Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cegah Hoax Dengan Karya

Hello Bro n Sis, Kenali dan Waspada Ini Ciri Ciri Kabar Hoax - Media sosial kini sudah makin ramai penggunanya, tak cuma generasi muda tetapi anak anak hingga lansia.Tapi tahukah kamu jika info yang beredar tersebut tak seluruhnya benar! www.3835.info

Cegah Hoax dengan Karya

Yap benar sekali semua yang kamu lihat di beranda baik sosial media maupun web harus kamu cermati dulu, jangan asal di sebarkan ke rekan atau keluarga, sebab bisa menimbulkan persepsi lain atau tanggapan beda dari penguna yang menerima informasi tersebut.

Sebagai pengguna internet yang aktif dan juga sebagai konten kreator berdomisili di Pulau Dewata Bali aku sendiri meresakan bagaimana pesatnya perkembangan pengguna internet. Bahkan kini proses belajar mengajar anakpun sejak bangku taman kanak kanak sudah online.

Banyaknya pengguna harian terus meningkat, kondisi ini bukan tak mungkin di susupi sebuah kabar yang tak benar dan dari info tersebut kita menjadi resah padahal itu merupakan settingan yang lebih sering di kenal dengan Hoax.

Pengertian Hoax

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita ketahui dulu dan sepakat apa sih hal tersebut, Hoax Adalah Kabar Bohong atau info yang tidak benar tetapi di buat seolah olah benar adanya. hal ini aku kutip dari Wikipedia supaya kamu juga tak menyimpulkan keliru.

Berbeda dengan rumor atau isu yang masih dugaan, hoax lebih bertujuan memutarbalikkan kenyataan.

Dari sumber lain seperti Werme menyebutkan Hoax adalah Berita Palsu yang mengandung informasi yang senaga menyesatkan orang dan memiliki agenda politik tertentu. Jadi kabar berupa fake news yang tak memiliki dasar nyata tetapi di ciptakan seolah oleh itu benar adanya.

Kemudian Menurut Dewan Pers Hoax adalah dampak berubahnya fungsi media sosial, dimana dulunya adalah media pertemanan, sekarang menjelma menjadi sarana berbagi menyampaikan pendapat dalam berbagai aspek dan saling mengomentari.

Dari beberapa uraian di atas kamu bisa rasakan bagaimana dampaknya jika sebuah Hoax ini di sebar ke seluruh jaringan pertemannan, pastinya akan membuat kubu kudu makin berseberangan. Selain itu bagaimana sih cara membedakan kabar Hoax atau nyata di media sosial?

Ciri Ciri Kabar Hoax

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia lewat staf ahli Hendri Subiakto juga sudah memberikan beberapa indikator buat kamu untuk menyaring kabar yang di terima harus cermat, jika memiliki ciri sebagai berikut

  • Berisi Pesan Kebencian, Kekhawatiran, dan Permusuhan

Misalnya begitu kamu buka medsos atau pesan di hp jika ada info berkaitan dengan ini jangan lansgung ikutan panik, apalagi langsung membagikan lagi ke teman atau keluarga. Stop tunggu dulu, kamu harus stop info agar keinginan si penyebar kabar tak terlaksana.

  • Didistribusikan lewat Media Sisial Secara Serentak

Begitu melihat beranda jika banyak melihat sebuah info yang menimbulkan rasa cemas alangkah baiknya kamu jangan ikutan membagikan lagi. Itulah tujuan si pembuat agar keadaan lebih buruk

  • Memiliki Akhiran Pembaca untuk ikut menyebarkan

ini biasanya juga terlihat di berantainya pesan di sebuah group, mengajak ikut membagikan. Jadi dengan melihat ini tolong stop kegiatan itu dan cukup sampai pada kamu agar kecemasan tak makin menyebar.

Selain ciri ciri yang sudah aku sebutkan ini ada beberapa hal lain yang wajib kamu amati juga tentang sebuah kabar Hoax

Cara Mengidentifikasi Hoax

Langkahnya tak sulit kok, kamu sebagai orang melek teknologi di harapkan tak ikutan panik dan ikut membagikan info yang di terima dulu sebelum menyaringnya. Adapun langkah identifikasi kabar hoax adalah

  • Judul Sangat Profokatif

Ini perlu di waspadai, ajakan, kemudian menimbulkan kebencian dan sangat sensasional. Waspada lah. Baca isinya kadang merupakan foto atau kutipan yang setengah setengah.

  • Alamat Situs Pembuat

Kamu bisa perifikasi alamat web atau blog yang di pergunakan, sebuah media atau memang alamat yang isinya ajakan yang tak baik. Kamu bisa cek di Aplikasi Hoax Analyzer.

  • Periksa Fakta dan Keaslian Foto

Selanjutnya kamu cek foto yang di sebarkan, selain itu apaah sumbernya terpercaya, bisa juga cek ke sosial media pemerintah terkait.

Apalagi dalam kondisi negara seperti ini, kamu jangan ikutan membuat suasana makin meresahkan, mari ciptakan hal yang lebih bersifat kreatif atau berkarya.

Misalnya nih kita anak motor bisa berkreasi dalam modifikasi, atau membentu sebuah komunitas yang memang memberikan informasi ke rekan lain untuk senantiasa Berfikir Inovatif bukan profokatif yang tidak baik

Kabar Hoax tak bisa kita hindari, oleh karena itu kita juga harus menciptakan kabar yang baik, caranya ya dari apa yang sudah kita tekuni sekarang. 

Contoh mudahnya adalah modifikasi simpel saat pandemi, bisa juga buat film pendek simpel bisa juga komedi situasi seperti di bawah ini

atau cara merawat cat motor biar tetap menarik, hingga canggihnya teknologi sebuah sepeda motor yang bisa tersambung ke HP.

Kenali dan Waspada Ini Ciri Ciri Kabar Hoax - Semoga pandemi segera belalu, kita juga harus dukung kebijakan pemerintah dimana goalnya adlah hidup normal seperti dulu lagi, bisa Touring dan menikmati indahnya Bali

8 comments for "Cegah Hoax Dengan Karya"

  1. Emang sekarang ini harus hati-hati sebelum membagikan berita atau konten, harus di cek dulu sumber dan isi beritanya, jangan sampai kita juga ikut berbagi konten hoax

    ReplyDelete
  2. Aku sering nih baca berita hoaks yang sliweran di wag rt habis baca biasanya aku bertanya2 sendiri apa iya bner nah kadang ada orang lain yng langsung percaya nah ini bahaya yaa..makanya harus kita saring dlu sbelum sharing pastiin kebenarannya

    ReplyDelete
  3. Betul, istilahnya dalam literasi digital adalah membuat konten positif sehingga air yang kita tuang lama2 memenuhi cangkir berisi air pahit, dan bisa membuang kepahitan di dalam cangkir.

    ReplyDelete
  4. Betul Kak Manik, sebagai smart netizen kita perlu kritis menerima informasi. Cek dulu apakah hoax atau fakta. Biasanya yang tulisannya naik turun enggak rapi lalu di akhir kalimat disuruh segera menyebarkan bahkan kalau tidak disebar nanti kena azab, heuuu ... udahlah itu hoaks.

    ReplyDelete
  5. Hoax tuh kayak ada pabriknya ya kak, selalu tumbuh dan tumbuh. Untuk bisa meredamnya memang harus dari kesadaran diri dan edukasi. Banyakin konten baik seperti ini kak, biar masyarakat makin paham literasi digital.

    ReplyDelete
  6. Penting banget tahu mana informasi yg hoax dan yg tidak ya agar tidak mudah terprovokasj

    ReplyDelete
  7. Ibu saya nih yang gampaaang banget percaya sama berita hoaks. Kalau diberitahu susah banget, apalagi kalau pengirim beritanya tuh orang yang disegani gitu di kelompok pengajian beliau. Jadi ya gitu, mudah banget terprovokasi. Sedih, deh.

    Terima kasih infonya, yaaa ...

    ReplyDelete
  8. Iyaya, terkadang hanya membaca judul sudah auto share. Padahal isinya yang lebih penting. Sungguh berita hoax ini bisa sangat meresahkan apabila dibaca oleh orang yang sedang sensi.

    Semoga pengetahuan cara cek berita hoax bisa semakin dipahami dan dilakukan banyak orang.

    ReplyDelete