Pastikan Imei Smartphone Asli Bukan Curian atau Pasar Gelap Agar Sinyal Tetap On

Hello Bro n Sis, Pastikan Imei Smartphone Asli Bukan Curian atau Pasar Gelap Agar Sinyal Tetap On - perkembangan teknologi tentu dari sisi positif berdampak sangat baik, selain itu ada dampak negatif jika produk electronik kita hilang di curi, karena produk electronik belum memiliki surat surat  semacam barang berharga lain maka di industri ini di kenal dengan istilah Imei. www.3835.info

SIM Card akan tak berfungsi Jika SmartPhone Tak terdaftar Sesuai IMEI

Apa Sih IMEI? IMEI adalah International Mobile Equipment Identity, Jadi setiap perangkat Smartphone memiliki Imei berbeda beda. Di Indonesia ada aturan baru untuk hal ini, untuk HP Pasar gelap dan HP Curian akan tidak dapat sinyal layanan operator karenapihal pemilik imei asli telah melaporkan ke pihak operator untuk tam memberikan layanan ke HP tersebut sebab itu HP pasar gelap ataupun HP hilang.

Keterangan ini di muat dalam peraturan Menteri Kominfo No 11 Tahun 2019, Aturan apa sih itu. Yakni Aturan tentang Alat bantu dan Atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan bergerak Seluler melalui Identifikasi InternationalMobile Equipment Identity. Pasal berapa aturan ini bisa kita ketahui? Pada Pasal 9 Permen Kominfo Nomor 11 tahun 2019.

Adapun bunyi pasal 9 Peraturan Menteri (Permen) Kominfo nomor 11 Tahun 2019 pasal 1 adalah
"Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada pengelola Sistem Pengelolaan IMEI Nasional melalui Penyelenggara agar IMEI Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang dilaporkan hilang dan/atau dicuri untuk dimasukkan ke dalam Daftar Hitam"

Dengan adanya laporan pemilik baik itu produsen atau pribadi yang HP atau Smartphone nya hilang bisa melaporkan ke pihak operator agar tak bisa tersambung ke jaringan.

Aturan ini di buat tentu bukan tanpa alasan, pihak produsen pastinya mengalami kerugian atas produk produk mereka yang di jual bebas di pasar gelap, selain itu untuk pribadi yang hp nya kecurian dengan adanya aturan ini maka si pencuri tak bisa menggunakan Hp nya untuk Tlp, hanya bisa untuk main game atau mendengarkan musik saja.

Dengan berkurangnya fungsi HP jika sudah tak bisa tersambung ke jaringan operator pastinya si pencuri tak bisa menjual HP itu lagi, Si pencuri hanya bisa menyambungkan perangkat lewat Wifi. Paling tidak nilai barang sudah berkurang.

Lalu bagaimana cara agar HP itu bisa diberlakukan normal lagi? solusi adalah pencuri mengembalikan Hp ke si pemilik, tentu dengan di melengkapi beberapa data di bawa ke operator supaya nomer imei tadi tak di blokir lagi.

Lebih jelasnya tentang cara mengaktifkan lagi nomer IMEI yang sempat di blokir bisa kita ketahui di Pasal 9 Peraturan Menteri nomor 11 tahun 2019 ayat dua yang berbunyi
"Dalam hal Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang dilaporkan hilang dan/atau dicuri telah ditemukan kembali, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada pengelola Sistem Pengelolaan IMEI Nasional melalui Penyelenggara untuk mengeluarkan IMEI dari Daftar Hitam"

Untuk sekala besar produsen smartphone yang menjual produknya di Indonesia sudah melakukan pendaftaran nomer IMEI ke pemerintah, Jika nomer IMEI ini tak terdaftar bisa di pastikan smartphone yang kamu beli tak bisa tersambung ke Internet.

Apakah ada cara mengecek apakah IMEI hp yang kita beli sudah terdaftar atau belum? Tentu ada dong, kamu bi samengecek lewat situs resmi pemerintah dalam hal ini kementrian perindustrian di alamat https://imei.kemenperin.go.id/

Untuk personal yang hendak membeli Hp dari rekan atau pasar digital kamu bis amengecek Imei langsung di HP dengan cara mudah, cara mengecek Imei di Smartphone adalah tepan *#06#

Aturan Kementrian ini mulai di berlakukan 6 bulan sejak di tanda tangani, So Jadi sekitar pertengahan tahun 2020 pastikan Smartphone kamu adalah produk remi bukan gelap gelapan dan curi curian.

Pastikan Imei Smartphone Asli Bukan Curian atau Pasar Gelap Agar Sinyal Tetap On - Semoga kedepan industri di negara ini makin berkembang, tak merugikan para pencipta tau pembeli, sama sama untung lah. bukan di nikmati para pengusaha pedagang pasar gelap.

0 Response to "Pastikan Imei Smartphone Asli Bukan Curian atau Pasar Gelap Agar Sinyal Tetap On"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel