Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Biaya Tambahan Saat Perpanjang SIM di Bali

Hello Bro n Sis, Pahami Biaya Tambahan Saat Perpanjang SIM di Bali - Rutinitas 5 tahunan baru mulai aku laksanakan, dalam hal ini adalah untuk dapat mengendarai kendaraan roda dua atau empat wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi. www.3835.info

Biaya Perpanjang SIM A dan C Bali

Aku hanya berbagi pengalaman yang aku alami di pulau Dewata Bali khususnya untuk proses perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) ini. dimana sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang masih berlaku saat tulisan ini di buat 2021 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan pajak (PNBP) menyebutkan biaya untuk perpanjangan SIM A sebesar IDR 80.000 dan SIM C IDR 75.000

Biaya itu memang benar tak ada yang berbeda, yang membuat biaya ini membengkak adalah biaya test kesehatan. ini yang wajib kamu ketahui saat melakukan perpanjangan SIM

Biaya biaya tersebut adalah biaya test kesehatan standar dan biaya test kesehatan Psiko test dan biaya administrasi dengan rincian sebagai berikut

Biaya Test Kesehatan dan Psikologi test untuk Memperpanjang Surat Ijin Mengemudi di Bali

Aturan memang selalu di perbaharui guna menyesuaikan dengan kondisi di lapangan, termasuk adanya penambahan test psikotest bagi mereka yang melakukan perpanjangan SIM

Sekitar 5 tahun yang lalu belum ada test psikologi test jadi hanya membutuhkan test kesehatan saja dari instansi kesehatan.

Kabar Menarik Lain yang sayang di lewatkan adalah

Di tahun 2020 dan 2021 ada penambahan test psikologi test untuk keperluan memperpanjang SIM ini. Mengapa aku menyebut dua tahun ini karena SIM aku berakhirnya berbeda, satu di tahun lalu dan satunya di tahun ini.

Untuk test kesehatan dan psikotest kali ini membuat biaya lumayan membengkak. berdasarkan pengalaman aku biaya kedua test ini mencapai IDR 125 rb termasuk biaya administrasi.

Jadi total uang yang harus kamu keluarkan untuk memperpanjang sim adalah sebagai berikut

Biaya untuk memperpanjang SIM C dengan rincian perpanjangan IDR 75.000 dan biaya kesehatan serta psikotest IDR 125.000 hingga jumlahnya menjadi IDR 200.000

Biaya untuk perpanjangan SIM A dengan rincian perpanjangan IDR 80.000 dan biaya kesehatan serta psikotest IDR 125.000 jumlahnya menjadi IDR 205.000

Ada selisih IDR 5000 antara biaya yang di keluarkan untuk SIM A jika di bandingkan dengan SIM C, hal ini karena biaya perpanjangan di aturan pemerintah memang menyebutkan biayanya lebih mahal.

Dari pengalaman aku untuk test kesehatan dan psikotest ini sudah di tentukan pihak kepolisian, jadi kamu tak bisa sembarangan melakukannya.

Pihak yang di ajak kerja sama ini juga sudah sangat paham kebutuhan test kesehatan, mulau dari buta warna, lalu beberapa psikotest lainnya.

Manfaat dari test kesehatan dan psikotest yang sudah di tunjuk ini adalah kita tak perlu repot lagi mencari dokter untuk melakukannya, kita tinggal datang dan di test sesuai aturan.

Proses Perpanjangan SIM di Bali

Untuk aku sendiri melakukan perpanjangan di 2 tenpat, dimana untuk SIM C aku melakukan tahun 2020 di poltabes Denpasar. Lumayan juga wara wiri khususnya untuk test kesehatannya. kita harus keluar mencari dokter yang sudah di ajak kerja sama

Sedikit saran jika memang ini menunjang syarat dalam perpanjangan SIM mengapa tak sediakan langsung dokter di satu lokasi, jadi orang yang hendak melakukan perpanjangan tak wara wiri dan beberapa akhirnya memilih menggunakan Calo.

Selanjutnya untuk SIM A aku melakukan di SIM keliling. Nah ini lebih baik pelayanannya semua di lakukan dalam satu lokasi, jadi kita tak perlu kemana mana lagi.

SIM keliling sudah menyediakan tenaga kesehatan untuk test kesehatan dan psikotest. biaya yang di keluarkanpun sama tak ada perbedaan. 

Perpanjang SIM Online

Kedepan pemerintah berencana melakukan proses perpanjangan SIM secara Online, aku sih berharap proses test kesehatannya ini sudah di tunjuk.

Karena menurut aku test kesehatan ini sangat penting, seperti buta warna dan beberapa lainnya dalam mengetahui kondisi orang yang akan memperpanjang SIM

Selain itu biaya juga harus di infomrmasikan di peraturan, agar masyarakat bukan hanya mengetahui biaya perpanjangan SIM saja, tetapi ternyata ada biaya biaya lain yang memang wajib ada.

Biaya ini sangat riskan, oleh karena itu mulailah pemerintah terbuka akan hal hal seperti ini, untuk menghindari kecurigaan yang muncul.

Pahami Biaya Tambahan Saat Perpanjang SIM di Bali - Menurut aku sih sah sah saja menambahkan test kesehatan guna mengetahui kelayakan seseorang dalam proses, tetapi ada baiknya biaya ini juga di publikasikan dan tempat testnya di tunjuk agar prosesnya mengurangi Calo.

Post a comment for "Pahami Biaya Tambahan Saat Perpanjang SIM di Bali"