Mengenal Ajaran PSHT Persaudaraan Setia Hati Terate

Hello Bro n Sis, Mengenal Ajaran PSHT Persaudaraan Setia Hati Terate - Indonesia adalah salah satu tempat dimana beragam budaya dan adat berada, tak dapat di ketahui secara pasti jumlah nya dan penyebarannya. Namun dari beberapa yang sudah sering melakukan pertunjukan ada satu yang menarik perhatian aku yaitu ilmu bela diri asal Madiun. www.3835.info

PSHT Persaudaraan Setia Hati Terate

Namanya PSHT salah satu ajaran pencak silat yang didirikan pada tahun 1922 di salah satu Desa di Pilangbango, adapun pendiri PSHT bernama Ki Hadjar Hardjo Oetomo. Doi adalah salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan negara Indonesia tercinta.

Seiring perkembangan jaman, tentu ada beberapa pengembangan dan ubahan menuju yang lebih baik. Sejak didirikan beberapa kali mengalami perubahan nama, salah satunya Pencak Silat Club lalu Setia Hati Muda. Dimana saat itu ubahan berkat adanya Eyang Suro di tahun 1948.

Sebagai perguruan yang sudah berusia dan berkembang plus memiliki beragam ilmu kanuragan PSHT berkembang menjadi suatu organisasi, seperti Persatuan Setia Hati Organisasi yang didirikan tahun 1966 oleh Muda Winongo. Ada pula Persatuan Seni Silat Setia Hati, kemudian Setia Hati Rembulan, Bahkan sampai di negeri tetangga tenagga yang lebih di kenal dengan Pencak Silat Setia Hati Anoman Jerman Belanda.

Prestasi PSHT bukan hanya di ranah ilmu kanuragan semata, prestasi yang resmi pun sudah berhasil di capai. Contohnya pada tahun 2011 berhasil meraih kemenangan di KONI Cup Natuna. Juara ke dua HIMSI, Juara 3 kombinasi Siliwangi. Tak berhenti sampai di sini prestasi lain adalah POMASEAN XVII di negeri tetangga Malaysia. apa lagi ya? pokoknya masih banyak, jika kamu tahu silakan tambahkan di kolom komentar.

Silat adalah salah satu seni bela diri asli Indonesia, di setiap daerah tanah air kita ini berkembang secara luas dan di sesuaikan dengan suku hingga budaya yang berlaku di masyarakat.

Silat berhasil memperoleh penghargaan dari UNESCO sebagai warisan Budaya tak benda Dunia atau bahasa kerennya Intangible Cultural World Heritage.

Alamat Padepokan Persaudaraan Setia Hati Ternate PSHT di jalan Merak no 10 Kota Madiun Pprovinsi Jawa Timur 63128 Indonesia. Untuk yang ingin tanya tanya informasi silakan 0351 451548.

31 Falsafah Persaudaraan Setia Hati Terate :

  1. Sephiro Gedhening Sengsoro Yen Tinompo Amung Dadi Cobo
  2. Olo Tanpo Rupo Yen Tumandhang Amung Sedelok
  3. Tega Larane, Ora Tego Patine
  4. Suro Diro Joyo Diningrat Lebur Dening Pangastut
  5. Satria Ingkang Pilih Tanding
  6. Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake
  7. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan
  8. Ojo Seneng Gawe Susahe Liyan, Opo Alane Gawe Seneng Liyan
  9. Ojo Waton Ngomong Ning Yen Ngomong Sing Gawe Waton
  10. Ojo Rumongso Biso Ning Sing Biso Rumungso
  11. Ngunduh Wohing Pakarthi
  12. Jer Basuki Mawa Beya
  13. Budhi Dayane Manugso Tan Keno Ngluwihi Kodrate Sing Maha Kuwoso
  14. Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara
  15. Sepiro duwurmu ngudi kawruh, sepiro jeromu ngangsu ngilmu, sepiro akehe guru ngajimu tembe mburine mung arep ketemu marang sejatine awake dewe
  16. Sopo Sing Wus Biso Nemoake Sedulur Kakang kawah adi ari ari papat kliblat lima pancer Sejatine wus nemu guru sejatine
  17. Sekti tanpo aji digdoyo tanpo guru
  18. Kridhaning ati ora bisa mbedhah kuthaning pesthi
  19. Amemangun karyenak tyasing sesama
  20. Sukeng tyas yen den hita
  21. Aja Adigang, Adigung, Adiguna
  22. Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo
  23. Sing Resik Uripe Bakal Mulya
  24. Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka, Sing Was-was Tiwas
  25. Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman
  26. Aja Gumunan Aja Getunan, Aja Getunan, Aja kagetan, Aja Aleman
  27. Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe, Banter tan Mbancangi, Dhuwur tan Ngungkuli
  28. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan
  29. Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha
  30. Urip Iku Urup
  31. Sak Apik-apike Wong Yen Aweh Pitulung Kanthi Cara Dedhemitan

Aspek Pencak silat yang harus terus di lestarikan adalah
  1. Mental Spiritual - Seorang yang menguasai bela diri haruslah memiliki mental dan kepribadian baik, mengapa demikian? jika mereka tak membangunkepribadian dan karakternya maka ilmu yang di miliki akan di pergunakan untik hal buruk.
  2. Seni Budaya - Indonesia memiliki beragam suku agama adat, tentu saja di dalam silat harus menyesuaikan unsur ini, tujuannya untuk memberikan gambaran seni daerah bersangkutan, dan memberikan karakter pada Seni Silat termasuk musik dan busana yang di pakai.
  3. Bela Diri - Ini tentu sudah pasti, pelakunya harus dapat menerapkan teknik bela diri yang baik dan benar.
  4. Olah Raga - Secara tak langsung, kegiatan latihan fisik termasuk proses mengolah ragakan tubuh, Proses ini tentu membutuhkan keseimbangan pikiran dan gerak sehingga tercipta jurus jurus seni Silat.

Hingga saat ini perguruan silat SH Ternate berkembang pesat, adapun unsur unsur yang terkandung di perguruan ini meliputi Olah Ragam Persaudaraan, Bela Diri, Seni Budaya, kerohanian atau ajaran budiluhur. Adapun keanggotaan PSHT bersifat terbuka, siapapun yang ingin bergabung di persilakan, tidak membedakan suku agama.

Mengenal Ajaran PSHT Persaudaraan Setia Hati Terate - Indonesia perlu banget mengembangkan perguruan silat seperti ini, karen lewat merekalah proses delegasi dan pelestarian seni bela diri berlangsung.

2 Responses to "Mengenal Ajaran PSHT Persaudaraan Setia Hati Terate"

  1. Wah jadi mengenal filosfi PSHT.
    Sudah lama banget ya usianya, didirikan tahun 1922.

    ReplyDelete
  2. Pernah ikut ini tpi sebulan keluar kwwkwkwk . Karens ibuk sekolah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel