Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lensa Kamera Mirrorless Untuk Pemula

Hello Bro n Sis, Mengenal Lensa Kamera Mirrorless Untuk Pemula - Pada kesempatan kali ini aku mau berbagi sebuah kabar penunjang akat jepret yang juga di sesuaikan dengan kebutuhan ruang serta kondisi pencahayaan untuk menghasilkan gambar lebih baik. www.3835.info

Lensa Kamera Mirrorless Canon

Meskipun teknologi kamera HP sudah sangat maju, tetapi menurut aku keberadaan kamera dengan lensanya masih belum tergantikan. mengapa demikian karena dengan lensa kamu bisa menyesuaikan beberapa hal yang tak ada di sebuah smartphone.

Memang dengan bantuan app ada hal yang bisa di olah digital, namun seni potret aku rasa kurang, selain itu membutuhkan kemampuan serta perangkat yang lebih untuk edit hingga menghasilkan gambar sesuai keinginan.

Lensa Lensa Kamera Mirrorless

Ok tanpa panjang lebar lagi berikut lensa yang wajib kamu miliki jika punya kamera Mirroless, dimana suka tidak suka wajib memiliki minimal 3 jenis ini, apa saja itu mari kita uraikan lebih lanjut

Lensa KIT Kamera Mirrorless

Jika kamu beli kamera secara resmi biasanya sudah memperoleh satu paket dengan lensa ini, secara umum ukurannya adalah 18-55mm atau ada juga yang 15-50mm dan bukaan F di atas 3.5 atau 4

Dengan bantuan lensa ini kamu sudah bisa melakukan beragam kegiatan merekam gambar baik video maupun foto, misal dalam ruang yang sempit hingga kemampuan zoom yang lumayan tapi ga jauh juga. 

Kekurangan Lensa Kit Kamera Mirrorless 

Opini aku adalah bukaan f yang besar angkanya sehingga kurang baik dalam ruang atau keadaan yang minim cahaya. jadi kamu memang harus memiliki lampu agar bisa dapat kualias baik.

Lensa Fix Kamera Mirrorless

Untuk lensa ini kamu harus membeli terpisah, karena tak di jual secara paketan, harga untuk lensa ini beragam, mulai dari IDR 2 jt an hingga 10 jt an tergantung merek kamera dan merek lensa

Apa kelebihan lensa fix kamera mirrorless? menurut aku ada beberapa point yang wajib kamu ketahui mengapa kamu wajib punya ini perangkat adalah kemampuannya merekam di ruang yang minim cahaya

Benar rata rata lensa fix memiliki f kecil ini artinya bukaan diafrahma besar sehingga cahaya masuk lebih banyak, maka gambar lebih terang. Selain itu dengan F kecil ini gamar tangkapan akan lebih fokus.

Selain itu berkat kensa fix kamu juga akan memperoleh deep of field atau bokeh pada latar belakang objek rekam atau gambar.

Kekurangan Lensa Fix Kamera Mirrorless 

Menurut aku pribadi ada pada harga yang lumayan, hampir setara kamera hahaha, selain itu lensa ini juga tak bisa zoom, jadi sang kameramen lah yang harus maju dan mundur saat rekam.

Selain itu ukuran lensa fix ini juga beragam ada yng 20 mm ada yang 50 mm dan ada pula yang 70 mm hingga di atas 100 mm. Sesuaikan lah perangkat dengan kebutuhan.

Kabar lain yang menarik adalah Noise adalah atau Mic Wireless Saramonic Blink 500 Pro B1

Kalo aku pribadi cenderung pilih ukuran yang 20 mm dan 50 mm, kenama ada 2 jenis, karena yangt 20 mm ini cocok untuk bokeh produk kecil, sedangkan yang 50 mm untuk objek yang lebih besar

Lensa Tele Kamera Mirrorless

Sama dengan jenis sebelumnya, kamu juga bisa beli secara terpisah lensa tele ini, apa sih fungsinya? sesuai nama kemampuan merekam jarak jauh adalah nilai tambah yang kamu dapatkan

Ini juga wajib kamu miliki jika ingin serius menekuni dunia rekam gambar, Untuk harga lensa Tele kamera Mirrorless di kisaran  Rp 2 jt an hingga 5 jt an seuai merek dan merek kamera juga.

Kelebihan lensa tele ini tentu saja bisa rekam jarak jauh, hingga kamu tak perlu dekat ke objek. 

Dengan lensa tele cocok juga untuk foro model, cakupan layar lebih fokus dengan ukuran lensa di kisaran 70mm sampai dengan 250mm atau 300mm.

Untuk bukaan F rata rata juga besar mulai dari 3 sampai 4. kemampuan ini tentu lebih cocok di ruang terbuka.

Ya benar jika ruang tertutup lebih baik jangan pakai tele kecuali gelanggang orah raga yang banyak lampu hehe, atau saat konser musik gitu.

Kekurangan lensa Tele Kamera Mirrorless

Ini opini aku ya berdasarkan pengalaman, kamu harus beli yang memiliki stabiliser pada bodynya, jika tidak maka akan sangat bergetar, apalagi saat zoom banget.

Selain itu tentu sangat tidak di rekomendasi di ruang sempit karena dalam kondisi tak zoom saja jarak sudah rata rata 50 mm atau 70 mm.

Selain lensa yang sudah aku utarakan di atas, sebagai pemilik lensa mirrorless kamu juga wajib punya konverter, mengapa?

Dengan adanya konverter ini kamu bisa pakai lensa lain selain lensa mirrorless yang di keluarkan pabrikan. misal kamera DSLR

Ada manfaat lain yang juga di rasakan dengan memiliki konverter ini, kamu sambil menabung bisa menyewa lensa saja sesuai kebutuhan.

Pastinya di kota kamu ada dong tempat penyewaan lensa, nah berbekal kamera dan konverter kamu sudah bisa pilih lensa sesuai objek atau project kamu.

Jika kamu ingin menekuni dunia perekam gambar pastikan sedikit demi sedikit lengkapi jenis lensa, pastinya ogjek dan kebutuhan akan meningkat seiring kemampuan kamu.

Memang pada awalnya lensa Kit sudah sangat baik, tetapi begitu ilmu kamu nambah pastinya membutuhkan lensa Fix, demikian seterusnya akan butuh lensa Tele.

Bukan berarti lensa Kit jelek, tetapi kebutuhan untuk memperoleh gambar sesuai keinginan akan lebih mudah di peroleh dengan mengganti lensa.

Oiya ada satu hal yang juga aku tekankan, pastikan juga sebagai pemula kamu membeli lensa yang ada setelan Auto Focus, sebab jika tidak kamu juga membutuhkan setting di kamera agar bisa menggunakannya.

Tekni focus di lensa kamera mirrorless membutuhkan kebiasaan, tak mudah memang apalagi dalam membuat video. jadi untuk mempermudah belajar pastikan yang ada auto fokusnya.

Seni foto kembali lagi ke selera dan objek yang akan kamu tangkap, jika kebutuhan kamu hanya dalam ruang ya tak perlu lensa tele, lensa fix pun pilih yang mm nya kecil agar tak terlalu zoom.

Satu hal yang juga catatan sebagai pemula adalah sebelum beli kamera pastikan survey dulu harga lensa resmi dari pabrikan mereka, cek harga dan ketersediaan di pasar. mudah di peroleh atau langka.

Ini penting banget, jika langka dan susah di dapat pastinya harga juga mahal, dan kamu akan mengeruk tabungan lebih dalam.

Mengenal Lensa Kamera Mirrorless Untuk Pemula - Seiring perkembangan teknologi pastinya akan berubah secara cepat, namun aku rasa dasar dari lensa pada kamera ya 3 ini saja. Selamat membidik

Post a Comment for "Mengenal Lensa Kamera Mirrorless Untuk Pemula"