka panjang

  • Reksa Dana

Model ini merupakan taham selanjutnya dari penanaman modal, jumlahnya tak harus besar kamu bisa mencicilnya setiap bulan lewat lembaga terpercaya.

Mekanisme reksa danaadalah mengumpulkan dana pemilik modal untuk di simpan pada jenis jenis instrumen yang di tawarkan.

Jenis jenis Reksa dana secara umum ada 5 yakni reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana index dan reksa dana campuran.

Masing masing jenis reksa dana ini ada kelebihan dan kekurangan, kamu haur konsultasi ke lembaga terkait untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

  • Peer To Peer Lending

Ini istilah sangat keren di kalangan masyarakat, yang di maksud sebagai peer to peer lending adalah kamu sebagai pemilik modal meminjamkan ke orang secara pribadi atau ke perusahaan.

Prosesnya sesuai kesepakatan kamu sendiri, yang jelas kamu harus punya konsep dalam memberikan dana ke nasabah kamu, jangan sampai tertipu. 

Resiko cukup besar tetapi hasil juga lumayan, setahun bisa 10-20 persen loch, istilah jaman dahulu kamu di sebut rentenir. 

  • Saham

Ini tahap terakhir bagi seorang penanam modal, sebuah perusahaan go publik bisa menjadi milik kamu dan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga serta Deviden perusahaan

Untuk melakukannya kamu harus memiliki rekening khusus dan lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa atau pasar uang.

Ada resiko yang harus di kelola dan ada juga imbal balik yang di peroleh. pastikan kamu membeli produk yang benar. 

Sama dengan investasi lainnya pahami dulu calon atau incaran perusahaan yang akan kamu beli, jangan beli kucing dalam karung.

Investasi saham termasuk investasi jangka panjang, dan jika kamu pemula bisa simak Cara Beli Saham Untuk Pemula

Semua benar tak ada yang salah dalam memilih Instrumen Investasi, semua kembali ke tujuan kamu, jika kamu pingin emas otomatis pilih tabungan emas, jika ingin property ya sudah pasti koleksi kamu adalah tanah dan bangunan.

Pengertian Investasi Adalah - Ingat yang terpenting adalah bagaimana mengolah resiko yang ada, tujuan investasi yang utama dalah imbal baliknya. Selamat Melakukan Penanaman Modal

Post a Comment for "Pengertian Investasi Adalah"