Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kawasaki ZX25R Makin Keren Dengan Electronic Throttle Valve

Hello Bro n Sis, Kawasaki ZX25R Makin Keren Dengan Electronic Throttle Valve - Sebagai sebuah motor yang sangat di nantikan kehadirannya khususnya Indonsia, kuda besi kawasaki ini memang sangat idaman banget bagi mereka penggila kecepatan dan teknologi. www.3835.info

ZX25R Hitam With ETV

Untuk kecepatan jangan meragukan bagaimana mesin 4 silinder 250 cc nya, mesin jenis ini memang tak baru banget karena sekitar 1 decade lalu sempat di luncirkan tetapi di stop, lalu muncul lagi dengan beberapa update khususnya di sisi teknologi.

Pada seri perdananya motor 250cc 4 silinder memang masih sangat manual, khususnya pada penyaluran informasi dari tuas gas ke mesin, dimana dahulu di lakukan dengan kabel, kini semua telah beralih menggunakan sensor.

Sebenarnya ini bukan hal baru juga, sebab di salah satu produk sport terbaru honda CBR250RR juga sudah memakai ride by wire, dimana dengan metode ini memungkinkan penyematan fitur lainnya seperti riding mode. 

Untuk kawasaki mereka menyebut teknologi mereka dengan istilah (ETC) Electronic Throttle Valve, teknologi pada ZX25R ini sudah identik dengan motor besar kawasaki lainya khususnya yang terbaru, dampaknya ya tak banyak kabel yang ada di stang kemudi.

Seperti apa sih mekanisme kerja ETV pada kawasaki ini? sedikit gambaran buat kamu agar lebih tahu dan tahu lebih

Dalam sebuah kendaraan standar tuas gas di putar maka kabel gas akan menyampaikan informasi ke mesin dan mesin melakukan tugasnya sesuai dengan putaran gas pengendara. Hal senada sebenarnya berlalu juga pada motor terbaru ini.

Perbedaannya gas dulu dan gas sekarang adalah pada alat penyampaian informasi tersebut, di era teknologi semua sudah di atur menggunakan piranti elektronik termasuk penganti kabel gas ini. Ketika tuas gas di putar maka ada sebuah sensor yang bernama (APS) Accelerator Position Sensor sebagai pembaca putaras gas kamu.

Setelah APS mengumpulkan data barulah di sampaikan ke (ECU) Electronic Control Unit untuk di olah kembali sebelum akhirnya di sampaikan ke (ETC) Electronic Throttle Control.

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas ada beberapa manfaat dengan di berlakukannya teknologi elektronik pada pengganti kabel gas ini.

Manfaat Electronic Throttle Valve Pada Motor

  1. Motor jadi makin rapi, jelas saja karena tak banyak pengkabelan yang menumpuk di area kemudi khususnya sisi kanan
  2. Fitur tambahan dalam hal ini kawasaki ZX25R memiliki power mode, kabarnya ada 2 pilihan yakni Low dan Full.

Tak perlu banyak di jelaskan lagi akan power mode yang ada 2 ini, sebagai gambaran awal jika power mode Low sudah pasti membuat mesin lebih tenang serta sangat cocok kamu pakai untuk santuy atau harian. Sebaliknya pada power mode Full maka semua muntahan tenaga bisa di peroleh, kondisi seperti ini sangat cocok untuk lintasan balap.

Tambahan informasi power mode pada kawasaki ZX25R ini juga sangat berpengaruh pada tenaga yang di hasilkan, misalnya pada posisi low maka besaran tenaga hanya 30 daya kuda saja, berbeda halnya jika power mode dalam posisi full maka daya kuda maksimal juga di kisaran 45 dk lebih. kita nantikan saja info resminya nanti.

Luapan tenaga sebesar ini bisa di pastikan kompresi motor juga sudah sangat tinggi di atas 11:1, jadi kamu pemilik ZX25R nanti jangan sembarangan isi bahan bakar minyak. Simak Cara menentukan bahan bakar Sesuai Kompresi Motor.

Dampak dari penerapan teknologi lainya adalah Harga karena masih baru tentu harga juga masih tinggi, berbeda nanti jika sudah banyak yang pakai harga bisa lebih terjangkau. Untuk harga ZX25R di Indonesia sih masih belum resmi tetapi Harga ZX25R di Selandiabaru lebih mahal dari motor gede

Kawasaki ZX25R Makin Keren Dengan Electronic Throttle Valve - Karena full electronik kamu juga sebagai ride harus lebih peduli dengan motor, jangan asal memodifikasi bisa eror tuh, Kita tunggu tanggal main peluncuran ZX25R

Post a comment for "Kawasaki ZX25R Makin Keren Dengan Electronic Throttle Valve"

banner yamaha bali