Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tetap Jalin Silaturahmi Astra Motor Bali Lakukan Gathering Digital

Hello Bro n Sis, Tetap Jalin Silaturahmi Astra Motor Bali Lakukan Gathering Digital - Ranah digital menjadi salah satu jawaban di balik pandemi yang di alami oleh bumi ini, Semenjak di anjurkan untuk #DiRumahAja oleh pemerintah beragam kegiatan hanya mulai sekolah hingga bisnis di laksanakan dari rumah masing masing. www.3835.info

Gathering digital Astra Motor Bali 2020

Sebagai Conten Creator yang menggunakan media Blogger dan Youtube aku pribadi juga tak bisa leluasa mencari bahan untuk di buat lantaran kita hanya berkarya dari rumah, namun Astra Motor Bali tetap memberi dukungan berupa infomrasi terkini lewat rana digital. Infomrasi yang di berikan bukan hanya tentang jualan produk melainkan tentang beragam kegiatan CSR yang telah di lakukan bersama komunitas honda di Pulau Dewata.

Saat itu tepat sabtu siang 25 April 2020 sebuah pesan masuk ke HP, di awal pesan sedikit kaget juga karena ada kata kata gathering, eh begitu membaca lebih detail ternyata acara berlangsung secara Online alias kita tak harus keluar melainkan tetap di rumah saja. Selain itu pada acara ini juga di isi materi Oleh PWI Bali.

Kabar lain yang suka custom bisa lihat XSR155 Modifikasi satu ini keren banget

Adapun aplikasi yang akan di gunakan adalah Zoom, sebuah aplikasi yang memang sedang naik daun di penjuru dunia, Acara akan di laksanakan pada 26 April 2020 pukul 19.30 sampai dengan 20.30 WITA. dengan peserta Blogger, Youtuber dan Rekan rekan wartawan Otomotif Bali.

Pada Gathering digital Astra Motor Bali perdana ini mengusung tema "Media Dalam Pusaran Badai Corona" dimana Narasumber adalah Emanuel Dewata Oja (EDO) selaku Wakil ketua Bid Organisasi PWI Bali dan Ketua Serikat Media Sibr Indonesia Prov Bali

Mengingat acara berlangsung pada jam 19.30 maka tahu sendiri kan kesibukan bapak rumah tangga di rumah, hahaha, anak anak pada mau bermain dan ada yang suah akan tidur, sedikit rempong memang. Tetapi karena kita memang sudah jarang ketemu semangat untuk tatap muka langsung merupakan suatu hal yang sangat berharga. Bukan hanya itu materi yang akan di bagi juga menarik.

Akhirnya waktupun tiba, disini untuk aku pribadi sedikit ada masalah, suara sama sekali tak terdengar, baik itu mendengar atau berbicara tidak bisa, beberapa cara sudah di coba seperti log in ulang dan refresh aplikasi, tetap tidak bisa.

Apakah ini masalahnya, ternyata ada satu tanda yang tidak di aktifkan yaitu tombol suara, berkat bantuan anak akhirnya bisa join dengan baik saat materi di jelaskan oleh nara sumber. Anak anak jaman now lebih cepat paham baca tampilan aplikasi di banding kita kita ya hahaha.

Beberapa poin yang aku fokus adalah cara membedakan berita Fakta atau Hoax, di dalam kondisi semacam ini sangat penting nih bagi kita agar tak terbawa arus. Berikut langkah yang harus kita lakukan begitu mendengar berita.

Cara Membedakan Berita Hoax atau Berita Fakta dengan 6P adalah sebagai berikut
  1. Perhatikan Hati - Hal ini kita rasakan di diri masing masing, jika sangat cepat membawa emosi kita baik marah atau seding, besar kemungkinan itu berita provokasi. 
  2. Pesan Berantai - Terdapat kata kata tolong sebarkan, atau viralkan, kita sebagai pembaca harus lebih teliti jangan asal tekan tombol bagikan.
  3. Periksa Sumber - Ini yang wajib kita ketahui, sumber berita dari siapa, misalnya kepala daerah atau pimpinan perusahaan. jika pakai inisial kamu wajib waspada.
  4. Periksa Redaksi - Pastikan redaksi yang tertera benar, ada juga redaksi yang tertera itu abal abal. memang membutuhkan waktu untuk memastikan ini, tetapi jika kamu menemukan keadaan ini sebaiknya jangan sebarkan dulu beritanya.
  5. Pakai Akal Sehat - Jangan asal tekan tombol bagi, kita wajib menyaringnya dulu, ikuti tahapan di atas. 
  6. Penyakit kambuhan - Namanya penyakit ya kita harus obati, jangan sampai ketagihan membuat provokasi atau kegaduhan, lebih baik sebarkan hal hal baik dan positif.

Selain itu ada sedikit tips untuk kamu dari narasumber Emanuel Dewata Oja, dimana langsung menuju web Turnbackhoax.id atau stophoax.id. dalam web ini akan di terbitkan tulisan kabar kabar hoax yang beredar di masyarakat.

Selain cara mengetahui Berita Hoax kita juga mendapat informasi tentang hal hal yang harus di lakukan peliput berita di saat pandemi seperti sekarang, EDO

Cara Meliput Berita di Saat Pandemi
  1. Utamakan Perlindungan Kesehatan dan Keselamatan Diri
  2. Bekali diri dengan pengetahuan tentang materi yang akan di liput "To Know Something from everithing"
  3. Jika tanpa alat pelindung diri jangan melakukan Peliputan
  4. Harus Memakai APD alat Pelindung Diri
  5. Wawancara jarak jauh
  6. Mengutip dari Media Sosial atau video sesuai dengan kode Etik
  7. Tidak Wawancarai anak di bawah 16 tahun jangan menyebutkan nama narasumber
  8. Tidak melakukan liputan langsung ke Rumah Sakit dan Kamar jenasah
  9. Selalu Jaga Jarak saat Door Stop
  10. Tidak menghadiri Konprensi Pers
  11. Jika pakai Drone jangan memganggu suasana acara
  12. Taati aturan pemerintah
  13. Minta Perusahaan menyediakan APD dan biaya perawatan.

Hal penting yang aku dapat kan adalah anjuran bagi media ketika menulis berita untuk publik, ini sangat penting agar pembaca kita tak terbawa emosi dan melakukan hal hal aneh.

4 Anjuran Penulisan Berita
  1. Jangan gunakan Narasi Menakutkan
  2. Jangan gunakan Gambar atau Grafis Atau Ilustrasi Menakutkan
  3. Terapkan Norma Penulisan Berita Sesuai Kode Etik dan UU Pers
  4. Bangkitkan Optimisme

Nah sudah jelas banget kan, di saat kondisi seperti ini bukan kabar tidak benar yang di butuhkan, melainkan kabar yang memberikan semangat dan rasa optimis dalam diri pembaca.

Dalam waktu yang sangat singkat, di balik suka jumpa rekan rekan terdapat materi yang sangat luar biasa, Pastinya sebagai Pencipta Konten, aku pribadi akan terapkan ketika meliput dan membuat tulisan di blog.

Tetap Jalin Silaturahmi Astra Motor Bali Lakukan Gathering Digital - Meskipun di dunia digital tetapi acara ini sebagai pelepas dahaga setelah sekian lama tak jumpa, terima kasih Astra Motor Bali Sudah memfasilitasi acara ini. Salam Sehat untuk kita semua, dan semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa aktifitas normal kembali.

9 comments for "Tetap Jalin Silaturahmi Astra Motor Bali Lakukan Gathering Digital"

  1. Wah mantab nih, bisa gathering digital segala. Btw, itu zoom menguras kuota banget. Tul gak sih?

    ReplyDelete
  2. Assssikkk nih masih bisa saling komunikasi gathering online

    ReplyDelete
  3. Wah mantap , aku kapan ya ikutan

    ReplyDelete
  4. Soal hoax memang masih banyak diantara kita yang begitu gampangnya share-share info gak valid di group2 WA

    ReplyDelete
  5. Bukannya zoom lagi naik daun karena issue keamanan yahh?

    ReplyDelete
  6. Moga cepet selesai pendemi ini jadi bisa gathering di darat lagi...

    ReplyDelete
  7. Gak ada makan makan deh wkwkwk

    ReplyDelete
banner yamaha bali