Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Disavow Links Pakai Google Search Console

Hello Bro n Sis, Cara Disavow Links Pakai Google Search Console - Di tulisan kali ini aku mau berbagi cerita tentang tips dan triks dunia per bloggeran, bukannya mau menggurui tetapi berbagi informasi berdasarkan pengalaman. www.3835.info

goodle disavow links

Sebagai seorang konten kreator yang mampir ke sini tentu sangat membutuhkan info mengenai penghapusan back link yang menuju blog kamu dari alamat yang tak jelas atau link tidak hidup, atau link tidak baik yang tak sesuai dengan tema tulisan kamu.

Kabar lain untuk yang mau tahu cara submit tulisan ke mesin pencari silakan baca Cara Submit Artikel ke google, semoga membantu

Google Disavow Links Adalah - Google sebagai salah satu mesin pencari terbaik telah membuat suatu alat yang dapat mengijinkan baik dan menolak link tidak baik ke web atau blog kamu. Pastinya kamu akan bertanya mengapa ada yang baik dan baik selain itu mengapa di tolak?

Sebelum melangkah ke pembahasan lebih detail ada baiknya kita paham dulu apa itu Backlink - Pengertian Baclink adalah alamat url sebuah web atau blog yang mengarah ke weblog kita, simple contohnya kamu membuat sebuah postingan blog lalu kamu bagikan di twitter, link yang datang dari twitter ini merupakan salah satu backlink.

Makin banyak backlink ke web blog kamu maka kualitas bog kamu meningkat di mesin pencari, tetapi tak semua backlink ini baik, bisajuga dari backlink ini penilaian blog kamu menurun. Kamu harus paham mana backlink baik dan mana baclink buruk. Itulah fungsi utama dari Google DIsavow Links ini.

Waktu yang tepat dalam menggunakan Google Disavow Links - Memang sudah di sediakan tetapi lebih bijak kamu pahami dahulu link link yang mengarah ke blog kamu, mana link yang termasuk spam dan mana link blogg atau web benar. Jika bertanya waktu kapan, sebaiknya setelah 3 bulan pembuatan blog, waktu ini aku rasa sangat ideal karena blog kamu sudah mulai mendapatkan pembaca dan mulai ada yang ingin menurunkan peringkat.

Selanjutnya kamu bisa mengontrol links yang masuk ini setiap bulan sekali, apalagi blog yang sudah ada trafik lebih tinggi ini harus di monitor terus. Langkahnya mudah saja kok bagaimana cara mengecek link tidak baik ke blog kita ini.

Cara Mengecek Backlink ke web atau Blog kita - kamu hanya membutuhkan satu aplikasi yang sudah di sediakan google yang bernama Google Search Console, tetapi sebelum itu pastikan web atau blog kamu sudah terdaftar ya, aku tak akan jelaskan cara mendaftar, aku anggap kamu sudah melakukannya.

Sebagai seorang webmaster kamu tentu mengetahui trafik web atau blog kamu selama ini, jika terjadi hal aneh misalnya turunnya peringkat atau lalu lintas secara drastis, barulah kamu mengecek penyebabnya. Beberapa penyebab lalu lintas web atau blog turun antara lain.

Penyebab Peringkat atau Trafik Web Blog Turun

Up Date Algoritma

Sebagai salah satu perusahaan mesin pencari terbesar pastinya akan selalu ada pembaharuan, kamu harus paham apakah web atau blog sudah mengikuti syarat dan ketentuan

Serangan Backlink Buruk

Ada memang orang yang berpikir singkat mengirimkan backlink tak baik hal inilah yang akan kita bedah lewat tulisan ini

Web Blog Lain Lebih Baik Optimasinya

Namanya seorang konten kreator pastinya selalu memaksimalkan optimasi, kamu juga harus update akan hal ini jangan sampai kalah.

Server Down

Ini masalah teknis, kita bisa menghubungi penyedia untuk mempertanyakan dan berapa lama perbaikan di lakukan. Saran aku jika sering terjadi lebih baik kamu pindah server ke yang lebih baik.

Web atau blog di Hack

Ini juga menjadi momok, dimana blog dan web kita menjadi sasaran hack, saran aku lengkapi web dan blog kamu dengan tingkat keamanan yang baik.

Dari pengalaman aku, jika blog atau web yang sudah kita kenal tidak perlu kamu anggap link buruk, link yang masuk ini mungkin karena saling komentar di blog atau memang sesama hobby mengenai tulisan yang di bahas. yang patut kamu seleksi adalah web atau blog dengan alamat aneh saja. untuk mempersingkat waktu dalam memilih, misalnya web P3rjud1-an, lalu web Hal Tak baik atau dewasa.

Kumpulkan data data web ini dalam sebuah Note Pad atau sebuah perangkat yang bisa menyimpan file berupa .txt, mudahnya sih aku sarankan kamu memakai Note Pad yang sudah ada di komputer atau laptop kamu

Cara cek backlink web blog

Cara mencatat dan mengumpulkan nama domain untuk Google Disanow Links adalah sebagai berikut

Cara Cek Backlink Spam Lewat Google Search Console

Masuk Ke Google Search Console

Kamu tinggal bukan web site Google Search console dan masuk dengan akun kamu kemudian pilih web atau blog yang akan kita cek

Links / Tautan

Pada halaman pembuka kamu bisa lihat di bagian kiri bawah menu links, silakan di pilih

Situs Tertaut Teratas

ada pilihan Internal links, External links dan Situs Tertaut Teratas pilihlah yang Situs tertaut teratas, kemudian klik more

Seleksi Situs Tertaut Teratas

Akan muncul Link link yang menujuk web atau blog kamu, kamu bisa menyeleksinya, link manakah yang mencurigakan,

Teliti dan Sabar

Di Sini kamu membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam melakukannya, baik buruknya links yang mengarah ini harus benar di cek, bagaimana kualitas web atau blog si pengirim.

Untuk link kamu tinggal copy saja sesuai data di data external link, dan di akhiri html

Contohnya: http://contoh.net/03/2020/contoh-tulisan.html

kamu bisa juga mencatat nama domain secara menyeluruh

Contohnya: domain:contoh.net

Jika sudah maka simpan dalam bentuk file .txt.

Catat Domain untuk disavow links


Cara Disavow links pakai Google Search Console - Setelah selesai men seleksi domain dan link kamu tinggal menuju ke Google Disavow Links, maka kamu akan di suguhkan sebuah menu sederhana menolak link, pilihlah blog atau web kamu yang akan di lakukan penolakan.


Cara Disavow Link Google Search Console

Setelah kamu pilih kamu tinggal menekan Disavow links, kemudian akan muncul pilih file, maka tindakan selanjutnya adalah memilih file dengan file .txt tadi hasil seleksi tersebut, lalu klik submit dan selesai.

Proses penolakan link dengan Google Disavow Links langkahnya sangat cepat, yang lama adalah proses seleksi domain dan link yang mengarah dari external. Sedikit informasi tambahan meskipun kamu sudah melakukan penolakan ini tak langsung loh prosesnya, mesin membutuhkan waktu beberapa bulan untuk melakukan. Bersabarlah!

Cara Disavow Links Lewat Google Search Console - Semoga memberikan manfaat buat kamu, dan jika ada pertanyaan silakan jari saya di media sosial, mari kita sama sama belajar. 

Post a comment for "Cara Disavow Links Pakai Google Search Console"

banner yamaha bali